Perlu Tahu! Ini 4 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati!

Diperbarui oleh Bryan Dharmanta ∙ November 16, 2022 ∙ 5 menit membaca

Sebenarnya cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari atau bahkan menghubungi pihak call center telkomsel. Langkah ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu telah lama tidak digunakan.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan kartu telkomsel yang mati tanpa ke grapari? Mengenai hal tersebut, disini Pinhome telah merangkum berbagai macam langkahnya. Nah dari pada Pins semua penasaran, langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Baca juga: Kuota Habis? Ini Cara Dapat Pulsa Gratis Telkomsel!

Cara Aktivasi Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Sama seperti beberapa provider lain, cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati juga bisa dilakukan dengan mudah oleh para pelanggan. Langkah yang bisa dilakukan pun beragam, oleh karna itu cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati bisa dilakukan kapan saja.

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati bisa dilakukan dengan mengajukan permohonan melalui akun sosial media telkomsel, menghubungi pihak call center telkomsel, melakukan migrasi kartu atau mendatangi Grapari terdekat, Dari pada penasaran, berikut langkah-langkahnya.

Mengajukan Permohonan Melalui Media Sosial Telkomsel

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati pertama yakni dengan menghubungi pihak telkomsel melalui berbagai akun sosial media nya. Sama seperti layanan lainnya, pihak telkomsel juga memiliki akun sosial media yang dapat dihubungi para penggunanya kapan pun.

Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah tidak aktif. Namun ada satu kelemahan saat melakukan langkah ini, yakni pihak CS dari telkomsel biasanya akan lama sekali merespon pesan kamu dikarenakan antrian pesan yang begitu banyak.

Akun sosial media milik pihak telkomsel pun bisa dihubungi kapan saja dan dimana saja. Selain itu, menghubungi pihak telkomsel melalui akun sosial media nya pun tidak dibebani biaya apapun. Adapun akun sosial media telkomsel yang bisa hubungi adalah sebagai berikut.

  • Instagram: @simPATI
  • Twitter: @Telkomsel
  • Facebook: facebook.com/Telkomsel
  • Youtube: youtube.com/telkomsel

Baca juga: Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Menghubungi Call Center Telkomsel

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati online

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari selanjutnya yakni dengan mengubungi pihak call center telkomsel. Nomor call center ini juga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti mengajukan beberapa masalah lain selain permasalahan ini.

Pins bisa menghubungi nomor call center telkomsel di nomor 0807 1 811 811 atau juga di 188. Biaya Panggilan yang akan dibebani yakni sebesar Rp300. Oleh karna itu, sebelum menghubungi nomor call center telkomsel, pastikan pulsa mencukupi.

Baca juga: Cara Mengaktifkan NSP Telkomsel

Melakukan Migrasi Kartu

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati secara online

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati selanjutnya ini bisa dilakukan ketika kartu masih dalam keadaan masa tenggang maksimal 15 hari sebelum masa tenggang nya berakhir. Namun apabila Pins melakukannya setelah 15 hari, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Saat kartu yang dimiliki sudah dinyatakan hangus atau mati total, maka kartu telkomsel tersebut akan didaur ulang oleh pihak Telkomsel. Untuk itu, ketika kartu akan berakhir silahkan segera laporkan ke pihak Telkomsel untuk melakukan pengaktifan kembali kartu yang sudah mati tersebut.

Oleh karna itu, lakukan migrasi kartu telkomsel sebelum masa tenggang 15 hari berakhir. Jika sudah terlanjur melewati 15 hari masa tenggang, maka kartu akan selamanya mati dan tidak akan bisa di aktifkan lagi baik oleh pihak Grapari atau pihak telkomsel nya langsung.

Baca juga: Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel

Mendatangi Grapari Telkomsel

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati ke grapari

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati terakhir yani langsung mendatangi Grapari terdekat. Opsi ini menjadi salah satu langkah terakhir yang bisa dilakukan ketika ke tiga langkah yang telah saya sebutkan diatas tadi tidak berhasil dilakukan.

Saat mendatangi Grapari, pastikan membawa beberapa syarat yang wajib dibawa. Syarat tersebut hanyalah KTP dan juga Kartu Keluarga sebagai proses validasi kartu yang digunakan tersebut. Jika nomor tervalidasi, kartu kamu akan segera diaktifkan oleh pihak Grapari.

Layanan ini tidak memerlukan biaya tambahan untuk prosesnya, keculi kartu yang dimiliki sudah tidak dapat diaktifkan kembali lalu alternatifnya menggunakan kartu baru barulah membayar ke pihak grapari sebesar Rp25.000 untuk proses aktivasinya lagi.

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Sudah Mati Atau Tidak Aktif

(Popular Science)

Jangan heran jika suatu saat nomor telkomsel mati atau sudah tidak aktif lagi jika tidak pernah digunakan untuk menelpon, melakukan sms, atau bahkan tidak dilakukan isi ulang pulsa. Hal tersebut jelas sudah menjadi ketetapan oleh pihak telkomsel mengenai masa aktif kartu.

Meski cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati bisa dilakukan dengan mudah, mengetahui ciri-ciri kartu telkomsel sudah mati atau tidak aktif perlu diketahui. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar kartu tidak secara tiba-tiba mati tanpa diketahui.

Ada beberapa ciri-ciri yang perlu ketahui agar kartu tidak secara otomatis mati. Adapun ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tidak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon.
  • Tidak bisa mengirim dan menerima SMS.
  • Sinyal hilang, biasanya bakal muncul gambar silang pada ikon sinyal operator.
  • Kartu SIM tidak terbaca oleh perangkat smartphone, biasanya tidak akan muncul ikon sinyal operator apapun.

Baca juga: Cara Pinjam Pulsa Telkomsel 5111

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara mengetahui masa aktif kartu telkomsel sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah melalui kode dial. Selain itu, detail masa aktif juga biasanya akan diberitahukan oleh pihak telkomsel jika masa aktif kartu akan berakhir. Namun Pins juga bisa melakukan pengecekan secara manual melalui langkah berikut.

  1. Pertama, silahkan buka menu Panggilan
  2. Kemudian ketikan dial *888# untuk melakukan pengecekan pulsa
  3. Setelah itu pilih menu Cek Pulsa
  4. Tunggu prosesnya beberapa saat
  5. Jika detail pulsa telah muncul, maka kamu akan melihat masa aktif kartu telkomsel disitu
  6. Selesai

Selain melalui langkah diatas, cara melihat masa aktif kartu telkomsel juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Langkahnya cukup mudah yakni silahkan download dan install aplikasi tersebut, kemudian login dengan menggunakan nomor telkomsel.

Setelah berhasil login, kamu nantinya akan melihat masa aktif kartu telkomsel pada bagian beranda aplikasi. Lakukan pembelian masa aktif telkomsel jika dirasa kartu yang digunakan akan segera berakhir agar tidak terjadi pemblokiran kartu oleh pihak oprator.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia