Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah

Hobi

Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 24 March 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, siapa yang suka makan makanan pedas nih? Berarti Anda suka sama tantangan nih Pins. Tahu tidak, ternyata menurut studi yang dilakukan University of Pennsylvania, pecinta makanan pedas memiliki kepribadian yang suka dengan tantangan.  Kalau kamu suka makan pedas apakah kamu tahu cara menanam cabe? Coba deh tanam cabe sendiri di rumah, pasti seru dan bisa jadi hobi yang seru!

Pinhome – Cabe menjadi bahan baku utama dalam memasak makanan pedas. Rasa pedas yang dihasilkan cabe ternyata berasal dari zat kapsaisin. Zat inilah yang membuat cabe terasa pedas saat dimakan. Cabe memang menjadi komoditas pertanian yang mempunyai demand tinggi. Maklum saja, hampir seluruh masakan khas Indonesia menggunakan cabe sebagai bumbu rempah untuk membuat rasa sajian semakin mantap.

Namun, terkadang produksi cabe di Indonesia tidak dapat mengakomodasi kebutuhan cabe di pasar. Alhasil, harga cabe dapat melonjak karena terjadi kelangkaan atau yang paling parah stok cabe di pasar tidak tersedia. 

Nah, untuk mengantisipasi hal ini Pins bisa lho melakukan aksi kecil yang berdampak besar yaitu dengan menanam cabe. Pins bisa menanam cabe di rumah dengan mudah, lalu memanen cabe untuk kebutuhan sehari-hari. Langkah-langkah untuk menanam cabe di rumah sangat mudah, Pins hanya perlu mengikuti instruksi berikut ini. Yuk dicek sampai bawah!

Syarat Menanam Cabe

Cara Menanam Cabe
(SehatQ)

Pins, perhatikan bahwa ada hal-hal yang harus Pins ketahui sebelum melakukan proses penanaman cabe. Di antaranya adalah sebagai berikut,

  • Area atau lokasi menanam cabe harus berada pada ketinggian 300-2.000 mdpl;
  • Suhu ideal untuk menanam cabe ada pada suhu 24-27° Celsius;
  • Untuk kelembaban, usahakan tidak terlalu tinggi ya Pins.
  • Menanam cabe dapat Pins lakukan di atas sawah bekas menanam padi. Intinya tanah atau media tanam untuk menanam cabe harus subur dan bukan di tanah yang kering.
  • Upayakan lokasi untuk meletakkan tanaman cabe terkena paparan sinar matahari ya Pins.

Persiapan Menanam Cabe

Berkebun bisa menjadi hobi yang menyenangkan, apalagi tanaman yang akan Pins tanam adalah tanaman favorit seperti cabe. Sebelum mulai menanam cabe, Pins harus mempersiapkan hal-hal berikut ini, yuk dicek!

Siapkan alat dan bahan

Cara Menanam Cabe
(Twitter Berburu Sale)
  • Pertama, siapkan polybag atau pot dengan diameter 15-25 cm. Untuk pot tanaman Pins membeli pot baru atau memanfaatkan kaleng atau ember cat bekas yang telah dibersihkan dari sisa-sisa cat.
  • Siapkan juga sekop atau cangkul kecil
  • Siapkan sarung tangan
  • Persiapkan benih cabe
  • Siapkan tanah atau media tanam
  • Penanaman cabe membutuhkan proses menyemai di dalam polybag. Baru setelah itu dipindahkan ke area tanah tanpa polybag.

Memilih Benih Cabe

  • Selain membeli benih cabe di toko pertanian, Pins juga bisa melakukan seleksi sendiri untuk memilih biji/benih yang baik. Benih atau biji ini bisa Pins ambil dari dalam cabe.
  • Pertama, potong secara membujur kulit buah cabe. Lalu buang biji yang terdapat pada bagian pangkal dan ujung buah, selanjutnya ambil biji di bagian tengah. Ingat ya Pins di bagian tengah. Hal ini karena biji pada bagian tengah berkualitas bagus.
  • Setelah itu Pins bisa merendam biji cabe di dalam air bersih. Lalu buang biji yang mengambang. Sementara itu biji yang tenggelam bisa Pins gunakan sebagai benih, karena ini yang berkualitas bagus.
  • Jika sudah, jemur biji tersebut hingga kering selama 3 hari.

Menyemai Cabe

Cara Menanam Cabe
(Chilli plant)

Siapkan polybag yang sudah Pins sediakan. Lalu masukkan tanah serta pupuk dengan perbandingan 3:1. Jadi jumlah tanahnya lebih banyak 3 kali ya Pins. 

Setelah itu jauhkan polybag dari terik matahari dan hujan selama 1 minggu.

Masukkan benih cabe tadi ke dalam polybag. Lalu Pins tutup benih cabe tadi dengan tanah. Pastikan kedalaman cabe tadi 1 cm saja.

Setelah benih berkecambah, Pins dapat meletakkan tanaman cabe tadi di bawah sinar matahari.

Tahapan dan Proses Menanam Cabe

(Boombastis)

Setelah Pins melewati proses menyemai, berikut ini adalah langkah-langkah penting yang harus diperhatikan dalam menanam cabe.

Memindahkan Cabe

  • Setelah cabai berusia 4 minggu, Pins bisa memindahkan bibit cabe ke dalam lahan yang sudah Pins siapkan.
  • Pastikan tanah yang akan dijadikan tempat tanam sudah digemburkan dan diberikan pupuk ya Pins. Pins bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Hati-hati ketika Pins akan melepaskan benih dari polybag. Hal ini dilakukan agar tidak merusak akar.
  • Lalu Pins bisa menggunakan perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam padi untuk media tanam. 

Memberikan Pupuk

Untuk pupuk, Pins bisa menggunakan pupuk kompos agar tanaman cabe menjadi lebih organik. Pins bisa membeli di toko pertanian atau mengolah sendiri. Namun, proses pembuatan pupuk memang memakan waktu, jadi Pins lebih baik membeli pupuk kompos yang sudah jadi.

Pemberian pupuk dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama memberikan pupuk dengan cara ditabur apabila bentuk pupuk berupa butiran, namun apabila pupuk berbentuk cari Pins bisa menyemprotkan pupuk tadi.

Menyiram Cabe

Proses penyiraman tanaman cabe harus dilakukan secara teratur setiap pagi ya Pins. Pastikan tanaman cabe juga mendapatkan sinar matahari.

Apabila hujan berikan pelindung pada tanaman cabe, khawatirnya volume air hujan terlalu lebat dan akan merusak tanaman cabe. 

Pins juga harus memastikan tidak ada gulma atau tanaman liar lain yang mengganggu. Hal ini agar tanaman cabe dapat tumbuh dengan baik.

Cara Menanggulangi Hama

Berikut ini ada beberapa cara manual untuk menanggulangi hama cabe. Hal ini bisa Pins lakukan untuk melindungi cabe agar tetap tumbuh dan menghasilkan buah.

Cara Manual 

Pins bisa menggunakan sarung tangan untuk mencabut rumput liar, mengusir hama seperti bekicot atau kutu daun, thrips, dan tungau laba-laba.

Menggunakan Insektisida

Semprot tanaman cabe menggunakan sabun insektisida dari asam lemak kalium. Pins bisa menggunakan sabun insektisida ini untuk kutu daun, tungau dan laba-laba. 

Menggunakan Semprotan Air

Semprot tanaman cabe menggunakan penyemprot wastafel. Usahakan Pins menyemprot di bagian bawah daun untuk mengusir serangga.

Gambut dan Pupuk 

Gambut, pupuk kandang dan pupuk kompos yang diberikan di sekitar tanaman cabe dapat membantu mengendalikan nematoda atau cacing pada tanaman cabe yang Anda tanam, Pins.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel