Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Pahami Perilaku Konsumen dalam Penjualan Properti Berikut, Yuk!

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 24 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Konsumen merupakan aset penting bagi pelaku bisnis, termasuk Anda sebagai pebisnis properti. Alasan mengapa konsumen memegang peran penting bagi bisnis Anda adalah, karena mereka yang akan menentukan untuk atau tidak bisnis tersebut. Mereka yang akan memberikan kontribusi pada income Anda. Oleh karena itu, Anda harus memahami perilaku konsumen (consumers’ behaviour). 

Pinhome – Konsumen properti mempunyai perilaku yang berbeda-beda. Hal ini biasanya ditentukan oleh beberapa faktor seperti usia, kondisi finansial, objektif dalam membeli properti, dan bahkan budaya. Menurut penjelasan dari media Marketeers, 69% masyarakat Indonesia akan menabung dahulu untuk membeli sebuah properti. Sisanya akan mulai menabung setelah mengetahui harga properti dan menghitung kebutuhan untuk membeli unit hunian. 

Selain itu, karena harga properti di Indonesia yang setiap tahun terus naik, banyak masyarakat Indonesia yang akhirnya menggunakan metode cicilan KPR/KPA. Hal ini dianggap lebih ringan dan lebih cepat untuk mendapatkan sebuah properti. Melihat fenomena ini, bank-bank besar pun sering kali menurunkan suku bunga KPR/KPA agar mendapatkan nasabah. 

Lalu, bagaimana Anda sebagai rekan agen properti bisa memahami perilaku konsumen? Mari kita simak cara untuk memahami behaviour pelanggan berikut.

Ketahui motivasi klien membeli properti 

Ketika Anda berhadapan dengan klien, pastikan Anda menanyakan dan memahami motivasi atau alasan klien membeli properti. Setiap klien mempunyai alasan dalam membeli sebuah unit. Ada yang membeli properti untuk diri sendiri sebagai rumah tinggal. Ada juga yang membeli properti sebagai investasi, karena mungkin akan disewakan dan lain-lain. Setelah Anda mengetahui hal ini, Anda bisa mengarahkan pertanyaan ke kebutuhan properti seperti apa yang mereka idamkan. 

Tanyakan kebutuhan klien 

(analogicus dari Pixabay )

Saat mendampingi klien mencari properti, Anda harus menanyakan kebutuhan yang mereka inginkan. Setiap klien yang ingin membeli properti pasti mendambakan lingkungan dan suasana sekeliling rumah sesuai ekspektasi mereka. Misalnya lingkungan yang asri, bangunan rumah yang nyaman dan sejuk, jauh dari suara bising jalan raya, akses yang mudah dan fasilitas umum yang dekat. Jika Anda sudah mempunyai data-data kebutuhan klien tersebut, maka Anda bisa mereferensikan properti yang sesuai kebutuhan tersebut.

Cari tahu latar belakang klien 

(Pexels dari Pixabay )

Sebagai Rekan Agen, Anda harus dan wajib mengetahui latar belakang klien. Anda bisa menanyakan langsung ke mereka di sela-sela perbincangan mengenai properti. Anda bisa mulai menanyakan pekerjaan klien, lokasi kantor, posisi yang mereka jabat, dan status pernikahan. Jika klien sudah berumah tangga, Anda bisa menanyakan jumlah anggota keluarga mereka. Anda perlu tahu bahwa klien akan enggan menjawab jika ditanya penghasilan / gaji mereka, sehingga di awal Anda perlu berasumsi dahulu. 

Tanyakan metode pembayaran yang ingin mereka pilih

Setelah berada dalam perbincangan mengenai properti dengan klien, Anda bisa mengonfirmasi metode pembayaran yang ingin mereka pilih. Hal ini bisa dan wajib Anda tanyakan karena ini sesuatu yang wajar. Anda sebagai agen real-estate juga bisa berperan sebagai konsultan pribadi klien. Anda bisa menjelaskan bahwa setiap metode pembayaran mempunyai keunggulan masing-masing. Misalnya jika KPR/KPA, sering kali bank akan memberikan suku bunga ringan.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memahami perilaku konsumen. Tujuannya agar transparansi komunikasi antara rekan agen dan klien bisa terjalin dengan baik. Komunikasi tersebut bisa memberikan kenyamanan ketika kedua pihak berdiskusi mengenai pembelian properti. 

Sumber cover image: Harry Strauss dari Pixabay 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel