Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati

Dipublikasikan oleh Rendi Saputra ∙ 1 August 2022 ∙ 7 menit membaca

Sebenarnya cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari atau bahkan menghubungi pihak call center telkomsel. Langkah ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu telah lama tidak digunakan.

Jika nomor atau kartu telkomsel sudah mati atau tidak aktif, maka nomor tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi. Agar dapat menggunakan kembali nomor tersebut, cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari perlu dilakukan oleh anda semua.

Kartu telkomsel yang telah mati tentu saja akan menghambat aktifitas anda seperti saat berkomunikasi dengan keluarga, pacar, sahabat bahkan saudara. Problem seperti ini sebenarnya bisa terjadi untuk beberapa provider lain, jadi tidak melulu hanya provider telkomsel saja.

Jika kartu telkomsel anda mati, pihak oprator sebernarnya telah memberikan sejumlah langkah yang bisa dilakukan oleh penggunanya untuk mengaktifikan kembali kartu tersebut. Selain itu cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati pun bisa dilakukan dengan berbagai langkah.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari? Mengenai hal tersebut, disini bidangtekno.com telah merangkum berbagai macam langkahnya. Nah dari pada anda semua penasaran, langsung saja simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati

Sama seperti beberapa provider lain, cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati juga bisa dilakukan dengan mudah oleh para pelanggan. Langkah yang bisa dilakukan pun beragam, oleh karna itu cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati bisa anda lakukan kapan saja.

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati bisa anda lakukan dengan mengajukan permohonan melalui akun sosial media telkomsel, menghubungi pihak call center telkomsel, melakukan migrasi kartu atau mendatangi Grapari terdekat, Dari pada penasaran, berikut langkah-langkahnya.

Mengajukan Permohonan Melalui Media Sosial Telkomsel

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati pertama yakni dengan menghubungi pihak telkomsel melalui berbagai akun sosial media nya. Sama seperti layanan lainnya, pihak telkomsel juga memiliki akun sosial media yang dapat dihubungi para penggunanya kapan pun.

Baca Juga: Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Hal ini tentu saja bisa anda manfaatkan untuk mengaktifkan kembali kartu yang sudah tidak aktif. Namun ada satu kelemahan saat melakukan langkah ini, yakni pihak CS dari telkomsel biasanya akan lama sekali merespon pesan anda dikarenakan antrian pesan yang begitu banyak.

Akun sosial media milik pihak telkomsel pun bisa anda hubungi kapan saja dan dimana saja. Selain itu, menghubungi pihak telkomsel melalui akun sosial media nya pun tidak dibebani biaya apapun. Adapun akun sosial media telkomsel yang bisa anda hubungi adalah sebagai berikut.

  • Instagram: @simPATI
  • Twitter: @Telkomsel
  • Facebook: facebook.com/Telkomsel
  • Youtube: youtube.com/telkomsel

Menghubungi Call Center Telkomsel

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati online

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari selanjutnya yakni dengan mengubungi pihak call center telkomsel. Nomor call center ini juga bisa anda gunakan untuk berbagai hal seperti mengajukan beberapa masalah lain selain permasalahan ini.

Anda bisa menghubungi nomor call center telkomsel di nomor 0807 1 811 811 atau juga di 188. Biaya Panggilan yang akan dibebani kepada anda yakni sebesar Rp300. Oleh karna itu, sebelum menghubungi nomor call center telkomsel, pastikan pulsa anda mencukupi.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan NSP Telkomsel

Anda bisa menyampaikan seluruh permasalahan kepada pihak customer service (CS) yang melayani. Namun biasanya, CS Telkomsel tetap akan meminta untuk datang langsung ke GraPARI terdekat untuk proses pengaktifan kembali kartu telkomsel anda.

Namun dengan menghubungi pihak telkomsel melalui call centernya, anda bisa memberitahu pihak provider lebih awal perihal permasalahan anda. Jadi pada saat anda dateng ke gerai grapari, proses anda akan langsung di proses tanpa ada hal-hal lain lagi.

Melakukan Migrasi Kartu

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati secara online

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati selanjutnya ini bisa anda lakukan ketika kartu anda masih dalam keadaan masa tenggang maksimal 15 hari sebelum masa tenggang nya berakhir. Namun apabila anda melakukannya setelah 15 hari, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Saat kartu yang anda miliki sudah dinyatakan hangus atau mati total, maka kartu telkomsel tersebut akan didaur ulang oleh pihak Telkomsel. Untuk itu, ketika kartu anda akan berakhir silahkan segera laporkan ke pihak Telkomsel untuk melakukan pengaktifan kembali kartu yang sudah mati tersebut.

Baca Juga: Cara Mempercepat Jaringan Telkomsel

Oleh karna itu, lakukan migrasi kartu telkomsel sebelum masa tenggang 15 hari anda berakhir. Jika sudah terlanjur melewati 15 hari masa tenggang, maka kartu akan selamanya mati dan tidak akan bisa di aktifkan lagi baik oleh pihak Grapari atau pihak telkomsel nya langsung.

Mendatangi Grapari Telkomsel

cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati ke grapari

Cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati terakhir yani langsung mendatangi Grapari terdekat didaerah anda. Opsi ini menjadi salah satu langkah terakhir yang bisa anda lakukan ketika ke tiga langkah yang telah saya sebutkan diatas tadi tidak berhasil dilakukan.

Saat mendatangi Grapari, pastikan anda membawa beberapa syarat yang wajib dibawa. Syarat tersebut hanyalah KTP dan juga Kartu Keluarga sebagai proses validasi kartu yang anda gunakan tersebut. Jika nomor tervalidasi, kartu anda akan segera diaktifkan oleh pihak Grapari.

Layanan ini tidak memerlukan biaya tambahan untuk prosesnya, keculi kartu yang anda miliki sudah tidak dapat diaktifkan kembali lalu alternatifnya menggunakan kartu baru barulah anda membayar ke pihak grapari sebesar Rp25.000 untuk proses pengaktifan nya lagi.

Ciri-Ciri Kartu Telkomsel Sudah Mati Atau Tidak Aktif

Jangan heran jika suatu saat nomor telkomsel anda mati atau sudah tidak aktif lagi jika tidak pernah digunakan untuk menelpon, melakukan sms, atau bahkan tidak dilakukan isi ulang pulsa. Hal tersebut jelas sudah menjadi ketetapan oleh pihak telkomsel mengenai masa aktif kartu.

Meski cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati bisa dilakukan dengan mudah, mengetahui ciri-ciri kartu telkomsel sudah mati atau tidak aktif perlu diketahui. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar kartu tidak secara tiba-tiba mati tanpa diketahui.

Sebenarnya, masa aktif kartu bisa anda perpanjangi dengan cara beli masa aktif telkomsel melalui artikel yang sudah saya bahas sebelumnya. Akan tetapi jika kartu anda telah mati ada sejumlah langkah lain yang harus anda lakukan tidak bisa dengan membeli masa aktif kartu.

Setelah anda mengetahui cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati diatas. Ada beberapa ciri-ciri yang perlu ketahui agar kartu tidak secara otomatis mati. Adapun ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tidak bisa melakukan atau menerima panggilan telepon.
  • Tidak bisa mengirim dan menerima SMS.
  • Sinyal hilang, biasanya bakal muncul gambar silang pada ikon sinyal operator.
  • Kartu SIM tidak terbaca oleh perangkat smartphone, biasanya tidak akan muncul ikon sinyal operator apapun.

Cara Mengecek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara mengetahui masa aktif kartu telkomsel sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah melalui kode dial. Selain itu, detail masa aktif juga biasanya akan diberitahukan oleh pihak telkomsel jika masa aktif kartu anda akan berakhir. Namun anda juga bisa melakukan pengecekan secara manual melalui langkah berikut.

Baca Juga: Cara Pinjam Pulsa Telkomsel 5111

  1. Pertama, silahkan buka menu Panggilan
  2. Kemudian ketikan dial *888# untuk melakukan pengecekan pulsa
  3. Setelah itu pilih menu Cek Pulsa
  4. Tunggu prosesnya beberapa saat
  5. Jika detail pulsa anda telah muncul, maka anda akan melihat masa aktif kartu telkomsel disitu
  6. Selesai

Selain melalui langkah diatas, cara melihat masa aktif kartu telkomsel juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Langkahnya cukup mudah yakni silahkan anda download dan install aplikasi tersebut, kemudian login dengan menggunakan nomor telkomsel anda.

Setelah berhasil login, anda nantinya akan melihat masa aktif kartu telkomsel pada bagian beranda aplikasi. Lakukan pembelian masa aktif telkomsel jika dirasa kartu yang anda gunakan akan segera berakhir agar tidak terjadi pemblokiran kartu oleh pihak oprator.

Penutup

Itulah tadi pemabahasan mengenai cara mengaktifkan kartu telkomsel yang sudah mati tanpa ke grapari anda lakukan, bagaimana sangat mudah bukan? Dengan mengetahui hal tersebut anda semua tidak perlu khawatir lagi jika dilain waktu kartu telkomsel yang anda gunakan mati.

Demikian pembahasan kali ini, semoga bisa sangat bermanfaat buat anda semua dan jangan lupa di share ke media sosial anda masing-masing agar para pengguna jaringan telkomsel lainnya dapat mengetahui beberapa hal yang telah saya informasikan pada artikel diatas.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Looks Keramik Kamar Mandi Hitam yang Elegan

Pernah terpikirkan untuk membuat tampilan kamar mandi berbeda? Kamu bisa bermain dengan warna dari

Lifestyle
Lifestyle 5 Cara Login Telegram di Laptop yang Aman & Cepat

Messenger yang memiliki banyak user menuntut founder dan developer-nya untuk memberikan kemudahan.

Lifestyle
Lifestyle 4 Cara Download WA di Laptop Windows & Mac

Bagi sebagian besar pengguna smartphone di tanah air, eksistensi WhatsApp adalah sebuah keharusan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga.

Lifestyle
Lifestyle 20 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan, Terjangkau & Tahan Banting

Apakah kamu seorang mahasiswa maupun lulusan baru yang mengincar laptop murah? Daftar rekomendasi l

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia