Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Sholat Setiap Hari, Belum Tentu Kamu Paham Artinya. Pengertian Sholat Adalah

Sholat Setiap Hari, Belum Tentu Kamu Paham Artinya. Pengertian Sholat Adalah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 25 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Rukun Islam merupakan pedoman bagi umat muslim dalam beribadah. Salah satu hal yang dimuat dalam rukun Islam ialah perintah menjalankan sholat. Ibadah ini bisa dikatakan sebagai bekal utama agar seorang muslim dapat masuk surga. Pasalnya, sholat merupakan satu kewajiban yang menjadi jembatan untuk dekat dengan Allah SWT. Namun sebetulnya, apa yang dimaksud dengan salat?

Pinhome – Meski hampir seluruh umat muslim menjalankanya, tapi tidak semua apa arti sholat sebenarnya. Dalam ulasan ini akan dijelaskan pengertian sholat serta dasar hukumnya. Berikut uraian lengkapnya.

Doa Sholat Tasbih Yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian Sholat

(Pexels)

Dalam buku berjudul “Misteri Kedua Belah Tangan dalam Salat, Zikir, dan Doa” karya Dr KH Badruddin Hasyim Subky, M HI, kata sholat sebetulnya berasal dari shalla sholattun yang berarti wa aqimussholata da’aa’. Jika diuraikan, kata shalla berarti doa, sedangkan kata shollatun artinya adalah mendirikan sholat. Namun jika kata shalla digabung lalu dibaca menjadi shalallahu ‘alaih, maka kata ini dapat diartikan sebagai doa semoga Allah SWT memberikan rahmat atau keberkahan kepada hambaNya. 

Secara ringkasnya, kata sholat sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya doa. Dan, doa adalah sebuah permohonan umat kepada Yang Kuasa. Dalam buku “Shalat: Hikmah Falsafah dan Urgensinya” karya Abdul Aziz Salim Basyarahil, pengertian sholat adalah suatu ibadah yang meliputi peragaan tubuh khusus, dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam atau taslim. 

Dengan menjalankan sholat, seorang umat muslim bisa dibilang menjalankan semua ibadah. Sebab, dalam gerakan dan bacaan sholat, umat muslim turut berzikir, tilawah, berdiri, bertasbih, bersujud, berdoa, dan bertakbir kepada Allah SWT. Maka demikian, sholat bisa dibilang sebagai ibadah yang komplet. 

Baca Juga: Batas Waktu Sholat Tahajud, Sholatlah Dalam Kurun Waktu Berikut Ini

Perintah Sholat dalam Al-quran

(Pexels)

Allah SWT memerintahkan umat-Nya untuk menjalankan sholat. Khususnya sholat wajib lima waktu. Hal tersebut termuat dalam beberapa surah di Al-quran. Berikut di antaranya:

Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 45 berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Arab latin: Wasta’īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, wa innahā lakabīratun illā ‘alal-khāsyi’īn

Artinya: “Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” 

Perintah sholat juga termuat dalam surah Al-Isra ayat 78. Berikut bacaannya:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Arab latin: Aqimiṣ-ṣalāta lidulụkisy-syamsi ilā gasaqil-laili wa qur`ānal-fajr, inna qur`ānal-fajri kāna masy-hụdā 


Artinya: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Dalam surah An-Nisa ayat 103 Allah SWT juga berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ ۚ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya: “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Selain itu, Allah SWT juga menjelaskan pahala bagi umat-Nya yang menjalankan sholat. Dalam surah Hud ayat 114, Allah SWT berfirman: 

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ

Artinya “Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.”

Sebagai tambahan, agaknya Pins juga perlu mengetahui dalil mengenai sholat. Dalam hadis shalil dari riwayat Abi Hurairah RA, beliau berkata:

“Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tahukah kalian, kalau ada sungai di depan pintu di mana kalian mandi lima kali sehari, apakah Anda mengatakan bahwa kotoran di badannya masih ada?” Mereka menjawab: “”Tidak, tidak tersisa apapun dari kotoran. Beliau berkata, “Seperti itulah sholat yang lima. Allah SWT menghapus dengan segala dosa.”

Syarat dan Rukun Sholat 

(Pexels)

Walau sholat hukumnya wajib, tapi ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dulu agar sholat ini menjadi sah. 


Berikut syarat sholat yang perlu Pins ketahui: 

  1. Beragama Islam 
  2. Memiliki akal yang sehat dan tidak gila 
  3. Sudah dewasa atau baligh
  4. Bersih dan suci dari najis, haid, nifas, dan hal lain yang menjadi penghalang sholat. 

Selain itu terdapat pula syarat sah sholat yang harus dilakukan sebelum menjalaninya. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Sholat sesuai waktu yang sudah ditepatkan
  2. Suci dari hadas besar maupun hadas kecil
  3. Suci badan, suci pakaian, dan tempat sholat pun terbebas dari najis
  4. Menutup aurat sesuai yang telah ditetapkan oleh Allah SWT
  5. Menghadap ke kiblat. 

Guna membuat sholatmu diterima, Pins pun perlu mengikuti rukun sholat berikut:

  1. Berdiri bagi yang mampu 
  2. Membaca niat
  3. Melakukan takbiratul ihram 
  4. Membaca Al-Fatihah pada tiap rakaat sholat
  5. Rukuk dan tuma’ninah 
  6. Iktidal setelah rukuk dan tuma’ninah 
  7. Sujud dua kali dengan tuma’ninah 
  8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah 
  9. Duduk tasyahud akhir 
  10. Membaca tasyahud akhir 
  11. Membaca shalawat nabi pada tasyahud akhir 
  12. Membaca salam yang pertama 
  13. Tertib melakukan rukun sholat secara berurutan. 

Demikian pengertian sholat serta ulasan penjelas lainnya. Semoga dapat mendatangkan manfaat untuk Pins dan kita semua!


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Nara Village dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel