Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 10 Contoh Modifikasi Motor Bebek, Ada Custom Klasik!
motor bebek custom klasik
Otomotif

10 Contoh Modifikasi Motor Bebek, Ada Custom Klasik!

  • 26 Jan, 2023 oleh Putra
  • 8 menit membaca

Modifikasi motor bebek custom klasik memang menggugah selera para pecinta motor. Motor bebek adalah jenis motor yang digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti bepergian ke kantor atau sekolah. Keunggulannya adalah ukuran yang kecil dan ringan, sehingga mudah dikendarai di jalan-jalan yang sempit dan sesak.

Beberapa merk motor bebek yang populer di Indonesia adalah Honda, Yamaha, dan Suzuki. Masing-masing merek memiliki berbagai tipe yang ditawarkan, seperti Honda Beat, Yamaha Jupiter, dan Suzuki Nex.

Performa dari motor bebek biasanya tidak sekuat motor sport atau motor matic, namun tetap cukup baik untuk digunakan sehari-hari. Beberapa tipe motor bebek juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti injeksi bahan bakar, yang membuatnya lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Modifikasi motor bebek adalah proses mengubah atau menambah komponen pada motor bebek untuk meningkatkan performa atau tampilan. Modifikasi motor bebek bisa dilakukan pada berbagai bagian, seperti mesin, suspensi, ban, knalpot, atau body.

Namun, Pins masih kebingungan bagaimana cara untuk modifikasi motor bebek custom klasik terbaik? Ini dia rangkuman 10 contoh modifikasi motor bebek, salah satunya modifikasi custom klasik!

Baca juga: 10 Motor Bebek Kopling Terbaik

Modifikasi Motor Bebek Custom Klasik

(gridoto)

Modifikasi motor bebek custom klasik adalah proses memodifikasi sepeda motor bebek dengan tampilan motor klasik dan motor retro. Banyak orang yang melakukan modifikasi ini karena ingin menambah kesan elegan dan juga nostalgia pada sepeda motornya:

Untuk memodifikasi motor bebek custom klasik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pertama, pemilihan warna yang sesuai dengan kesan klasik dan retro. Warna-warna seperti hitam, coklat, atau abu-abu akan cocok untuk tampilan klasik.
  • Kedua, pemilihan aksesoris yang sesuai dengan tampilan klasik. Aksesoris seperti lampu depan bulat, handlebar yang lebar, dan jok yang klasik akan menambah kesan retro pada motor bebek.
  • Ketiga, perhatikan juga pemilihan velg yang sesuai dengan tampilan klasik. Velg dengan desain yang simpel dan polos akan cocok dengan tampilan klasik.
  • Keempat, perhatikan juga pemilihan knalpot yang sesuai dengan tampilan klasik. Knalpot dengan desain yang tradisional akan cocok dengan tampilan klasik.

Modifikasi motor bebek custom klasik dapat dikerjakan oleh mekanik yang berpengalaman atau juga dapat dilakukan sendiri dengan bantuan panduan yang tersedia. Namun, pastikan untuk memperhatikan kompatibilitas dan keselamatan selama proses modifikasi.

Baca juga: 9 Motor Bebek Paling Kuat di Tanjakan

Modifikasi Standar

(tagarberita)

Modifikasi motor bebek standar adalah proses memodifikasi sepeda motor bebek dengan menambah atau mengubah komponen-komponen yang ada. Untuk meningkatkan performa dan tampilan.

 Banyak orang yang melakukan modifikasi ini karena ingin meningkatkan kinerja motor serta membuat tampilan lebih menarik:

Untuk memodifikasi motor bebek standar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pertama, pemilihan komponen yang sesuai dengan tujuan modifikasi. Jika ingin meningkatkan performa, komponen seperti knalpot, filter udara, dan karburator dapat diganti dengan yang lebih baik. Jika ingin meningkatkan tampilan, komponen seperti lampu depan, handlebar, dan jok dapat diganti dengan yang lebih estetis.
  2. Kedua, perhatikan juga kompatibilitas komponen yang akan diganti dengan mesin motor. Pastikan bahwa komponen yang akan diganti dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin motor.
  3. Ketiga, perhatikan juga keselamatan saat melakukan modifikasi. Pastikan bahwa komponen yang diganti telah diuji dan disetujui oleh pabrikan untuk digunakan pada motor bebek standar.

Modifikasi motor bebek standar dapat dikerjakan oleh mekanik yang berpengalaman atau juga dapat dilakukan sendiri dengan bantuan panduan yang tersedia. Namun, pastikan untuk memperhatikan kompatibilitas, keselamatan, dan peraturan yang berlaku selama proses modifikasi.

Baca juga: 8 Modifikasi Motor Jupiter Z Agar Semakin Keren

Modifikasi Untuk Road Race

(mamangbengkel)

Modifikasi motor bebek untuk road race adalah proses memodifikasi sepeda motor bebek dengan tujuan untuk meningkatkan performa dan kecepatan. Saat digunakan untuk balap jalan raya. 

Modifikasi ini sangat diperlukan bagi mereka yang ingin mengikuti kompetisi road race. Juga untuk yang hanya ingin meningkatkan kinerja motor bebek saat digunakan untuk kegiatan berakselerasi.

Untuk memodifikasi motor bebek untuk road race, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pertama, pemilihan komponen yang sesuai dengan tujuan modifikasi. Komponen seperti knalpot, filter udara, dan karburator harus diganti dengan yang lebih baik untuk meningkatkan performa mesin. Juga, perhatikan pemilihan komponen yang sesuai dengan regulasi yang berlaku dalam kompetisi road race.
  • Kedua, perhatikan juga pemilihan ban yang sesuai dengan tujuan modifikasi. Ban yang digunakan dalam road race harus memiliki grip yang baik dan tahan lama untuk meningkatkan keamanan dan kinerja saat digunakan pada kondisi jalan yang licin.
  • Ketiga, perhatikan juga pemilihan suspensi yang sesuai dengan tujuan modifikasi. Suspensi yang digunakan dalam road race harus dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan yang berbeda. Seperti permukaan keras atau lunak dan juga harus stabil saat digunakan pada kecepatan tinggi.

Baca juga: 10 Ide Modifikasi Mio Soul GT Terbaik!

Modifikasi Untuk Merubah Tampilan Menjadi Baru

(tagarberita)

Untuk memodifikasi motor bebek agar terlihat baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Pertama, pemilihan warna yang sesuai dengan tujuan modifikasi. Warna yang digunakan harus mencerminkan kesan baru dan segar. Warna yang cerah dan menyegarkan seperti hijau, biru, atau merah akan cocok untuk memberikan kesan baru pada motor bebek.
  • Kedua, perhatikan juga pemilihan aksesoris yang sesuai dengan tujuan modifikasi. Aksesoris seperti lampu depan, handlebar, dan jok harus diganti dengan yang lebih modern dan estetis untuk memberikan kesan baru pada motor bebek. 

Pemilihan aksesoris yang modern akan membuat tampilan motor bebek terlihat lebih segar dan sporty.

Baca juga: 5 Contoh Modifikasi Yamaha Fazzio Terbaik

Modifikasi Ala Thailook

(teknik-otomotif)

Thailook adalah gaya modifikasi yang mengutamakan kesan minimalis dan sederhana. Berikut adalah beberapa cara untuk memodifikasi motor bebek menjadi thailook:

Ubah Ban

Ban yang digunakan dalam gaya thailook biasanya lebar dan memiliki profil rendah. Ini akan memberikan kesan sporty dan menambah kestabilan saat bermanuver.

Ubah Velg

Velg yang digunakan biasanya berukuran lebih besar daripada velg asli motor bebek, sehingga membuat motor terlihat lebih garang.

Ubah Knalpot

Knalpot yang digunakan biasanya berbentuk racing atau underbone, yang memberikan kesan sporty dan membuat suara mesin lebih keras.

Ubah Body

Beberapa modifikasi yang dapat dilakukan pada body adalah menambahkan sticker, mengubah warna. Menambahkan aksesoris seperti spakbor belakang dan stang jepit

Ubah Handle

Handle yang digunakan biasanya berukuran lebih besar daripada handle asli motor bebek, sehingga membuat tampilan lebih sporty.

Baca juga: 10 Ide Modifikasi Yamaha XSR 155

Modifikasi dengan Airbrush

(otomotifo)

Airbrush adalah teknik melukis dengan menyemprotkan cat melalui alat yang disebut airbrush. Pilih tema yang ingin diterapkan pada motor bebek. Tema yang populer adalah tema alam, seperti laut, hutan, atau gunung. 

Pins juga dapat memilih tema yang lebih kreatif, seperti karakter animasi atau gambar yang unik. Sebelum melakukan airbrush, bersihkan dahulu bagian yang akan dimodifikasi. 

Kemudian, gunakan masking tape untuk menutup bagian yang tidak ingin terkena jenis cat motor yang diaplikasikan. Setelah itu, mulailah melakukan airbrush dengan menyemprotkan cat pada bagian yang telah disiapkan.

Modifikasi motor bebek dengan airbrush memerlukan ketekunan dan kesabaran. Namun, hasil yang diperoleh akan sangat menarik dan membuat motor kamu terlihat unik dan menonjol dari yang lain. 

Baca juga: 10 Ide Konsep Modifikasi Yamaha Scorpio Z

Modifikasi Cafe Racer

(ridertua)

Cafe Racer adalah gaya modifikasi yang cukup populer di kalangan pecinta otomotif. Cafe racer dikenal dengan kesan minimalis dan sporty. Setidaknya ada dua contoh konsep cafe racer motor bebek yang harus kamu ketahui.

Konsep Vintage

Konsep ini mengutamakan tampilan vintage dengan warna coklat dan chrome. Modifikasi yang dilakukan pada motor bebek dengan konsep ini antara lain. Mengganti dengan yang berukuran lebih besar, menambah knalpot dengan bentuk underbone, dan menambahkan stang jepit.

Konsep Race

Konsep ini mengutamakan tampilan sporty dengan warna merah dan chrome. Modifikasi yang dilakukan pada motor bebek dengan konsep ini antara lain. Mengganti handle dengan yang berukuran lebih kecil, menambah knalpot dengan bentuk racing, dan menambahkan spakbor belakang.

Baca juga: Tips dan Contoh Modifikasi Beat Road Race Style

Modifikasi Supermoto

(moladin)

Supermoto adalah gaya modifikasi yang mengutamakan tampilan sporty dan agresif. Berikut adalah beberapa contoh modifikasi motor bebek Supermoto:

  • Penggantian velg, velg yang digunakan bisa berupa velg racing atau velg jari-jari.
  • Penambahan ban, ban yang digunakan bisa berupa ban ukuran 17 inci atau lebih.
  • Menambah knalpot, knalpot yang digunakan bisa berupa knalpot custom atau knalpot aftermarket.
  • Penambahan spakbor belakang, spakbor belakang yang digunakan bisa berupa spakbor belakang aftermarket.
  • Penambahan stang jepit, stang jepit yang digunakan bisa berupa stang jepit aftermarket.

Baca juga: Tips dan 5 Konsep Modifikasi Megapro New

Modifikasi Menjadi Street Fighter

(okezoneotomotif)

Street Fighter adalah gaya modifikasi yang cukup populer di kalangan pecinta otomotif. Street Fighter dikenal dengan kesan sporty dan agresif. 

Modifikasi yang dilakukan pada motor bebek dengan konsep ini antara lain, mengganti handle dengan yang berukuran lebih besar. Menambah knalpot dengan bentuk racing, dan menambahkan spakbor belakang.

Modifikasi pada motor bebek dengan konsep Street Fighter memerlukan modifikasi yang cukup besar dan biaya yang cukup tinggi. 

Namun, hasil yang diperoleh akan sangat menarik dan membuat motor Pins terlihat unik.

Baca juga: 10 Inspirasi Modifikasi Supra X 125 Agar Lebih Menawan

Modifikasi Choppy Cub

(suarakampus)

Modifikasi Chopper pada motor bebek atau yang dikenal dengan sebutan Choppy Cub. Chopper dikenal dengan tampilan yang unik, klasik dan memiliki ciri khas tinggi di bagian depan serta rendah di bagian belakang.

Modifikasi yang dilakukan pada motor bebek dengan konsep ini antara lain, mengganti ban depan dengan ukuran lebih kecil. Menambah knalpot dengan bentuk racing, menambahkan pelek depan yang lebih besar, dan menambahkan stang jepit. 

Jadi, itulah beberapa contoh modifikasi yang dapat Pins coba lakukan pada motor bebek yang kamu miliki. 

Baca juga: 10 Modifikasi Vario 110

Featured Image Source: kaskus


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.