Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Mengenal Pengertian Properti Residensial dan Properti Komersial

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 26 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Agen properti harus mampu menjual berbagai jenis properti. Tidak hanya fokus pada satu jenis properti saja seperti rumah dan apartemen. Seorang agen properti juga perlu memiliki kemampuan menawarkan jenis real-estate lain. Di sektor properti kita mengenal istilah properti residensial dan komersial. 

Pinhome – Namun, apakah Anda sudah paham apa yang dimaksud dengan residensial dan komersial? Kira-kira apa ya perbedaan keduanya agar Anda lebih paham cara menjual ke klien? Mari kita simak bersama informasi selanjutnya mengenai properti komersial dan residensial.

Baca Juga: Hal Penting Saat Pemotretan Listing Agar Gambar Ruangan Menarik!

Apa itu Properti Residensial?

(Pasardana)

Secara definisi properti residensial berarti jenis properti atau bangunan yang mempunyai fungsi untuk tempat tinggal atau hunian, baik keluarga atau individu.  

Baca Juga: Apa Itu Listing Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Jenis-jenis properti untuk residensial

Properti residensial mempunyai beberapa jenis misalnya adalah rumah tapak, rumah susun dan apartemen. Untuk rumah tapak bisa dibagi menjadi beberapa jenis seperti rumah kavling, rumah cluster, rumah subsidi, rumah baru, rumah seken dan lain-lain. Sementara untuk hunian vertikal ada apartemen dan rumah susun (rusun).

Karakter properti untuk residensial

Karakter properti residensial biasanya ditandai oleh beberapa hal berikut,

  • Hanya boleh digunakan untuk tempat tinggal. Apabila ingin membangun usaha, diperlukan izin tambahan. Misalnya jika ingin membuka toko, atau warung yang menyatu dengan bangunan rumah.
  • Rumah tapak bisa digunakan juga sebagai tempat praktik pengobatan atau apotek, namun harus tetap melalui izin pejabat sekitar yang berwenang.
  • Dekat dengan toko sembako atau mini market.
  • Mempunyai sistem organisasi lokal seperti Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

Tips menjual properti untuk residensial

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mempromosikan properti residensial di antaranya sebagai berikut, 

  • Pahami dan kenali kualitas developer.
  • Buat listing menarik di aplikasi Pinhome lengkap dengan rincian seperti deskripsi, foto setiap sudut ruangan, dan informasi lain yang mendukung listing. 
  • Promosikan dengan media sosial atau masuk ke forum komunitas properti untuk mencari klien perorangan atau keluarga.
  • Ajak klien untuk melakukan viewing atau kunjungan properti. Berikan informasi positif mengenai lingkungan sekitar rumah untuk meyakinkan klien bahwa hunian tersebut cocok dengan profil klien.

Apa itu Properti Komersial?

(Universitas Gajah Mada)

Properti komersial menuju pada definisi hunian komersial yang digunakan untuk kegiatan perniagaan, perkantoran dan aktivitas usaha lain yang memberikan keuntungan.

Jenis-jenis properti komersial

Jenis-jenis properti komersial sangat mudah ditemukan. Properti untuk kegiatan komersial biasanya seperti rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan), penginapan, pertokoan, indekos, atau bangunan untuk kantor (tower). 

Karakter properti untuk komersial

Bangunan atau properti komersial biasanya mempunyai karakter seperti berikut,

Untuk bangunan seperti kantor, ruko, rukan dan tower biasanya mempunyai ciri dan mengutamakan hal-hal berikut, 

  • Dekat dengan kantin, swalayan, mini market, coffee shop, dan kafetaria yang bisa digunakan para karyawan untuk bersantai selepas kerja atau saat jam istirahat.
  • Berlokasi pada jalan protokol atau paling tidak mempunyai akses yang dekat ke jalan utama. 
  • Hanya digunakan untuk kegiatan perniagaan dan tidak digunakan sebagai tempat tinggal.

Untuk bangunan seperti indekos mempunyai ciri seperti berikut,

  • Dekat dengan kampus atau area perkantoran.
  • Mempunyai akses yang mudah ke moda transportasi seperti kereta dalam kota, bus, dan lain-lain.
  • Dekat dengan warung makan atau restoran.

Tips menjual properti komersial

Berikut ini tips untuk menjual properti komersial yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

  • Pastikan Anda menyasar target yang tepat seperti pemilik bisnis atau staff kantor yang mencari bangunan untuk kantor. 
  • Anda bisa bekerjasama dengan coworking space atau manajemen tower untuk membantu mempromosikan area yang sedang tersedia. 
  • Anda harus melakukan survei lokasi gedung kantor, agar mengetahui keunggulan bangunan tersebut apakah dekat dengan akses jalan dan pusat bisnis.

Nah itulah informasi mengenai properti residensial dan komersial. Anda harus memahami perbedaan keduanya agar mampu menentukan strategi yang tepat dalam mempromosikan ke pihak klien.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel