BlogLifestyleEdukasi16 Manfaat Tanaman Jarak Pagar, Berkhasiat untuk Kesehatan Juga, Lho!
0
0

16 Manfaat Tanaman Jarak Pagar, Berkhasiat untuk Kesehatan Juga, Lho!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Agu 24, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Manfaat Tanaman Jaraktop-right-banner

Pohon jarak merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh liar. Ternyata daun jarak pagar memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Bagian daunnya dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit-penyakit ringan seperti demam dan sembelit.

Pinhome – Daun jarak pagar bisa menjadi alternatif obat alami untuk beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat tanaman jarak untuk kesehatan.

1. Menurunkan Panas Pada Bayi

Manfaat yang pertama adalah untuk membantu menurunkan panas pada bayi. Daun yang sudah dibersihkan dapat diolesi minyak untuk kemudian dipanaskan di atas api. Letakkan daun tersebut di bagian punggung dan perut bayi.

2. Mengatasi Susah BAB

Jika Pins mengalami sembelit atau susah BAB, bisa memanfaatkan tanaman ini. Daunnya yang masih segar dapat dipetik untuk dikukus. Sebelum mengukus, pastikan daunnya sudah dicuci hingga bersih.

3. Mengobati Rematik

Salah satu manfaat tanaman jarak adalah mengobati rematik. Obat alami ini dapat dibuat dengan menggunakan 5 hingga 8 lembar daun kemudian ditumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian tubuh yang sering mengalami rematik.

4. Mengatasi Penyakit Kurap

Daun jarak juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kulit seperti kurap. Pins bisa melihat bentuk daun jarak yang bulat dengan ujung yang sedikit runcing dan warnanya hijau muda hingga hijau tua.

Caranya cukup mudah dengan merendam daun ke dalam minyak kelapa. Setelah didiamkan selama satu jam, panaskan minyak tersebut. Minyak inilah yang digunakan untuk obat kurap.

5. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat Tanaman Jarak
Source : Pixabay

Daun jarak bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gejala perut kembung. Caranya sederhana dengan menempelkan daun pada bagian perut. Tetesi daun dengan sedikit minyak kayu putih untuk memberikan efek hangat pada perut.

6. Mengobati Sariawan

Sariawan memang bukan penyakit berbahaya tetapi kemunculan sariawan membuat tidak nyaman. Biasanya orang yang terkena sariawan akan susah untuk makan dan berbicara. Selain dengan obat, sariawan juga bisa diatasi dengan memanfaatkan getah daun jarak. Petik daun beserta sebagian batang kecilnya dan kemudian diremas-remas hingga mengeluarkan getah. Oleskan getah pada bagian yang mengalami sariawan.

7 Memperbaiki Kerusakan Hati

Tanaman ini dipercaya dapat membantu mengatasi penyakit kuning. Bagian daunnya memiliki sifat yang dapat melindungi hati dari kerusakan. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun jarak secara rutin.

8. Penumbuh Rambut Alami

Manfaat lain dari tanaman jarak pagar adalah untuk membantu menumbuhkan rambut secara alami. Asam lemak yang terkandung dalam daunnya memiliki khasiat untuk menyuburkan rambut. Siapkan daun jarak dan rendam di dalam air hangat hingga daunnya hancur. Saring dan gunakan airnya untuk keramas seperti menggunakan shampoo.

9. Menstabilkan Gula Darah

Daun jarak yang banyak tumbuh liar ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes. Mengonsumsi air rebusan daun jarak dipercaya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

10. Menghilangkan Lidah Putih Pada Bayi

Lidah berwarna putih pada bayi merupakan kondisi yang disebabkan oleh bakteri. Cara mengatasi lidah putih pada bayi dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun jarak. Namun jika ragu, sebaiknya tanya dulu ke dokter sebelum menggunakan daun jarak.

11. Mengobati Memar

Manfaat Tanaman Jarak
Source : Pixabay

Kulit merah dan membiru merupakan gejala memar yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil. Darah dari pembuluh tersebut terjebak di bagian bawah permukaan kulit. Daun jarak memiliki manfaat sebagai anti inflamasi untuk mengatasi peradangan dan memar. Ambil beberapa lembar daun jarak, bersihkan, dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian yang memar dan biarkan selama beberapa menit.

12. Mengatasi Iritasi Kulit Bayi

Selain untuk mengobati penyakit kulit, manfaat tanaman jarak pagar juga untuk membantu mengatasi iritasi pada kulit bayi. Caranya adalah dengan mengoleskan daun jarak yang sudah ditumbuk ke permukaan kulit yang mengalami iritasi. Cara ini perlu dilakukan secara rutin hingga kulit bayi sembuh dan kembali halus. Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu daun jarak yang akan digunakan.

13. Mengencangkan Payudara

Manfaat lain dari daun jarak adalah untuk mengencangkan payudara. Ambil 3-5 lembar daun jarak dan kemudian tumbuk hingga halus. Oleskan pada seluruh bagian payudara dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat.

14. Mengobati Diare Pada Bayi

Bayi juga bisa mengalami diare yang menyebabkan si kecil menjadi rewel. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun jarak. Pins bisa ambil daun segar, kemudian dicuci dan diolesi minyak kelapa. Letakkan pada perut bayi untuk mengobati diare.

15. Mengatasi Flu

Manfaat tanaman jarak selanjutnya adalah untuk mengobati flu. Masalah kesehatan yang disebabkan oleh virus influenza ini bisa diobati secara alami dengan daun jarak. Tumbuh daun jarak hingga halus dan letakkan di ubun-ubun selama beberapa menit.

16. Mengobati Batuk dan Mengencerkan Dahak

Daun jarak bermanfaat untuk mengobati batuk dan membantu mengencerkan dahak. Rebus daun dengan 7 gelas air dan tunggu hingga mendidih. Minum air rebusan daun jarak tersebut secara rutin hingga batuk sembuh.

Itulah 16 manfaat dari daun jarak untuk kesehatan. Tanaman yang cukup mudah ditemukan ini dapat diambil daunnya untuk direbus atau ditumbuk untuk memperoleh beragam manfaatnya.

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download