Ruang Edukasi Agen

Marketing

Berbagai Tema Konten Iklan Ramadhan Populer untuk Jadi Inspirasi

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 14 April 2022 ∙ 4 menit membaca

Memasuki bulan Ramadhan, perilaku konsumen di Indonesia ikut berubah. Mulai dari waktu online, jumlah belanja, ketertarikan konten, dan lainnya menjadi berbeda dari waktu-waktu lainnya. Supaya pemasaran bisa berjalan lebih efektif, banyak perusahaan menggunakan tema iklan dengan konten Ramadhan guna menarik perhatian masyarakat.

Pinhome – Konten iklan yang disesuaikan dengan tema bulan Ramadhan bisa menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif. Iklan dengan tema yang tepat akan menarik minat audiens sehingga berbagai tujuan pemasaran bisa tercapai. Yuk, cari tahu berbagai tema konten Ramadhan yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk promosi!

Tema Konten Ramadhan yang Populer

Ketika membuat konten untuk promosi, penentuan tema tentu menjadi suatu hal yang krusial. Tema ini akan menentukan isi dari konten serta cara penyampaian pesan promosi. Pada tema bulan Ramadhan sendiri, ada berbagai tema yang sering digunakan dalam media iklan, seperti berikut ini.

Konten humor ringan

Humor ringan merupakan konten yang dapat digunakan kapan saja, termasuk di bulan Ramadhan. Konten dengan tema ini bisa menjadi sebuah penyegaran bagi audiens yang sudah lelah berpuasa. Lebih dari itu, konten bertema ini juga mudah untuk disebarkan sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Konten emosional keluarga

Salah satu tema konten yang banyak digunakan di bulan Ramadhan yaitu keluarga. Bulan Ramadhan menjadi suatu momen untuk berkumpul bersama keluarga sehingga tema ini selalu populer. Biasanya tema ini juga menggunakan sisi emosional sehingga bisa menarik empati penonton.

Konten hadiah/THR

Pemberian hadiah atau Tunjangan Hari Raya (THR) juga banyak digunakan untuk menarik perhatian masyarakat. Tema ini banyak digunakan untuk menarik pelanggan dengan cepat karena bersifat terbatas. Promo atau hadiah terbatas khusus Ramadhan bisa diiklankan melalui konten ini.

Konten silaturahmi

Di akhir bulan Ramadhan, banyak orang menggunakan momen ini untuk menjaga silaturahmi dengan keluarga. Hal ini pun menjadi salah satu tema konten yang cukup banyak digunakan pada bulan puasa. Promosi seperti diskon biaya sewa untuk mudik banyak ditemukan pada waktu ini.

Konten ngabuburit

Menunggu waktu untuk berbuka atau ngabuburit juga menjadi salah satu tema yang cukup populer. Ada banyak konten promosi yang dikaitkan dengan aktivitas ini seperti window shopping, jalan-jalan, berburu kuliner, dan lainnya.

Baca juga: Apakah Memiliki Rumah di Dekat Tempat Ibadah Menguntungkan?

Tips Membuat Iklan Bertema Bulan Ramadhan

Mempromosikan produk di bulan Ramadhan bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika membuat iklan Ramadhan.

Menampilkan merek di 5 detik awal

Salah satu tujuan yang ingin dicapai ketika beriklan adalah mengenalkan merek. Anda pun perlu untuk menampilkan merek pada iklan sehingga audiens bisa segera mengidentifikasinya. Hal ini akan lebih efektif jika Anda menampilkan merek di bagian awal iklan, seperti pada 5 detik pertama. Cara ini akan membuat audiens langsung mengetahui merek yang sedang beriklan.

Menampilkan produk di 10 detik pertama

Jika memilih untuk beriklan menggunakan video, waktu awal merupakan momen yang sangat penting. Penonton memiliki perhatian yang lebih baik pada bagian awal tersebut sehingga perlu untuk dimanfaatkan dengan maksimal. Anda bisa menampilkan produk pada waktu ini supaya dapat memperoleh perhatian penuh dari audiens.

Memilih konten-konten yang populer

Pada momen bulan Ramadhan, menggunakan tema konten yang populer bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat memilih konten dengan tema keluarga, promosi khusus Ramadhan, dan lain sebagainya. Penggunaan tema ini akan lebih efektif karena sesuai dengan momen bulan Ramadhan sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Bekerja sama dengan kreator yang populer

Menjalin kerja sama dengan orang lain juga bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan media promosi yang efektif. Anda dapat bekerja sama dengan kreator populer untuk meningkatkan efektivitas iklan. Kerja sama ini akan membuat merek Anda lebih dikenal karena masyarakat sudah mengenal kreator populer tersebut.

Beriklan lebih awal

Ketika memilih untuk melakukan promosi di bulan Ramadhan, Anda perlu untuk menjadi orang yang cermat. Di momen ini, banyak perusahaan yang juga melakukan promosi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk ‘mencuri’ momen yaitu dengan melakukan promosi lebih awal seperti beriklan sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Memilih tema konten yang tepat untuk promosi di bulan Ramadhan bisa membantu pemasaran Anda untuk lebih efektif. Anda juga bisa menerapkan berbagai tips di atas supaya lebih sukses dalam melakukan promosi di momen ini. Semoga membantu, Pins!

Sumber Foto Cover: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel