BlogLifestyleTeknologi2 Cara Membuat Tulisan Vertikal di Word Dengan Mudah!
0
0

2 Cara Membuat Tulisan Vertikal di Word Dengan Mudah!

Ditulis oleh Voni Wijayanti

Jun 24, 2022

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat tulisan vertikal di wordtop-right-banner

Secara default tulisan di aplikasi Microsoft Word akan berbentuk horizontal, karena memang bentuk tulisan ini paling umum digunakan. Meskipun demikian, ada kalanya kamu perlu cara membuat tulisan vertikal di Word. Bekerja dari rumah menggunakan laptop tentu membutuhkan tempat yang nyaman seperti di Rumah Ekslusif dari Pinhome Vasa Jagakarsa dan Kronjo Regency sebagai Perumahan di kota Tangerang yang terbaik serta perangkat elektronik yang memadai.

Tulisan vertikal ini biasanya digunakan untuk membuat tulisan di halaman cover sebuah dokumen maupun untuk keperluan lainnya. Sebenarnya cara membuatnya sangatlah mudah dan simple. Hanya saja jika belum pernah, memang akan terasa sulit untuk membuatnya. Untuk itu, Pins bisa mengikuti dua cara membuat bentuk tulisan vertikal dengan memanfaatkan Text Box.

Cara Membuat Tulisan Menurun di Word

Source : Urban Digital

Aplikasi Microsoft Word tentu memudahkan penggunanya untuk memanfaatkan berbagai fitur dalam penggunaannya. Bahkan, kamu bisa membuat suatu bentuk tulisan dengan berbagai bentuk dan posisi seperti vertikal. Untuk cara membuat tulisan vertikal di Word kamu perlu mengetahui dimana letak tools yang bisa digunakan. Pertama, kamu bisa membuat tulisan menurun dengan bentuk teks normal seperti pada gambar di atas. Biasanya, bentuk teks vertikal yang normal tersebut digunakan sebagai judul cover sebuah makalah atau dokumen tertentu. Berikut cara membuatnya:

  1. Buka dokumen Microsoft Word kamu.
  2. Tempatkan kursor di halaman yang ingin kamu tambahkan teks vertikal.
  3. Klik tab Insert.
  4. Klik opsi Shapes dan pilih Text Box.
  5. Sisipkan Text Box dengan cara klik dan seret mouse pada halaman Word.
  6. Buat tulisan di dalam Text Box.
  7. Klik lalu seret lingkaran yang ada di pojok kanan bawah Text Box. Buat bentuk Text Box jadi ramping dan panjang ke bawah.

Dengan mengubah bentuk Text Box menjadi panjang dan ramping, maka secara otomatis teks akan berpindah posisi ke bawah. Pastikan lebar text box hanya cukup untuk satu huruf saja.

Setelah memastikannya, kamu perlu menghilangkan garis tepi Text Box dengan cara seleksi Text Box, lalu klik opsi Shape Outline di tab Text Box Tool. Berikutnya, pilih No Outline di menu drop down yang muncul. Dengan begitu garis tepi akan hilang. Cara ini diperlukan agar tulisan yang sudah dicetak secara vertikal tidak memiliki border.

Baca juga: 19 Aplikasi Edit Foto di iPhone Ala Selebgram

Cara Membuat Tulisan Vertikal Hadap ke Samping

Source : Kuncie

Selain membuat text vertikal dengan bentuk tulisan yang normal, kamu juga bisa melakukan cara membuat tulisan vertical di Word menghadap ke samping kiri atau kanan. Tentunya, tidak semua orang ingin membuat jenis dan bentuk tulisan yang sama kan Pins? Kamu bisa membuat berbagai bentuk tulisan untuk segala kebutuhan dengan mudah. Untuk mengedit bentuk tulisan yang menghadap ke samping, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Jalankan Microsoft Office Word dan buka dokumen kamu.
  2. Buka halaman yang ingin kamu sisipkan tulisan vertikal.
  3. Klik tab Insert dan pilih Shapes.
  4. Pilih Text Box pada menu drop down Shapes yang muncul.
  5. Buat Text Box di halaman dengan cara klik dan tarik.
  6. Ketik tulisan di dalam text box tersebut.
  7. Pada tab Text Box Tools, klik Text Direction.

Dengan klik opsi Text Direction maka tulisan akan berubah menjadi vertikal dan menghadap ke samping kanan atau kiri. Bahkan dengan cara ini, kamu tidak perlu mempersempit ukuran text box. Selanjutnya tinggal hilangkan saja garis tepi kotaknya. Mengedit tulisan di Words tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan aplikasi Microsoft lainnya.

Mengapa Perlu Membuat Tulisan Vertikal?

Source : Chipset.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam membuat suatu dokumen Pins pasti akan membutuhkan beberapa format tulisan. Seperti ketika kamu sedang mengedit CV untuk kebutuhan kerja, tentu jenis tulisan yang dibutuhkan akan berbeda. Begitupun dengan tulisan vertikal, yang biasanya digunakan dalam membuat judul suatu dokumen akan diperlukan dalam suatu waktu. Pins bisa mengikuti langkah di atas untuk mengubah bentuk dan jenis tulisan dalam pengeditan.

Itulah beberapa cara membuat tulisan vertikal di Word yang bisa Pins aplikasikan dengan mudah. Sekarang, kamu sudah lebih paham kan Pins? Selamat mencoba!

Baca juga: 14 Aplikasi Edit Video TikTok Terbaik Tahun 2023

Featured image source: Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner
sticky banner
sticky banner
Pinhome App

Coba Aplikasi Pinhome

Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

iOS PCA DownloadAndroid PCA Download