Ruang Edukasi Agen

Marketing

Ya atau Tidak: Apakah Sebuah Konten Wajib Viral?

Ditulis oleh Bryan Dharmanta ∙ 30 September 2022 ∙ 4 menit membaca

Konten viral akhir-akhir ini seringkali ditemukan di berbagai platform sosial media. Biasanya, konten ini berisi sebuah insiden tertentu yang tiba-tiba menarik banyak perhatian masyarakat. Hal ini tentu dapat bersifat baik atau buruk, tergantung konten itu sendiri.

Konten pada dasarnya merupakan sebuah informasi yang tersedia di sebuah media. Sebagai pebisnis, terutama agen properti, konten dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif karena menarik perhatian calon buyer dan meningkatkan keuntungan bagi bisnis itu sendiri.

Sebenarnya, apakah sebuah konten wajib untuk viral? Apa saja yang perlu diperhatikan ketika membuat konten? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Baca juga: Tingkatkan Bisnis dengan Menerapkan Marketing Mix 6P

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Anda Membuat Konten

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah konten yang baik. Oleh karena konten yang Anda buat bertujuan untuk mendapatkan calon buyer, pastikan konten Anda menerapkan beberapa aspek berikut ini:

Pahami Kondisi Pasar

(Shutterstock)

Agar bisnis Anda dapat tetap bersaing, penting untuk selalu memahami dan menganalisa kondisi pasar. Hal ini dilakukan agar Anda, sebagai pebisnis, mengerti sebenarnya apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat dan bagaimana cara kompetitor memasarkannya.

Setelah mengetahui keadaan dan permintaan pasar, Anda bisa menggabungkan hasil riset dengan kreativitas dan nilai-nilai perusahaan untuk menghasilkan sebuah konten yang unik dan orisinil yang masih sejajar dengan minat masyarakat. Hal ini tentu dapat membantu Anda untuk mendapatkan calon buyer baru.

Tentukan Target Pasar

(Shutterstock)

Sebelum membuat konten, tanyakan terlebih dahulu kepada diri Anda sendiri atau tim, siapa atau golongan masyarakat mana konten ini akan dituju. Hal ini penting agar konten yang Anda buat bisa tetap relevan dan bersifat relatable bagi masyarakat golongan tertentu.

Dengan mengetahui target pasar, Anda juga bisa menentukan kira-kira desain konten seperti apa yang cocok dan bagaimana cara memasarkannya. Minat masyarakat sangat berbeda dan sering tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, penting untuk menentukan target pasar agar pemasaran bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Pastikan Informasi yang Disediakan Jelas dan Lengkap

Ketika memasarkan sebuah produk dalam bentuk konten, pastikan Anda menyediakan data dan informasi yang lengkap, namun dikemas dengan gaya bahasa atau konsep yang minimalis. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat memahami apa yang ingin Anda sampaikan dengan mudah.

Pastikan konten yang Anda sediakan bisa menjawab beberapa pertanyaan sederhana yang sering ditanyakan oleh konsumen, seperti harga, kegunaan produk, bagaimana bentuk dan visualnya, keunggulan produk, dan lain sebagainya. Semua harus dapat terjawab dalam konten yang Anda buat.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Properti ala Roker 80-an Ikang Fawzi

Selalu Hadirkan Sesuatu yang Baru

Seperti yang sudah diketahui, masyarakat memiliki minat yang berbeda-beda dan tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis, terutama agen properti, untuk selalu menghadirkan konten dengan gaya dan konsep yang baru. 

Anda bisa menerapkan hal ini setelah menganalisa target pasar dan kondisi permintaan pasar. Hal ini akan membuat bisnis yang Anda kelola berada selangkah lebih maju dibandingkan kompetitor lain. Dengan begitu, Anda bisa terus menarik perhatian calon buyer dan bahkan memiliki nilai lebih.

Apakah Sebuah Konten Harus Viral?

(Shutterstock)

Setelah memperhatikan aspek-aspek yang sudah dijelaskan sebelumnya, apakah konten yang sudah dibuat sedemikian rupa harus viral? Hal tersebut bisa Anda jawab sendiri dengan kembali lagi melihat visi dan misi yang Anda terapkan sebagai pebisnis.

Namun, sebuah konten sebenarnya tidak harus viral. Sebagai Rekan Agen, jika listingan yang Anda pasarkan mampu untuk menarik perhatian masyarakat yang menjadi target pasar atau bahkan hingga membuat orang tersebut beralih dari produk lain ke produk Anda sendiri, berarti Anda sudah berhasil membuat konten yang menarik dan efektif.

Jangan lupa untuk menerapkan beberapa aspek tersebut dalam membuat sebuah konten yang baik. Viral merupakan sebuah tambahan atau bonus yang bisa Anda dapatkan sewaktu-waktu tanpa harus diusahakan secara berlebihan.

Nah, bagaimana menurut Anda? Ya atau tidak, apakah sebuah konten harus viral?

Baca juga: Tingkatkan Bisnis Properti dengan Model Strategi SOSTAC!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel