BlogLifestyleTeknologi7 Cara Screenshot HP ASUS Mudah dan Praktis
0
0

7 Cara Screenshot HP ASUS Mudah dan Praktis

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Shinta Dewi Kurniawati

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara-screenshot-hp-asustop-right-banner

Pins ingin mengetahui cara screenshot di HP ASUS? Di artikel ini Pinhome bahas beberapa caranya. Screenshot atau tangkap layar merupakan langkah untuk mengambil gambar apapun dari layar yang sedang kita buka.

Tujuan melakukan screenshot adalah untuk menyimpan dokumentasi dari sebuah layar tertentu. Hal ini bisa digunakan untuk menyimpan bukti percakapan atau chat, menangkap layar atau scene tertentu dari suatu video, maupun hal lain yang kita anggap penting saat membuka HP.

Ada beberapa cara screenshot HP ASUS yang dapat Pins lakukan. Ada cara yang merupakan cara bawaan dari HP ASUS kamu, maupun cara dengan melibatkan aplikasi dari pihak ketiga. Berikut Pinhome berikan cara-caranya.

Baca juga: 16 Daftar Harga Laptop ASUS Terbaru yang Rilis pada 2022

Pencet Tombol Volume Bawah dan Power

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Cara paling umum untuk melakukan screenshot di HP ASUS adalah dengan menekan tombol pada HP. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka tampilan layar yang ingin Pins lakukan screenshot
  2. Tekan tombol Volume Bawah dan Power secara bersamaan, tahan selama beberapa detik
  3. Layar akan berkedip diiringi dengan suara shutter, diamkan beberapa saat
  4. Selesai, hasil screenshot akan otomatis tersimpan di galeri HP ASUS kamu

Tekan Satu Tombol di HP

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Selain cara pertama, cara screenshot HP ASUS berikutnya adalah dengan menekan satu tombol. Berbeda dengan cara pertama yang langsung dapat dioperasikan, cara ini harus melalui menu pengaturan terlebih dahulu.

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
  2. Pilih ASUS Customized Settings
  3. Klik Recent apps key
  4. Lalu Pins dapat memiliih Tap and Hold to capture screen
  5. Kembali ke layar yang ingin kamu screenshot
  6. Tekan tombol recent dan tahan selama beberapa detik
  7. Layar akan berkedip diiringi suara shutter
  8. Screenshot telah selesai, hasilnya akan tersimpan otomatis di galeri HP kamu

Gunakan Fitur Screenshot Panjang

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Jika Pins butuh cara screenshot HP ASUS dengan hasil tangkapan layar yang panjang, maka aplikasi LongShot dapat menjadi solusinya. Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan rating 4,0 dari 18 ribu lebih ulasan.

Sesuai dengan namanya, fitur unggulan dari aplikasi ini adalah bisa melakukan screenshot dengan layar panjang. Jadi, saat kamu membuka sebuah artikel, chat panjang, atau deskripsi produk yang tidak dapat menampung satu kali layar HP, kamu tetap dapat menangkapnya dalam satu file.

Selain itu, ada fitur Auto Capture yang memungkinkan HP ASUS kamu menangkap layar otomatis saat fitur ini diaktifkan. Pins tidak perlu repot menekan tombol apapun untuk melakukannya. Ada juga fitur Floating Buttons yang dapat diklik kapanpun kamu butuh untuk screenshot.

Pakai Aplikasi Assistive Touch for Android

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Cara screenshot HP Asus berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Assistive Touch for Android. Familiar dengan namanya? Yap, ini adalah fitur serupa yang biasa kita jumpai pada iPhone dan gadget keluaran Apple lainnya.

Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna dan mendapat rating 4,6 dari 1 juta ulasan. Persis seperti assistive touch di iPhone, aplikasi ini akan mengeluarkan tombol asisten pada setiap layar HP kamu. 

Saat kamu butuh untuk melakukan screenshot, kamu dapat langsung membuka tombol ini. Selain screenshot, Pins juga dapat mengatur shortcut aplikasi apa yang sering kamu gunakan, jadi saat butuh langsung buka dari tombol tersebut saja.

Manfaatkan Aplikasi Screenshot Touch

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Aplikasi berikutnya yang memudahkan kamu untuk melakukan screenshot di HP ASUS adalah Screenshot Touch. Aplikasi dengan rating 4,6 dari 155 ribu ulasan ini telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Aplikasi ini memungkinkan kamu melakukan screenshot hanya dengan menyentuh satu area di HP ASUS. Ada juga fitur Crop Image langsung saat melakukan screenshot, jadi akan langsung menghapus area layar yang tidak dibutuhkan.

Selain melakukan screenshot, aplikasi Screenshot Touch juga memiliki fitur Screen Recording. Fitur ini membantu kamu untuk merekam video saat Pins melakukan aktivitas apapun di layar HP ASUS. Resolusi video yang disediakan juga cukup besar, sehingga hasil akhir tidak pecah.

Baca juga: 22 Rekomendasi HP Android Terbaik Akhir Tahun 2022

Menggunakan Aplikasi Screenshot Easy

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Cara screenshot HP Asus berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Screenshot Easy. Aplikasi ini telah dipakai oleh lebih dari 10 juta pengguna dengan rating 4,6 dari 477 ribu ulasan pada Google Play Store.

Fitur unggulan aplikasi Screenshot Easy adalah hasil screenshot-nya dapat kamu edit sesuai keinginan. Fitur edit tersebut meliputi ukuran file, transparansi, watermark, edit warna, serta dapat menambahkan tulisan langsung sebelum hasil disimpan.

Melalui Aplikasi Screen Recorder – XRecorder

cara-screenshot-hp-asus
Source : Shutterstock

Pada dasarnya aplikasi Screen Recorder dari XRecorder ini merupakan aplikasi untuk merekam layar HP. Namun, aplikasi ini juga bisa menjadi cara screenshot HP ASUS. Aplikasi ini sangat populer di Google Play Store dengan jumlah unduhan sebanyak lebih dari 100 juta pengguna serta mendapat rating 4,8 dari 5 juta ulasan.

Nah, jadi itulah beberapa cara screenshot HP Asus yang dapat Pins lakukan. Cara-cara di atas tergolong simpel dan mudah, serta banyak fitur lain yang dapat kamu manfaatkan. Semoga artikel ini berguna, ya.

Baca juga: 25 Rekomendasi HP RAM 4GB Harga Rp2 Jutaan

Source feature image: Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen Grand Sungkono Lagoon dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download