Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Cara Cetak Rekening Koran

Mengenal Pengertian, Fungsi, dan Cara Cetak Rekening Koran

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 17 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Di dalam dunia perbankan, terdapat banyak istilah yang mungkin orang awam kurang memahaminya. Salah satunya yaitu rekening koran yang sering muncul ketika seseorang hendak mengajukan sesuatu yang berkaitan dengan perbankan seperti pinjaman.

Pinhome – Mungkin banyak yang menganggap jenis laporan tersebut sama dengan mutasi rekening, padahal kenyataannya keduanya berbeda. Mutasi rekening bisa dilihat setiap saat, terutama bagi pengguna mobile banking  yang bisa dengan mudah mengecek laporannya melalui aplikasi. Sedangkan jika ingin mendapatkan rekening koran maka harus meminta ke bank yang bersangkutan dan ada batas waktu pengajuannya.

Baca Juga: Beda Kode Bank Mandiri Syariah Dan BSI Pasca Merger

Melihat perbedaan tersebut, tentunya jenis laporan ini memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda dengan mutasi rekening. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Rekening Koran?

(Investopedia)

Rekening koran adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Belanda, yaitu courant. Kata tersebut jika diartikan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘arus’. Jika dihubungkan dengan dunia perbankan, maka istilah tersebut bisa diartikan sebagai laporan arus keuangan di suatu rekening.

Laporan tersebut sifatnya menyeluruh dan rinci. Segala transaksi baik debit atau kredit yang terjadi di rekening tersebut akan terlihat. Tidak hanya besaran uangnya saja, di dalam laporan tersebut juga terdapat keterangan mengenai transaksi yang dilakukan.

Di Indonesia sendiri, setiap bank memiliki ketentuan cetak rekening yang berbeda-beda. Ada yang secara rutin memberikannya langsung ke nasabah. Namun, ada pula yang mengharuskan nasabah untuk mengajukan permintaan terlebih dahulu. Hal ini disesuaikan dengan ketentuan masing-masing perusahaan.

Fungsi Rekening Ini

(Blibli)

Baca Juga: Mengetahui Kode Bank BNI Syariah Dan Cara Mudah Transfer

Terdapat banyak informasi detail yang bisa didapatkan melalui laporan rekening. Pins bisa mengetahui seluruh data debit dan kredit yang terjadi selama kurun waktu tertentu. Apabila Pins ingin selalu memantau arus keuangan di rekening, bisa secara rutin memintanya ke bank. Selain itu, masih banyak fungsi dari laporan keuangan ini yaitu sebagai berikut.

  • Mengetahui Catatan Rinci Transaksi Rekening

Sama seperti halnya buku tabungan, rekening ini akan menampilkan informasi terkait transaksi perbankan yang dilakukan oleh nasabah. Terdapat berbagai catatan seperti saldo awal, saldo akhir, bunga bank, biaya administrasi, dan juga arus keluar masuk uang. Selain itu, tercantum pula pesan atau informasi dari transaksi yang terjadi. Perbedaannya dengan buku tabungan, laporan ini akan menampilkan arus kredit debit dalam waktu tertentu saja misal 1 bulan atau 3 bulan.

  • Syarat Mengajukan Visa

Laporan keluar masuk uang juga menjadi salah satu syarat ketika seseorang mengajukan pembuatan visa untuk keluar negeri. Hal ini dilakukan sebagai tindak pencegahan supaya turis terbukti mampu untuk membiayai hidupnya di negara tujuannya tersebut. Biasanya, pihak penerbit visa akan meminta riwayat transaksi keuangan selama 3 atau 6 bulan terakhir.

  • Memiliki Kekuatan Hukum

Fungsi berikutnya dari rekening ini yaitu untuk digunakan jika Pins terlibat permasalahan yang membutuhkan bukti hukum. Misalnya saja kamu sudah mengirim sejumlah uang ke seseorang, namun penerima mengklaim bahwa ia belum mendapatkan uang tersebut. Pada kasus semacam ini, laporan keuangan yang kuat bisa dijadikan bukti.

  • Mengikuti Lelang

Kalau Pins tertarik untuk mengikuti lelang baik dari pemerintah maupun swasta, salah satu yang harus dipersiapkan yaitu laporan transaksi ini. Peserta lelang wajib memberi bukti modal yang dimiliki dan juga saldo di rekening saat ini. Hal tersebut bisa diperoleh dengan melampirkan laporan keuangan.

  • Mengajukan Pinjaman

Pihak pemberi pinjaman seperti bank akan meminta laporan rekening dari pemohon. Hal ini biasanya dilakukan terkait dengan hal-hal finansial seperti pengajuan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Laporan tersebut akan menjadi bukti bahwa pemohon memiliki arus debit kredit yang sehat di rekeningnya sehingga lebih dipercaya untuk diberikan pinjaman.

  • Audit Keuangan Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, adanya laporan rekening ini sangatlah penting. Hal ini diperlukan ketika perusahaan sedang melakukan rekap daftar keuangan. Jika ditemukan adanya transaksi yang tidak wajar, maka hal tersebut bisa langsung diketahui dan diproses.

Cara Mendapatkannya dari Bank

(Yesware)

Ketika membutuhkan laporan keuangan yang terperinci, seorang bisa mengajukan pembuatan rekening ini ke bank. Setiap bank mungkin memiliki persyaratan dan prosedur pengajuan yang berbeda, namun secara umum ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu sebagai berikut.

  • Buku tabungan asli milik pemilik rekening.
  • Identitas diri asli seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor.
  • Kartu debit juga perlu dibawa karena bank tidak akan memproses pengajuan tanpa kartu ini.
  • Biaya cetak yang besarannya berbeda masing-masing bank.

Setelah membawa persyaratan tersebut, Pins bisa langsung mengunjungi bank terdekat. Akan lebih baik untuk datang ke kantor cabang tempat pembuatan rekening dilakukan. Pins hanya perlu mengantre lalu menyampaikan keperluan pencetakan bukti transaksi keuangan ke teller yang bertugas.

Supaya Pins lebih siap ketika mengajukan pembuatan laporan keuangan tersebut, berikut ini besaran biaya cetak untuk beberapa bank di Indonesia.

  • Bank BCA: Rp2.500 per lembar.
  • Bank BNI: Rp2.000 per lembar.
  • Bank BRI: Rp5.000 per lembar, minimal cetak transaksi 1 bulan.
  • Bank Mandiri: Rp2.500 per lembar untuk transaksi kurang dari 3 bulan, Rp5.000 untuk transaksi 3 – 6 bulan, Rp10.000 untuk transaksi 6 – 9 bulan, Rp15.000 untuk transaksi 9 – 12 bulan, dan Rp20.000 untuk transaksi di atas 12 bulan.
  • Bank Permata: Rp10.000 per lembar.
  • Bank BTN: Rp1.000 per lembar.
  • Bank CIMB Niaga: Rp3.500 per lembar untuk transaksi kurang dari 3 bulan dan Rp25.000 untuk transaksi di atas kurun waktu tersebut.

Jika Pins perlu mengetahui detail transaksi keuangan atau membutuhkan rekening koran untuk suatu keperluan, bisa mengajukan ke bank. Jangan lupa membawa persyaratan yang diperlukan supaya pihak bank bisa memprosesnya dengan lancar.

Pins, dapatkan berbagai informasi menarik mengenai investasi, bisnis, kartu kredit, asuransi, pinjaman dan tips keuangan lain di blog ajarincuan.com 

Butuh informasi lebih tentang keuangan, pengajuan KPR, beli rumah dan lain-lain? Cek di sini. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel