Pinhome

Lifestyle

Cara Atasi Saluran Wastafel Tersumbat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Saluran air yang terpasang pada wastafel, baik sebagai tempat mencuci piring maupun sekedar tempat untuk mencuci muka dan mengosok gigi kerapkali mengalami gangguan. Ini disebabkan karena penumpukan sampah, baik sisa makanan yang terbawa air, atau benda lainnya. Tersumbatnya saluran air di wastafel ini kerap jadi masalah tersendiri.

Mulai dari genangan air, hingga bau tak sedap kerap timbul karena saluran air di wastafel yang tersumbat. Tidak lancarnya sanitasi juga bisa jadi masalah yang sebabkan penyakit, bisa flu atau yang lainnya. Ini karena dengan saluran air yang tersumbat tentu suasana dalam ruangan menjadi lembab dan bahkan bisa menimbulkan bau. Oleh karenanya perlu cara tersendiri untuk mengasi saluran wastafel yang tersumbat. Artikel kali ini merangkumnya.

Dari Preventif Hingga Aksi Kuratif, Membongkar Saluran Air Kadang Dilakukan Bila Masalah Tak Kunjung Teratasi

Mengatasi saluran wastafel yang tersumbat bisa dilakukan dengan beberapa jalan. Setidaknya bila dirangkum ada tiga cara, pertama tentu dengan tindakan preventif, kedua dengan cara-cara yang bersifat kuratif, terakhir tentu saja adalah restoratif. Berikut adalah ulasannya sebagai tips untuk mengatasi wastafel tersumbat.

Tindakan Preventif, Hindari Hal-Hal Berikut Cegah Saluran Tersumbat

Kebiasaan baik membawa hal baik pula, ini tentu berlaku bahkan untuk hal terkecil termasuk agar jangan saluran air wastafel tersumbat. Mengumpulkan sisa makanan dalam kantong plastik untuk kemudian dibuang ketempat sampah, membuang minyak bekas yang telah rusak dengan kantong plastik, hingga mencegah agar jangan sampai sisa-sisa bagian saat menyiangi ayam atau ikan, seperti bulu atau sisik ikan adalah cara pertama untuk mencegah tersumbatnya saluran air di wastafel.

Tindakan Kuratif, Bisa Pilih Yang Alami Atau Kimiawi

Tak jarang meski tindakan pencegahan telah dilakukan seringkali saluran air di wastafel bisa tetap tersumbat. Ini sering terjadi terutama bagi wastafel sebagai tempat mencuci piring didapur. Cara yang bisa dilakukan mungkin dengan menggunakan cairan atau produk untuk melonggarkan saluran air yang tersumbat tersebut, biasanya produk ini berbasis kimiawi sehingga perlu untuk diketahui cara pakainya agar aman. Selain itu, juga ada cara alami dengan menggunakan campuran cuka soda kue, dan air mendidih, cara ini biasanya efektif bila bahan yang menjadi penyumbat bersifat organik dan tak terlalu keras, tulang ikan mungkin efektif tetapi bila sudah tersumbat karena tulang ayam atau benda lain yang lebih besar dan nonorganik semacam plastik bisa jadi bahan kimia jauh lebih efektif.

Tindakan Restoratif, Tindakan Terakhir, Bongkar Temukan Penyebabnya, Lakukan Cara Ini Dengan Meminta Bantuan Profesional

Bila cara-cara pertama dan kedua memang belum berhasil, cara yang terakhir tentu terdengar ekstrim dan membutuhkan banyak waktu dan biaya. Tapi masalah tersumbatnya saluran air wastafel tetap harus dipecahkan agar situasi dalam rumah kembali nyaman. Cara yang terakhir bersifat restoratif, tentu perlu kerja konstruksi dalam hal ini pembongkaran saluran air. Bila sudah harus menempuh cara ini, tentu bantuan dari tukang pipa profesional adalah jalan terbaik.

Cara-cara mengatasi tersumbatnya saluran air wastafel ini tentu bukan patokan utama. Sebab semua tergantung dari penyebab yang menjadikan saluran air wastafel dirumah tersumbat. Temukan dan pahami penyebabnya sebelum memutuskan cara terbaik. Semoga bermanfaat! Salam!

Tags :

Bagikan Artikel