Ruang Edukasi Agen

Marketing

Tingkatkan Bisnis Properti dengan Model Strategi SOSTAC!

Ditulis oleh Omri Cristian ∙ 21 September 2022 ∙ 4 menit membaca

Bisnis di masa kini kian mengandalkan digital marketing sebagai salah satu bagian dari rencana meraih keberhasilan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk Rekan Agen dapat menggunakan strategi marketing yang tepat, khususnya dalam menjalankan bisnis properti. Salah satu strategi marketing terbaik yang ada sekarang ini adalah strategi SOSTAC.

Lalu, apa sebenarnya itu model SOSTAC? Sejauh mana strategi ini dapat Anda terapkan dalam suatu bisnis, khususnya dalam bisnis properti? Simak uraiannya di bawah ini!

Baca Juga: Cara Jual Properti Lewat Blog dan Website dengan Mudah

Pengertian SOSTAC

strategi sostac
(Shutterstock)

Di dunia digital marketing dikenal suatu model perencanaan atau strategi yang disebut dengan SOSTAC (Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, Control). Model SOSTAC ini merupakan salah satu model strategi marketing terbaik di dunia sekarang ini. 

Anda tidak perlu khawatir menjalankan model SOSTAC karena penerapannya di dalam bisnis dapat dengan mudah diikuti. Hal yang penting adalah Anda dapat melakukan dengan cermat analisis bisnis dan taktik dari tiap turunan strategi melalui strategi SOSTAC ini. Apabila diterapkan dengan baik, strategi bisnis ini memungkinkan Rekan Agen melakukan evaluasi terhadap kegiatan bisnis yang telah Anda lakukan

Apa Saja Fungsi SOSTAC?

strategi sostac
(Shutterstock)

Rekan Agen dapat mempertimbangkan SOSTAC sebagai strategi marketing karena model ini memiliki beberapa fungsi dalam bisnis Anda. Berikut ini Pinhome rangkum fungsi tersebut:

  • Sebagai model yang memberi Anda kesempatan mengembangkan bisnis properti lebih jauh lagi
  • Menggambarkan situasi pasar yang dapat berubah
  • Membantu Anda menyusun kembali tujuan bisnis properti
  • Mencapai tujuan bisnis properti Anda

Bagaimana SOSTAC Diaplikasikan dalam Dunia Bisnis Properti?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Anda dapat menggunakan strategi SOSTAC untuk memperluas pemasaran. Anda dapat mengikuti seluruh tahapan untuk bisnis properti agar manfaat tersebut benar-benar terwujud. Berikut ini beberapa tahapan pengaplikasian SOSTAC dalam bisnis Properti Anda:

Situation Analysis (Analisis Situasi)

Anda bisa melakukan analisis terhadap kondisi yang terjadi saat ini dan masa yang akan datang.  Hal ini penting dilakukan agar Anda mengetahui sejauh mana peluang dan ancaman bisnis properti yang akan dijalankan. Untuk membaca situasi tersebut, Anda dapat menggunakan analisis SWOT.

Objective

strategi sostac
(Shutterstock)

Dalam tahapan ini pastikan tujuan-tujuan yang ingin Anda capai dalam menjalankan bisnis properti. Misalnya, Anda ingin mengoptimalkan pemasaran properti melalui peningkatan awareness kepada kalangan yang belum memiliki hunian. Selain itu, mungkin Anda sedang ingin mengurangi anggaran biaya dalam dalam bisnis. 

Apapun tujuan bisnis Anda, pastikan bahwa tujuan tersebut spesifik, terukur, dapat dicapai dan relevan dengan digital marketing.

Baca Juga: Belajar dari Strategi Marketing Tesla Agar Bisnis Semakin Moncer dan Sukses

Strategy

Susun strategi dalam model bisnis
(Shutterstock)

Setelah menyusun tujuan, Anda harus merancang atau merumuskan strategi untuk mencapai tujuan bisnis. Fokuslah pada segmentasi dan target yang dibidik. Misalnya, Anda dapat merumuskan jenis hunian yang cocok dengan segmentasi dan target pasar Anda. Selain itu, Rekan Agen dapat memikirkan seperti apa marketing yang akan dilakukan.

Tactics

Selanjutnya, kembangkan semua strategi Anda menjadi langkah-langkah strategis dalam bisnis. Anda dapat memikirkan lebih rinci strategi yang telah dibuat. Contohnya adalah Anda dapat memikirkan di mana tempat pemasaran properti akan dilakukan. Selain itu, pertimbangkan bagaimana seluruh proses tersebut akan dijalankan.

Action

strategi sostac
(Shutterstock)

Di tahapan berikutnya ini, coba jalankan strategi yang telah Anda susun sebelumnya. Sebagai contoh, untuk mencapai objectives yang telah dibuat, Anda menjalankan content strategy melalui pembuatan artikel mengenai properti dan social media marketing untuk menambah jangkauan promosi.

Control

Lakukan control dalam bisnis
(Shutterstock)

Setelah strategi dijalankan, Anda harus memastikan bahwa acting telah dilakukan dengan benar. Jika belum berjalan optimal, pikirkan apakah kesalahan yang diperbuat dan perbaiki segera. Evaluasi semacam ini, khususnya dalam bisnis properti, sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian model SOSTAC dapat membantu Anda sebagai pelaku bisnis properti untuk menyiapkan taktik hingga evaluasi dalam proses bisnis. Pastikan Anda melakukan semua tahapan dengan cermat agar model bisnis ini dapat berjalan optimal. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Tips Negosiasi Properti untuk Mencapai Harga Deal


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel