BlogLifestyleTeknologi5 Cara Mengubah Tulisan Latin ke Arab Online, Mudah!
0
0

5 Cara Mengubah Tulisan Latin ke Arab Online, Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
mengubah tulisan latin ke arab onlinetop-right-banner

Pins sedang mencari cara mengubah tulisan Latin ke Arab online dengan mudah? Tentunya, saat ini banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari menggunakan aplikasi online ataupun memanfaatkan fitur dari Google. Sama seperti kemudahan membeli Rumah Ekslusif dari Pinhome, untuk mendapatkan hunian terbaik demi masa depan.

Di era modern saat ini, kebutuhan akan teknologi pengubah bahasa merupakan suatu hal yang tidak kalah penting. Pins bisa menerjemahkan berbagai bahasa yang dibutuhkan hanya dengan bantuan aplikasi atau suatu situs. Berikut beberapa diantaranya!

Menggunakan Situs yamli.com

Source : Sur.ly

Cara yang pertama untuk mengubah tulisan Latin ke Arab online adalah menggunakan lewat situs yamli.com. Untuk mencobanya, Pins bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langsung saja buka situs translate tulisan latin ke arab online di www.yamli.com.
  • Ketikkan huruf latin yang mau diubah ke huruf arab, otomatis situs akan mengubah atau translate tulisan huruf latin kalian ke huruf arab.

Tips: dalam menulis huruf latin, Pins harus menuliskannya kata per-kata sesuai dengan bahasa Arabnya. Contoh: سبحان الله  itu terdiri atas dua kata yaitu subhana dan Alloh maka saat menulis huruf latinnya kita harus menulis subhana dan Alloh jangan subhanalloh langsung. Atau الرحمن الرحيم harus mengetikkan tulisan latin Arrohman dan arrohiim atau alrohman dan alrohiim sesuai dengan huruf aslinya tanpa diidghomkan terlebih dahulu.

Di yamli ini, setelah menulis latin akan muncul berbagai pilihan huruf arabnya dan tinggal kita pilih mana yang benar sesuai dengan kaidah penulisan huruf Arab, sehingga di sini memang sangat diperlukan pengetahuan tata cara menulis Arab yang baik dan benar.

Baca juga: 9 Cara Membuat Aplikasi Untuk Android dan iOS

Menggunakan Google Input Tools

Source : Internet Archive

Selain menggunakan situs online Yamli, Pins juga dapat memanfaatkan fasilitas dari Google, yaitu Google Input Tools. Di sana, kamu bisa menggunakannya untuk merubah tulisan Latin ke Arab online. Bahkan, beberapa orang menjelaskan jika kamu cukup menggunakan perintah ucapan saja untuk melakukan translate. Berikut langkahnya:

  • Silakan buka Google Input Tools lalu setting pilihan input bahasa menjadi Arabic seperti gambar berikut:
  • Tuliskan huruf latin kata per kata sesuai dengan aslinya dalam bahasa Arab seperti cara menggunakan situs Yamli untuk mengubah tulisan Latin ke Arab online. Contohnya: alhamdu lillahi robbi alaalamin alrohman alrohim maliki yaumi aldin dan seterusnya …… hasilnya adalah الحمد لله رب العالمين الرحمن الرحيم مالك يوم الدين  .

Menggunakan Situs listenarabic.com

Source : iStockphoto

Cara merubah tulisan latin ke arab online yang ketiga ini sama saja dengan kedua cara di atas, hanya saja menggunakan situs listenarabic.com. Langkahnya sama saja, hanya masukkan kata latinnya nanti akan keluar huruf Arab dari situs ini.

Selain menulis huruf latin, di listenarabic.com ini juga Pins dapat langsung menulis arabnya lewat menu arabic keyboard di laptop tanpa menuliskan huruf latinnya. Jika memakai keyboard, kamu hanya perlu klik huruf-huruf Arab yang ada di keyboard Arabic online.

Menggunakan Aplikasi Free Arabic Fonts for FlipFont

Source : iStockphoto

Rekomendasi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Free Arabic Fonts dor FlipFont yang dapat mengubah tulisan Latin ke bahasa Arab. Selain itu, kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan pada smartphone dengan berbagai spesifikasi berbasis Android. Bahkan, menurut hasil review dari pengguna, aplikasi ini mendapatkan rating 4,3. Sama seperti Perumahan Grand Sharon Residence sebagai Perumahan di Kota Bandung dengan lokasi yang strategis dan rating terbaik.

Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi jika memiliki tugas untuk menerjemahkan bahasa Latin ke Arab. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi di HP yang satu ini. Bahkan, software penerjemah ini aman untuk digunakan dan hasilnya bisa langsung di copy and paste ke dalam tulisan atau dokumen lainnya.

Baca juga: 4 Cara Download Aplikasi di iPhone Tanpa App Store

iFont

Source : Timnhaviet.vn

Rekomendasi terakhir adalah menggunakan aplikasi yang bernama iFont. Software yang satu ini cocok digunakan oleh anak muda saat ini dengan style font Arab yang menarik. Bahkan, tidak hanya sekedar menyuguhkan font untuk digunakan, tetapi juga menawarkan berbagai variasi bentuk tulisan yang unik bertuliskan bahasa Arab. Menarik bukan Pins?

Dalam hal interface, software yang satu ini sangat mudah dimengerti. Bagi pengguna baru, Pins hanya perlu memilih bentuk tulisan Arab seperti apa yang ingin digunakan. Setelah memilih, lanjut dengan memasang pada perangkat di smartphone. Sisi baiknya adalah, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis lho Pins tanpa perlu membayar untuk setiap terjemahan yang dilakukan.

Itulah beberapa cara mengubah tulisan Latin ke Arab yang bisa Pins gunakan dengan mudah. Bahkan, aplikasi dan situs di atas juga bisa digunakan secara gratis tanpa perlu membayar. Selamat mencoba!

Featured image source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Elora Residence Pamulang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download