Bisnis Futsal, mengapa memilih usaha ini? Ternyata ini keuntungannya

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ January 18, 2023 ∙ 8 menit membaca

Sejarah Negara Com – Anda tertarik membuka bisnis futsal? Sepakbola adalah jenis olahraga yang paling terkenal di dunia. Hampir semua wilayah di lima benua mengenal permainan yang dilakukan di lapangan luas ini.

Sekarang selain sepakbola, ada jenis permainan atau olahraga yang mirip dengan sepakbola namun dimainkan di lapangan yang lebih kecil dan di dalam ruangan yaitu futsal.

Prospek Bisnis Futsal

Bisnis Futsal

Permainan yang banyak disukai oleh anak-anak kecil hingga dewasa ini namanya futsal. Semakin hari semakin banyak yang tertarik untuk bermain futsal. Maka tidak mengherankan bila jenis permainan yang makin terkenal ini oleh beberapa orang dijadikan peluang baru dengan membuka usaha bisnis futsal.

Kebutuhkan beberapa jenis peralatan olahraga futsal memang makin meningkat. Apalagi setelah futsal mendapat pengakuan dari KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) yang mau memasukan olahraga ini sebagai jenis olahraga resmi dan bisa dipertandingan pada kejuaraan yang juga bersifat resmi baik secara nasional maupun kedaerahan.

Makin banyak tim atau grup futsal yang giat berlatih atau hanya sekedar bermain untuk bersenang-senang saja. Makin banyaknya orang yang bermain futsal, itu pertanda bahwa usaha bisnis futsal punya harapan atau prospek yang cukuk bagus dan menjanjikan.

Baca juga: Mencoba Sukses dengan Bisnis Cucian Mobil

Sebagaimana olahraga yang lain, futsal juga membutuhkan beberapa peralatan yang bisa dijadikan peluang bisnis futsal, antara lain sebagai berikut:

1. Kaos dan Celana Olahraga Futsal

Ini adalah peluang bisnis futsal yang paling mudah dilakukan. Prospek pasar juga cukup bagus. Selain para pemain futsal, banyak juga para penggemar kaos olahraga yang suka mengenakan kaos ini, meski tak main futsal.

Bila Anda ingin menerjuni usaha ini, modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Yang perlu diperhatikan, harus selalu mengikuti perkembangan model kaos futsal dan pemilihan bahan kaos yang tepat.

Selain itu kalau bisa juga bergabung dengan komunitas-komunitas penggemar futsal hingga bisa lebih mudah mendapat pangsa pasar.

2. Sepatu Futsal

Ini merupakan bisnis futsal yang bisa mendatangkan keuntungan lumayan, meski tidak sebesar kaos dan celana futsal. Namun bila Anda bisa mengelola dengan manajemen yang baik, tentu bisa mendapatkan laba yang besar.

Untuk pemula yang ingin menekuni, sebaiknya tidak langsung melakukan produksi sendiri. Modal yang dibutuhkan untuk membeli mesin peralatan produksi cukup besar.

Sebaiknya coba dulu dengan membeli sepatu futsal dari grosir, kemudian menjualnya kembali dengan sistem eceran.

3. Lapangan Futsal

Jenis bisnis futsal ini membutuhkan biaya yang paling besar. Selain butuh lokasi cukup luas dan tempat strategis, juga harus menyediakan berbagai perlengkapan untuk melakukan olahraga ini.

Misalnya karpet atau rumput sintetis khusus, interior juga listrik untuk penerangan. Namun, jangan membuat kecil hati. Bila dana yang dipunyai masih kurang, bisa mencari sponsor yang bisa diajak kerja sama.

Bila konsep bisnis yang Anda ajukan cukup bagus dan menjanjikan, pasti tidak sulit untuk mendapatkan sponsor yang mau mendanai.

4. Bisnis lain-lain

Yang dimaksud dengan lain-lain di sini misalnya, bola futsal, minuman suplemen atau vitamin khusus untuk pemain futsal. Ada pula bentuk bisnis futsal yang lain misalnya majalah atau buku-buku yang isinya mengulas berbagai hal yang berhubungan dengan olahraga futsal.

Untuk menjalankan bisnis ini bisa mengajak kerjasama dengan pihak pemilik atau pengelola lapangan futsal dan komunitas atau organisasi penggemar futsal.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Cafe

4 jenis Lapangan Futsal

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu tentang jenis lapangan futsal. Sangat penting untuk mengenali tipe lapangan futsal dan beberapa kekurangan serta kelebihannya.

Karena kamu dapat memilih tipe lapangan futsal yang mana kurang lebih paling tahan lama dan kurang lebih sesuai keperluanmu. Di bawah ini adalah jenis-jenis lapangan futsal lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

1. Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan Futsal Vinyl

Tipe lapangan yang paling disukai oleh fans olahraga futsal ini dibuat dari karet yang permukaan atasnya halus.

Kelebihan

  • Bola bisa melaju secara lancar karena tingkat keratannya yang bagus
  • Aman saat jatuh karena berbahan yang empuk
  • Daya cengkeram yang baik sekali untuk sepatu dengan sol karet

Kekurangan

  • Bagian-bagiannya rawan terlepas bila dipakai dalam waktu lama mengakibatkan lapangan tidak rata
  • Dapat mengakibatkan cidera pinggul dan paha atas untuk beberapa orang yang lakukan rush

2. Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Disamping vinyl, rumput sintetis ialah tipe lapangan futsal yang lain cukup digemari oleh beberapa fans olahraga ini.

Kelebihan

  • Aman saat ada yang jatuh karena berbahan yang empuk
  • Bola gampang terkuasai karena pergerakan bola tidak begitu cepat

Kekurangan

  • Perlu sepatu khusus
  • Rawan membuat kulit lecet saat jatuh
  • Lebih pas dipakai sebagai lapangan indoor soccer

3. Lapangan Futsal Parquette

Lapangan Futsal Parquette

Tipe lapangan futsal parquette kurang terkenal di Indonesia, tetapi di sejumlah daerah lain seperti Eropa dan Amerika Latin, lapangan ini lebih banyak digunakan.

Kelebihan

  • Permukaan lapangan paling kesat antara lainnya
  • Tingkat kerataan yang baik sekali

Kekurangan

  • Permukaan atasnya keras karena dibuat dari kayu
  • Gampang hancur karena factor cuaca dan kelembapan
  • Beresiko untuk penjaga gawang saat permukaan kayunya telah hancur

4. Lapangan Futsal Taraflex

Lapangan Futsal Taraflex

Tipe lapangan futsal yang ini dibuat dari plastik yang kesat dan nikmat untuk dipakai.

Kelebihan

  • Tingkat kerataan yang bagus
  • Permukaan lapangan yang tidak licin

Kekurangan

  • Kadang, ada permukaan yang tidak rata karena ada susunan permukaan yang lepas

Ukuran Lapangan dan Gawang Futsal

Ukuran Lapangan futsal

Luas lapangan futsal diperbedakan melalui type lapangannya. Ada 2 type dengan lebar dan panjang lapangan futsal berlainan yang terbagi dalam lapangan futsal standard dan lapangan futsal mini.

Untuk ukuran lapangan futsal standard nasional, panjang lapangan futsal capai 38 atau 42 mtr. dan lebar lapangan futsal mencapai 18 atau 25 mtr..

Dan untuk ukuran lapangan futsal mini, panjang lapangan futsal harus 24 atau 42 mtr. dan lebar lapangan futsal haru 15 atau 22 mtr.

Ukuran Gawang Futsal

Ukuran Gawang Futsal

Disamping itu, kamu harus juga memperhatikan ukuran gawang futsal. Tentu saja, ukuran gawang futsal benar-benar berbeda jauh sama ukuran gawang sepak bola biasa.

Ukuran jarak di antara ke-2 tiang gawang ialah 3 mtr. yang diukur dari sisi dalam tiang.

Sedangkan, jarak dari tiang palang ke lantar ialah 2 mtr., diukur dari tiang horizontal sisi dalam sampai ke permukaan lantai.

Ketebalan tiang gawangnya sendiri harus berdiamater 8 cm dan kedalaman gawang ialah 100 cm di bagian bawah dan 80 cm di bagian atas.

Baca juga: Beternak Burung LoveBird secara koloni dan prospek bisnisnya

Mengapa Memilih Bisnis Futsal?

Ada beberapa pertimbangan mengapa kita memilih untuk bisnis lapangan futsal, antara lain sebagai berikut:

1. Pasarnya Luas

Usaha lapangan futsal tidak ada matinya karena banyak sekali sasaran pasar yang dapat diketemukan, beberapa di antaranya ialah pegawai dan mahasiswa.

Beberapa argumen kenapa beberapa orang ingin memakai jasa lapangan futsal mencakup sebagai berikut:

  • sasaran pasar Indonesia yang umumnya menyenangi olahraga sepak bola;
  • keperluan olahraga untuk kesehatan jasmani; dan
  • fasilitas untuk bergabung bersama rekan-rekan atau mitra.

2. Dapat Membuka Usaha Lain

Usaha yang ini bisa juga membantumu membuka cabang usaha lainnya. Beberapa usaha itu mencakup berjualan jersey, berjualan bola, dan buka cafe dan kantin.

3. Ongkos Pembuatan Lapangan Futsal Cukup Besar, Tetapi pada Jangka Panjang Benar-benar Memberikan keuntungan

Usaha lapangan futsal memang memerlukan investasi yang tidak kecil. Ongkos pembuatannya dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Tetapi, dengan pengendalian yang bagus, bukan mustahil usaha ini akan menjelma jadi kebun emas yang paling memberikan keuntungan.

Berikut contoh penghitungan ongkos pembikinan lapangan futsal dengan anggapan kamu telah mempunyai tanah:

  • Ongkos konstruksi baja (tiang dan beberapaya): Rp170 juta
  • Ongkos fondasi dan lantai: Rp80 juta
  • Ongkos rumput sintetis/lantai: Rp90 juta
  • Ongkos perlengkapan lapangan (lampu, bola, jala, dan beberapaya): Rp10 juta
  • Keseluruhan modal usaha lapangan futsal: Rp350 juta

Sesudah kita mengetahui ongkos pembuatan lapangan futsal, berikut perincian peluang keuntungan yang hendak kamu bisa dari usaha ini (anggapan harga /jam Rp60 ribu (pagi- siang) dan Rp100 ribu (malam):

  • Pendapatan pagi-siang (dengan anggapan 5 jam reservasi setiap hari): Rp60 ribu x 5= Rp300 ribu
  • Pendapatan malam (dengan anggapan 4 jam reservasi setiap hari): Rp100 ribu x 4= Rp400 ribu
  • Pendapatan cafe, kantin, dan berjualan jersey:Rp100 ribu
  • Keseluruhan pendapatan setiap hari: Rp800 ribu

Dengan pendapatan itu, dapat diibaratkan jika keseluruhan pendapatan /bulan dapat capai Rp24 juta. Dengan ongkos 2 pegawai (Rp3 juta) dan ongkos perawatan (Rp1 juta), karena itu keuntungan satu bulan yang kamu peroleh ialah Rp20 juta.

4. Minim Perawatan

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membikin lapangan futsal seperti lantai, lampu, jala, dan bola relatif tahan lama. Itu karena mengapa ongkos perawatan yang perlu dikeluarkan tidak besar.

Baca juga: Strategi Jitu Memulai Bisnis Catering

Apa saja yang harus diperhatikan supaya Bisnis Lapangan Futsal Sukses?

Ada beberapa hal yang perlu kita terapkan agar bisnis lapangan futsal yang nantinya kita jalankan seperti yang kita harapkan, bisa menjadi lahan penghidupan yang patut diperhitungkan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kenyamanan konsumen, mereka akan terus datang ke lapangan futsal anda jika mereka merasa nyaman bermain di sana. Lakukan hal-hal berikut:

1. Sirkulasi udara Dalam Gedung

Sirkulasi udara dalam gedung mempengaruhi kenyamanan para pengguna lapangan futsal. Karena itu, kita harus menginvestasikan uang untuk membuat aliran udara atau sirkulasi udara yang cukup supaya para pemakai nyaman dan kerasan saat menggunakan saranamu.

2. Bonus bagi Konsumen Setia

Salah satunya langkah untuk membikin beberapa konsumen setia masih tetap kembali lagi ke lapangan futsalmu dengan memberinya beberapa bonus menarik.

Salah satunya langkah classic dengan menyediakan kartu keanggotaan untuk team-team tertentu. Dengan mendaftarkan sebagai anggota, team itu memiliki hak untuk tentukan agenda mingguan mereka.

Disamping itu, kamu bisa juga memberinya bonus 1 kali bermain bila team itu telah patuhi agenda yang mereka tentukan sepanjang 7 kali beruntun.

3. Memperhatikan Servis Khusus

Supaya beberapa konsumen setia makin kerasan, alangkah baiknya kalau kamu sediakan ruangan tunggu yang nyaman.

Melengkapi ruangan tunggu itu dengan majalah yang terkait dengan futsal dan sepak bola supaya beberapa konsumen setia dapat nyaman menanti waktu bermain mereka. Bila perlu, tambah TV supaya beberapa konsumen setia kerasan lama-lama di situ.

4. Lokasi Usaha Lapangan Futsal

Lokasi terbaik untuk usaha yang ini ialah permukiman dan perkantoran. Selainnya, ke-2 lokasi itu, buka usaha lapangan futsal di dusun juga dapat benar-benar memberikan keuntungan.

Pokoknya, sebelum kamu memilih sebuah lokasi, yakinkan untuk cari tahu lebih dulu apa kamu dapat membuat kenyamanan dan keamanan yang ideal.

Bila hal itu dapat diprioritaskan, kamu kamu telah beberapa langkah lebih depan untuk membuat suatu usaha yang sukses.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia