Pinhome

Lifestyle

7 Tips Melakukan Pindahan Rumah Baru

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Bagi anda pasangan pengantin baru pasti ingin mendapatkan rumah baru, baik itu masih kontrak atau kredit. Tentu anda harus mempersiapkan dan melakukan pindahan dengan baik agar bisa berlangsung efektif dan tidak banyak mengeluarkan hal yang tidak penting. Merencakan pindahan sejak jauh-jauh hari akan membuat anda semakin matang dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti ada barang yang tertinggal, hilang rusak atau terlalu menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk pindahan. Berikut ini berbagai tips agar efektif dalam melakukan pindahan rumah baru.

1. Cari waktu yang tepat

Jangan jadikan pindahan sebagia hal yang merepotkan, seperti anda mealukannya di waktu sibuk bekerja, di saat ketika keluarga sedang banyak urusan dan lain sebagainya. Usahakan bisa meluangkan waktu khusus untuk pindahan seperti di pagi hari atau waktu libur akhir pekan.

2. Siapkan kendaraan

Kendaraan yang digunakan juga disesuaikan dengan kebutuhan, seperti menggunakan truk jika barang-barang yang dibawa terlalu banyak dan mungkin bisa hanya menggunakan mobil pribadi jika barang yang dibawa tidak banyak.

3. Pindahkan barang secara bertahap

Jika ternyata barang yang anda bawa sangat banyak, terutama barang-barang besar seperti lemari, TV, Laptop dan lainnya tentu anda harus membagi dalam berbagai tahap. Perkirakan juga jarak tempuh dan kondisi barang yang dibawa, apakah tidak akan terjadi kerusakan dengan melakukan hal-hal khusus lainnya.

4. Lindungi perabot pecah belah

Barang paling rawan ketika melakukan pindahan adalah barang pecah belah seperti piring, gelas dan lainnya. Membungkus piring dan gelas satu per satu dengan koran tentunya tidak efisien, anda bisa menggunakan alternatif kain atau alas handuk sebagai alas pada wadah box. Gunakan sebanyak yang dibutuhkan.

5. Beri tanda setiap kotak

Apabila anda kesulitan untuk membedakan antara satu kotak dengan yang lainnya, memberi tanda atau menambahkan label bisa menjadi salah satu solusinya. Tulislah apa yang ada di dalamnya dan pesan yang akan diingat, misalnya anda menulis isinya piring dan gelas, tuliskan agar berhati-hati membawahnya dll.

6. Jangan memaksakan diri

Jika ternyata rumah baru anda cukup besar dan tidak mungkin merapikan dalam waktu sehari, jangan terlalu memaksakan diri. Istirahatlah setelah dirasa cukup untuk pemindahan. Jika anda sudah menginap di situ, proiritaskan benda-benda yang dibutuhkan setiap harinya.

7. Minta bantuan teman

Melakukan pindahan rumah tidak bisa dilakukan dengan mudah seorang diri, jika memang perlu mintalah bantuan teman atau tetangga dekat. Hal ini agar anda bisa berfikir lebih jernih dan hasilnya pindahan lebih efisien dan tidak terlalu melelahkan badan anda.

Demikian berbagai tips melakukan pindahan rumah, semoga pindahan rumah anda berlangsung lancar dan selamat menempati rumah baru.

Tags :

Bagikan Artikel