BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Langkah Menanam Microgreen di Rumah Untuk Pemula
0
0

10 Langkah Menanam Microgreen di Rumah Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Selain mengoleksi berbagai macam tanaman hias yang dapat menjadi penghilang bosan saat berada di rumah, kini ada hobi baru yang bisa Pins ikuti. Salah satunya adalah budidaya tanaman microgreen. Jenis tanaman satu ini merupakan sayuran yang berusia muda yang dapat dipanen kurang lebih 7-14 hari setelah dilakukan penyemaian, cara menanam microgreen pun cukup mudah.

Budidaya ini bisa diaplikasikan pada perumahan Britania Green Resort, properti dekat Braga City Walk dan sebagainya. Melalui aplikasi Pinhome kamu juga bisa melakukan Pengajuan KPR untuk perumahan di Jagakarsa, rumah bekas di Kab Mojokerto dan sebagainya.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Semak yang Dapat Mempercantik Rumahmu

Cara Menanam Microgreen

Source : Freepik

Tanaman microgreen sendiri menjadi tanaman dengan kaya vitamin dan serat yang baik untuk manusia. Walaupun usianya sangat muda namun, nutrisi di dalamnya lebih baik dari tanaman dewasa.

Tidak hanya itu, dikarenakan cara pertumbuhannya yang mudah dan bisa di berbagai tempat membuat tanaman satu ini dicintai, khususnya bagi kaum vegetarian. Tinggi tanaman satu ini biasanya tidak lebih dari 7,5 cm dan memiliki variasi jenis beragam yang dapat Pins pilih. Jenis-jenis tanaman microgreen sebagai berikut:

  • Amaranthaceae, contohnya seperti bayam dan bit.
  • Amaryllidaceae yang termasuk tanaman bawang-bawangan, yaitu bawang merah, bawang putih dan daun bawang.
  • Apiacease yaitu seledri dan wortel.
  • Asteraceae yaitu selasa, radicchiop dan sawi putih.
  • Cucurbitaceae, contohnya melon, labu dan mentimun.

Nah, bagaimana cukup banyak bukan pilihannya yang dapat dikonsumsi manusia. Pins pun bisa menanam jenis tanaman kacang-kacangan juga lho!

Untuk dapat menanamnya di rumah, intip langsung yuk 10 langkahnya agar mendapatkan microgreen terbaik di rumah dan tentunya dengan cara yang mudah.

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Source : Kompasiana

Di dalam mempersiapkan budidaya microgreen, Pins harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain:

  • Benih dari microgreen itu sendiri yaitu benih organik tanpa campuran pestisida.
  • Media tanam dapat berupa media campuran yang dijual di beberapa toko pertanian maupun media tanam steril seperti tanah, rockwool, perlite, vermiculite dan cocopite.
  • Wadah tanaman baru, kontainer khusus tanaman microgreen ataupun menggunakan barang-barang bekas seperti botol plastik, gelas plastik dan lainnya.
  • Kertas label dan pulpen.
  • Botol spray, kain kasa atau kertas tisue.

Baca juga: Inilah 5 Langkah Mudah dan Pasti Cara Menanam Durian (Semua Varian)

2. Mengidentifikasi Benih yang Dipilih

Source : Village Story

Hal utama dalam budidaya microgreen adalah memilih benih yang tepat dan menganalisanya. Benih yang merupakan bagian utama tersebut harus dirawat sesuai jenis dan fungsinya agar tidak membuat tanaman mati.

Untuk merawat benih yang cenderung kecil, Pins tidak perlu merendamnya dengan air. Berbeda dengan benih besar seperti kacang hijau, bunga matahari dan lainnya.

Pins perlu merendam bersama air hangat beberapa jam atapun saat waktu malam hari. Tujuannya adalah membantu benih untuk dapat berkecambah dengan cepat.

3. Ambil Wadah yang Telah Dipersiapkan

Source : Autopat

Setelah Pins mempersiapkan bahan dan benih siap tanam. Kini saatnya untuk mempersiapkan wadah. Saat ini Pins akan menggunakan wadah yang banyak dijual di pasaran untuk microgreen berupa microtray. Pasang kain kasa pada permukaan wadah secara menyeluruh, sampai tertutup semua. 

4. Masukan Benih Pada Media Tanam

cara menanam microgreen
Source : Photo Stock Editor

Cara menanam microgreen dengan rockwool misalnya, Pins bisa mencampurnya dengan tanah ataupun hanya rockwool saja. Bila tanah sudah tertata rapi, tidak lupa untuk menyemprotkan sedikit air agar tanah lembap.

Masukan benih yang ingin Pins tanam pada wadah yang telah dipersiapkan dengan tanah di dalamnya. Usahakan untuk memberi jarak antar benih, agar tanaman microgreen dapat tumbuh dengan baik, dan jangan lupa untuk memeriksa kelembapannya.

Ingat Pins, jangan terlalu berair bahkan sampai merendam tanaman. Hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan bahkan membuat tanaman mati.

Baca juga: Apa itu Tanaman Hortikultura? Ini Dia Jenisnya!

5. Tutup Benih dengan Media Tanam

Source : Gardens Illustrated

Cek kelembapan tanah, pemeriksaan media, hingga penaburan benih sudah dilakukan. Kini saatnya untuk menutup benih yang sudah ditanam menggunakan media tanam.

Cara menanam microgreen dengan rockwool ini bisa Pins lapisi kembali pada bagian atas sebagai penutup. Namun, jangan terlalu tebal. Pins juga bisa mencampurnya dengan pupuk kompos pada bagian atas untuk mencegah benih sulit tumbuh.

6. Penyemprotan Tanaman

cara menanam microgreen
Source : Walmart

Kini Pins saatnya untuk mengecek tingkat kelembapan kembali setelah diberikan pupuk penutup. Semprotkan air bila memang terasa kurang lembab. Jangan biarkan mengering ya!

7. Persiapan Penutupan Wadah

Source : Bootstrap Farmer

Tutup tanaman dengan menggunakan plastik yang telah Pins beri lubang untuk sirkulasi udara. Sirkulasi tersebut dapat menjaga kelembapan tanah dan juga memaksimalkan tanaman tumbuh dengan baik.

Cara menanam microgreen dengan rockwool ini dapat berhasil bila Pins menjauhkannya terlebih dahulu dari sinar matahari. Lakukan penutupan kurang lebih selama dua hari lamanya.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih

8. Pembukaan Tutup Wadah

cara menanam microgreen
Source : Freepik

Bila sudah lewat dua hari, Pins bisa membuka penutup plastik yang sebelumnya menutup tanaman microgreen. Pins akan melihat kemunculan kecambah, saat keadaan itu setelahnya Pins bisa taruh tanaman pada tempat yang bisa terkena sinar matahari.

Namun, tetap perhatikan intensitas cahayanya. Usahakan untuk tidak terkena terik matahari secara langsung. Jangan lupa memberikan label pada tanaman ya!

9. Perawatan Secara Rutin

Source : Pexels

Selanjutnya adalah tahapan perawatan tanaman hingga menghasilkan tanaman yang baik. Caranya adalah dengan merawatnya secara benar dan dilakukan secara ruitn.

Salah satunya seperti melakukan penyiraman tanaman secara ruitn untuk menjaga kelembapan dari tanaman microgreen tersebut. Gunakan botol spray saat melakukan penyemprotan agar tidak terlalu basah.

Hal utama dari cara menanam microgreen dengan rockwool adalah selalu menjaga kelembapan. Jangan biarkan tanaman tersebut kering tanpa disiram ya Pins, hal tersebut akan mengurangi nutrisi dari tanaman itu sendiri.

10. Proses Panen yang Ditunggu

cara menanam microgreen
Source : Freepik

Semua tahapan demi tahapan sudah Pins lalui, kini saatnya untuk menikmati hasilnya. Seperti yang diketahui, untuk menanam tanaman microgreen Pins tidak perlu menunggu lama. Maksimal 14 hari tanaman sudah siap panen.

Periksalah tanaman apakah sudah memiliki ukuran yang sesuai dengan jenis bibit yang dipilih. Bila sudah dirasa cukup baik, kamu bisa memotong batang tanaman tepat di atas media tanam yang telah Pins pilih sebelumnya.

Kini Pins siap mengonsumsi makanan sehat tersebut bersama keluarga. Namun, jangan lupa untuk mencuci bersih tanaman terlebih dahulu ya!

Itulah beberapa langkah cara menanam microgreen dengan mudah dan tentunya anti ribet. Kamu dan keluarga dapat memiliki tanaman sehat di rumah tanpa harus membelinya lagi. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download