Ruang Edukasi Agen

Marketing

Menerapkan Strategi Pemasaran McDonald untuk Bisnis Properti

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 18 October 2021 ∙ 4 menit membaca

McDonald merupakan perusahaan penyedia makanan cepat saji terbesar di dunia. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan ini yaitu strategi marketing yang dipakai. Meskipun McDonald bergerak dalam bidang makanan, Anda bisa mengaplikasikan strategi pemasaran perusahaan ini untuk mengembangkan bisnis properti.

Pinhome – Sebagai perusahaan yang telah mencapai kesuksesan secara global, McDonald tentunya telah menerapkan berbagai strategi marketing untuk mengembangkan bisnisnya. Apa saja strategi pemasaran dari McDonald yang bisa diterapkan dalam bisnis properti? Yuk, simak di bawah ini, Pins!

Mengenal Perusahaan McDonald

strategi pemasaran mcdonald
(mcdonalds.co.id)

McDonald adalah perusahaan franchise yang bergerak di bidang makanan cepat saji. Perusahaan yang berpusat di Amerika Serikat ini didirikan pada tahun 1940 dan mengalami perkembangan yang pesat. Kini, McDonald telah ada di lebih dari 100 negara dan melayani 60 juta pelanggan setiap harinya.

Pengaruh McDonald sangatlah besar terutama dalam bisnis makanan cepat saji. Perusahaan ini berhasil menjadi pelopor restoran yang menyediakan makanan dalam waktu singkat. Tidak hanya itu, McDonald juga semakin populer karena inovasi layanannya seperti McDelivery dan Drive Thru.

Strategi Pemasaran McDonald

(Montjoy’s)

Perusahaan makanan cepat saji McDonald bisa menjadi sukses dan besar seperti sekarang ini karena banyak alasan. Menggunakan strategi pemasaran yang tepat merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan McDonald.

Ada banyak strategi marketing yang telah diterapkan oleh McDonald sehingga bisa sukses secara global. Berikut ini beberapa strategi yang bisa diadaptasi untuk mengambangkan bisnis properti Anda.

Memanfaatkan berbagai kanal promosi

McDonald memiliki branding yang kuat dan dikenal oleh banyak orang seperti misalnya tagline “I’m Lovin’ It”. Tagline ini bisa diingat oleh para pelanggannya karena selalu ada dalam promosi McDonald. Baik itu iklan berupa video, iklan cetak, atau media sosial, McDonald selalu menggunakan tagline yang sama.

Anda bisa menggunakan teknik pemasaran ini untuk membangun branding bisnis properti. Penggunaan media promosi yang tepat bisa membangun kesadaran pelanggan akan bisnis yang Anda jalankan. Beberapa media promosi yang dapat Anda gunakan yaitu media sosial, baliho, iklan radio, dan lain-lain.

Menggunakan strategi cross-selling

McDonald menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Salah satu cara yang digunakan supaya setiap produk bisa terjual dengan baik yaitu dengan menggunakan strategi cross-selling. McDonald menawarkan pembelian makanan dan minuman dalam bentuk paket yang akan memudahkan pelanggannya dalam memesan.

Cara ini juga dapat Anda aplikasikan ketika melakukan bisnis properti. Ketika melakukan transaksi properti, ada banyak hal yang perlu dilakukan oleh pembeli selain membayar sesuai harga jual. Terkadang, hal ini bisa menyusahkan dan membebani pelanggan. Anda bisa menggunakan hal ini untuk menarik klien misalnya dengan menyediakan jasa konsultasi KPR.

Beradaptasi menyesuaikan kebutuhan pembeli

Strategi pemasaran lainnya yang diterapkan oleh McDonald yaitu beradaptasi sesuai kebutuhan pembeli. McDonald melihat bahwa pelanggan harus antre lama ketika memesan, maka perusahaan ini mengembangkan layanan Drive Thru. Selain itu, layanan McDelivery juga hadir untuk memudahkan pelanggan untuk menikmati produk McDonald.

Mengetahui kebutuhan pembeli akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Misalnya yaitu pembeli tidak selalu bisa mengecek kondisi properti yang akan dibeli. Anda bisa menyediakan layanan virtual tour supaya pembeli bisa mendapatkan pengalaman berkunjung langsung dan mengetahui kondisi properti.

Berani berkembang

McDonald memiliki menu-menu yang menjadi andalan dan sangat melekat seperti burger dan kentang goreng. Menu ini banyak disukai dan memiliki penjualan yang baik. Meskipun begitu, McDonald tidak berhenti berinovasi. Perusahaan ini terus berkembang dan meluncurkan menu-menu baru seperti McNuggets, McFlurry, Happy Meal, menu sarapan, dan lain-lain.

Di dunia bisnis properti, kesempatan untuk berkembang tentunya selalu ada. Jika saat ini Anda fokus dalam layanan sewa rumah atau kontrak, Anda bisa mengembangkan bisnis ke properti lainnya. Anda bisa mencoba masuk ke jual beli apartemen atau ruko supaya bisnis lebih berkembang.

Menggunakan strategi pemasaran sangatlah penting dalam membangun sebuah bisnis seperti McDonald. Strategi yang tepat akan membantu bisnis Anda untuk bisa lebih sukses. Berbagai strategi marketing di atas dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis properti Anda.


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel