Ruang Edukasi Agen

Marketing

8 Langkah Buat Welcome Email Agar Memberi Kesan Positif bagi Klien

Ditulis oleh Omri Cristian ∙ 14 December 2022 ∙ 5 menit membaca

Membangun kesan pertama yang baik adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang agen properti. Ada banyak cara untuk bisa menjalin hubungan positif dengan klien Anda. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengirimkan email selamat datang (welcome email) kepada klien Anda.

Welcome email terbukti mampu membuat kesan pertama yang baik dengan klien. Lalu, apa itu sebenarnya welcome email? Bagaimana membuatnya agar bisa menarik minat klien? Simak informasinya di bawah ini.

Pengertian Welcome Email

welcome email adalah
(Shutterstock)

Welcome email adalah email pertama dari marketer ke klien baru yang sudah melakukan transaksi dengan Anda. Isinya sendiri adalah informasi fitur dari produk dan layanan dibeli. 

Bukan hanya itu, email selamat datang juga dapat berupa penawaran khusus, video atau bahkan sekedar salam karena telah menjalin hubungan yang baru dengan Anda. Walaupun terkesan remeh, Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan. 

Hal tersebut penting diperhatikan karena kesan positif akan membuat hubungan klien dengan Anda berjalan mulu kedepannya. Sebaliknya, bila Anda tidak mampu menciptakan kesan positif sangat mungkin klien tidak nyaman dengan relasi yang akan dibangun.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Menulis Artikel Listicle Untuk Promosi Properti

Fungsi dan Tujuan Welcome Email

(Shutterstock)

Seperti yang telah disinggung, tujuan welcome email adalah membangun hubungan yang baik dengan klien. Di email ini Anda bisa mengucapkan salam dan memaparkan fitur-fitur spesifik dari produk atau layanan.

Melalui email selamat datang juga nantinya diharapkan klien dapat tetap menggunakan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, bila dilakukan dengan baik welcome email bisa meningkatkan bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Cara Memasarkan Properti Via Facebook Yang Mudah Dilakukan

Langkah Menulis Welcome Email

welcome email adalah
(Shutterstock)

Welcome email harus mampu memberi kesan pertama yang positif. Bila kesan pertama dari email selamat datang Anda sudah jelek, jangan harap klien akan membaca email berikutnya dari Anda.

Oleh karena itu, membuat email ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini:

Buat Format Email Menarik Dibaca

Welcome email harus dibuat dengan format enak dilihat dan bisa dibaca dengan baik. Salah satu format yang bisa Anda gunakan misalnya adalah menulis informasi dengan bullet point. Format ini membuat klien lebih nyaman dan mudah menangkap poin yang ingin Anda sampaikan.

Anda juga sebaiknya membuat subjek menarik dan tidak terlalu panjang menulis email. Anda harus paham bahwa klien terkadang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca informasi yang ada.

Sampaikan Terima Kasih

(Shutterstock)

Tidak ada salahnya untuk Anda mengucapkan rasa terima kasih kepada klien. Terlebih klien Anda adalah pihak yang banyak memberi keuntungan.

Anda bisa tambahkan kalimat terima kasih di awal kalimat welcome email Anda. Ini menunjukkan kehangatan dan rasa hormat kepada klien Anda.

Baca juga: 5 Kemudahan Mengelola Arsip Digital Lewat Google Drive

Informasikan Produk atau Layanan dengan Jelas

Bagian ini adalah yang tidak boleh Anda lewatkan di dalam welcome email. Penjelasan mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan berharga bagi klien Anda untuk mengenal lebih jauh produk/jasa yang mereka beli. 

Pakai Tone of Voice Ramah

(Shutterstock)

Dalam menulis welcome email sebaiknya Anda menggunakan tone of voice yang ramah dan hangat. Ini akan membuat klien lebih mudah mengerti dan nyaman. Akhirnya, klien bisa jadi lebih yakin dengan produk dan layanan Anda.

Beri Hadiah

Di email selamat datang Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberi hadiah kepada klien. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan kode diskon atau promo yang ditawarkan. Ini menunjukkan bahwa Anda selalu bersedia memahami kebutuhan klien.

Minta Untuk Mengikuti Social Media

welcome email adalah
(Shutterstock)

Tidak ada salahnya bila Anda ingin meminta klien untuk mengikuti akun sosial media Anda. Ini sangat baik untuk bisnis yang Anda jalankan. Pastikan klien Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan dari akun-akun Anda tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi Chat Populer Selain WhatsApp Untuk Kemudahan Komunikasi Dalam Bekerja

Minta Penerima Refer ke Temannya

Rekomendasi mulut ke mulut dari klien akan sangat membantu bisnis yang Anda jalankan. Cara ini meningkatkan reputasi bisnis Anda. Namun mintalah secara tersirat dan sopan serta tanpa paksaan agar klein Anda merasa dihargai. 

Berikan Informasi Tambahan

welcome email adalah
(Shutterstock)

Informasi tambahan yang bisa Anda muat dalam welcome email misalnya adalah tutorial atau informasi umum yang banyak ditanyakan oleh klien. Ini tentunya akan memudahkan klien memahami layanan atau produk Anda.

Selain itu, Anda bisa memberi alamat email atau nomor telepon yang bisa dihubungi oleh klien. Cara ini diharapkan bisa membantu klien menanyakan lebih lanjut seputar layanan dan produk yang mereka gunakan.

Itu tadi beberapa informasi mengenai welcome email yang bisa Anda coba terapkan. Email selamat datang adalah cara efektif yang bisa Anda gunakan untuk membangun relasi positif dengan Rekan Agen. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Jaga Keuangan Untuk Menyambut 2023


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel