Cara Menanam Microgreen di Rumah, Dijamin Sukses! - Pinhome

Pinhome

10 Langkah Menanam Microgreen di Rumah Untuk Pemula

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 29 December 2021 ∙ 6 menit membaca

Selain mengoleksi berbagai macam tanaman hias yang dapat menjadi penghilang bosan saat berada di rumah, kini ada hobi baru yang bisa Pins ikuti. Salah satunya adalah budidaya tanaman microgreen. Jenis tanaman satu ini merupakan sayuran yang berusia muda yang dapat dipanen kurang lebih 7-14 hari setelah dilakukan penyemaian, cara menanam microgreen pun cukup mudah.

Tanaman mungil yang kaya serat dan vitamin ini memiliki nutrisi yang lebih baik bila dibandingkan tanaman dewasa. Microgreen sendiri dapat ditanam menggunakan benih yang banyak dijual secara online ataupun pusat kebun. Bagi Pins yang ingin mencoba menaman microgreen, dan ingin mengkonsumsi makanan sehat, cara menanam microgreen di bawah ini perlu diperhatikan.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Semak yang Dapat Mempercantik Rumahmu

Cara Menanam Microgreen

(Freepik)

Tanaman microgreen sendiri menjadi tanaman dengan kaya vitamin dan serat yang baik untuk manusia. Walaupun usianya sangat muda namun, nutrisi di dalamnya lebih baik dari tanaman dewasa. Tidak hanya itu, dikarenakan cara pertumbuhannya yang mudah dan bisa di berbagai tempat membuat tanaman satu ini dicintai, khususnya bagi kaum vegetarian. 

Tinggi tanaman satu ini biasanya tidak lebih dari 7,5 cm dan memiliki variasi jenis beragam yang dapat Pins pilih. Jenis-jenis tanaman microgreen sebagai berikut:

  • Amaranthaceae, contohnya seperti bayam dan bit.
  • Amaryllidaceae yang termasuk tanaman bawang-bawangan, yaitu bawang merah, bawang putih dan daun bawang.
  • Apiacease yaitu seledri dan wortel.
  • Asteraceae yaitu selasa, radicchiop dan sawi putih.
  • Cucurbitaceae, contohnya melon, labu dan mentimun.

Nah, bagaimana cukup banyak bukan pilihannya yang dapat dikonsumsi manusia. Pins pun bisa menanam jenis tanaman kacang-kacangan juga lho! Untuk dapat menanamnya di rumah, intip langsung yuk 10 langkahnya agar mendapatkan microgreen terbaik di rumah dan tentunya dengan cara yang mudah.

Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Di dalam mempersiapkan budidaya tanaman microgreen, Pins harus mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain:

  • Benih dari microgreen itu sendiri yaitu benih organik tanpa campuran pestisida.
  • Media tanam dapat berupa media campuran yang dijual di beberapa toko pertanian maupun media tanam steril seperti tanah, rockwool, perlite, vermiculite dan cocopite.
  • Wadah tanaman baru, kontainer khusus tanaman microgreen ataupun menggunakan barang-barang bekas seperti botol plastik, gelas plastik dan lainnya.
  • Kertas label dan pulpen.
  • Botol spray, kain kasa atau kertas tisue.

Baca juga: Inilah 5 Langkah Mudah dan Pasti Cara Menanam Durian (Semua Varian)

Mengidentifikasi Benih yang Dipilih

(Village Story)

Hal utama dalam cara menanam microgreen adalah memilih benih yang tepat dan menganalisanya. Benih yang merupakan bagian utama tersebut harus dirawat sesuai jenis dan fungsinya agar tidak membuat tanaman mati. Untuk merawat benih yang cenderung kecil, Pins tidak perlu merendamnya dengan air.

Berbeda dengan benih besar seperti kacang hijau, bunga matahari dan lainnya. Pins perlu merendam bersama air hangat beberapa jam atapun saat waktu malam hari. Tujuannya adalah membantu benih untuk dapat berkecambah dengan cepat.

Ambil Wadah yang Telah Dipersiapkan

Setelah Pins mempersiapkan bahan dan benih siap tanam. Kini saatnya untuk mempersiapkan wadah. Saat ini Pinhome akan menggunakan wadah yang banyak dijual dipasaran untuk microgreen berupa microtray. Pasang kain kasa pada permukaan wadah secara menyeluruh, sampai tertutup semua. 

Masukan Benih Pada Media Tanam

cara menanam microgreen
(Photo Stock Editor)

Cara menanam microgreen dengan rockwool misalnya, Pins bisa mencampurnya dengan tanah ataupun hanya rockwool saja. Bila tanah sudah tertata rapi, tidak lupa untuk menyemprotkan sedikit air agar tanah lembap. Masukan benih yang ingin Pins tanam pada wadah yang telah dipersiapkan dengan tanah di dalamnya.

Usahakan untuk memberi jarak antar benih, agar tanaman microgreen dapat tumbuh dengan baik, dan jangan lupa untuk memeriksa kelembapannya. Ingat Pins, jangan terlalu berair bahkan sampai merendam tanaman. Hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan bahkan membuat tanaman mati.

Baca juga: Apa itu Tanaman Hortikultura? Ini Dia Jenisnya!

Tutup Benih dengan Media Tanam

Cek kelembapan tanah, pemeriksaan media, hingga penaburan benih sudah dilakukan. Kini saatnya untuk menutup benih yang sudah ditanam menggunakan media tanam. Cara menanam microgreen dengan rockwool ini bisa Pins lapisi kembali pada bagian atas sebagai penutup. Namun, jangan terlalu tebal. Pins juga bisa mencampurnya dengan pupuk kompos pada bagian atas untuk mencegah benih sulit tumbuh.

Penyemprotan Tanaman

cara menanam microgreen
(Walmart)

Kini Pins saatnya untuk mengecek tingkat kelembapan kembali setelah diberikan pupuk penutup. Semprotkan air bila memang terasa kurang lembab. Jangan biarkan mengering ya!

Persiapan Penutupan Wadah 

Tutup tanaman dengan menggunakan plastik yang telah Pins beri lubang untuk sirkulasi udara. Sirkulasi tersebut dapat menjaga kelembapan tanah dan juga memaksimalkan tanaman tumbuh dengan baik. Cara menanam microgreen dengan rockwool ini dapat berhasil bila Pins menjauhkannya terlebih dahulu dari sinar matahari. Lakukan penutupan kurang lebih selama dua hari lamanya.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih

Pembukaan Tutup Wadah

cara menanam microgreen
(Freepik)

Bila sudah lewat dua hari, Pins bisa membuka penutup plastik yang sebelumnya menutup tanaman microgreen. Pins akan melihat kemunculan kecambah, saat keadaan itu setelahnya Pins bisa taruh tanaman pada tempat yang bisa terkena sinar matahari. Namun, tetap perhatikan intensitas cahayanya. Usahakan untuk tidak terkena terik matahari secara langsung. Jangan lupa memberikan label pada tanaman ya!

Perawatan Secara Rutin

Selanjutnya adalah tahapan perawatan tanaman hingga menghasilkan tanaman yang baik. Caranya adalah dengan merawatnya secara benar dan dilakukan secara ruitn. Salah satunya seperti melakukan penyiraman tanaman secara ruitn untuk menjaga kelembapan dari tanaman microgreen tersebut. 

Gunakan botol spray saat melakukan penyemprotan agar tidak terlalu basah. Hal utama dari cara menanam microgreen dengan rockwool adalah selalu menjaga kelembapan. Jangan biarkan tanaman tersebut kering tanpa disiram ya Pins, hal tersebut akan mengurangi nutrisi dari tanaman itu sendiri.

Baca juga: 5 Panduan Cara Menanam Wortel Sederhana dan Mudah

Proses Panen yang Ditunggu

cara menanam microgreen
(Freepik)

Semua tahapan demi tahapan sudah Pins lalui, kini saatnya untuk menikmati hasilnya. Seperti yang diketahui, untuk menanam tanaman microgreen Pins tidak perlu menunggu lama. Maksimal 14 hari tanaman sudah siap panen. Periksalah tanaman apakah sudah memiliki ukuran yang sesuai dengan jenis bibit yang dipilih. 

Bila sudah dirasa cukup baik, kamu bisa memotong batang tanaman tepat di atas media tanam yang telah Pins pilih sebelumnya. Kini Pins siap mengkonsumi makanan sehat tersebut bersama keluarga. Namun, jangan lupa untuk mencuci bersih tanaman terlebih dahulu ya!

Itulah beberapa langkah cara menanam microgreen dengan mudah dan tentunya anti ribet. Kamu dan keluarga dapat memiliki tanaman sehat di rumah tanpa harus membelinya lagi. Selamat mencoba!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel