Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik 15 Merk AC Terbaik yang Tahan Lama dan Low Watt
merk ac terbaik
Elektronik

15 Merk AC Terbaik yang Tahan Lama dan Low Watt

  • 29 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 8 menit membaca

AC berfungsi membuat ruangan menjadi lebih sejuk, terutama di musim panas. Sayangnya, tagihan listrik bisa membengkak mengingat unit AC mengonsumsi daya listrik yang tinggi. Untungya, ada beragam merk AC terbaik dan harganya dengan daya listrik rendah.

Dibandingkan merk abal-abal, beberapa merk di bawah ini sudah teruji dan memiliki kinerja yang baik untuk menyejukkan ruangan. Di samping itu, uhu udara rata-rata mencapai 20-40 derajat di dataran rendah sepanjang tahun.

Maka itu, instalasi AC sudah menjadi kebutuhan terutama di kawasan perkotaan. Daripada salah pilih dan jatuhnya boros listrik, yuk simak rekomendasi merk AC terbaik berikut ini.

Rekomendasi Merk AC Terbaik

AC Daikin

(Blibli)

Merk asal Thailand ini memiliki desain yang simpel dan elegan sehingga cocok untuk desain rumah minimalis. Unit AC berlabel Daikin dipasarkan dengan harga kompetitif di lebih dari 140 negara.

Fitur-fiturnya cukup beragam untuk menunjang kenyamanan tanpa membuat tagihan listrik jebol. Sebut saja fitur energy saving, comfortable airflow control, dan quiet operation.

Baca Juga: Pahami Fungsi Pipa Kecil dan Besar Pada AC yang Punya Peran Penting Ini

AC Sharp

(Blibli)

Merk asal Jepang ini telah lama beredar di Indonesia sehingga masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kualitasnya. Unit AC keluaran Sharp memiliki fitur andalan Jetstream G9 yang memungkinkan proses pendinginan udara lebih cepat dan merata.

Di samping itu, ada fitur 14 degree setting yang memungkinkan kamu mengatur suhu lebih rendah hingga 14 derajat. Perlu diketahui, pengaturan suhu AC terendah pada umumnya hanya mencapai 16 derajat.

Terlebih lagi, AC Sharp menggunakan ion plasmacluster yang membersihkan udara hingga 99,7% bebas kuman dan bakteri.

AC Panasonic

(Tokopedia)

Unit AC keluaran Panasonic telah dilengkapi fitur aLowa+ yang memungkinkan AC bekerja dengan konsumsi listrik rendah. Panasonic juga telah menyematkan teknologi pemurnian udara Nanoe-G.

Ditambah lagi, teknologi aerowings dengan design twin flap mampu mempercepat aliran udara. Sementara fitur iAuto mendinginkan suhu ruangan dengan cepat.

Tak hanya itu, AC keluaran Panasonic memiliki Evaporator U-Bend Coating yang mencegah risiko kebocoran pada evaporator. Selain itu ada pula, Advance E-ion purifying system bertujuan membersihkan udara dan Mild Dry Cooling yang menjaga kelembapan udara hingga 10%.

AC Gree

(Blibli)

Memiliki keunggulan EARTH (Elegan, Aman, Ramah Lingkungan, Tahan Lama, Hemat Listrik) AC Gree termasuk salah satu merk AC terbaik.

Gree telah melengkapi unit AC produksinya dengan teknologi yang memungkinkan AC beroperasi dengan pengaturan sebelumnya ketika menyala kembali setelah listrik padam.

Dengan freon R32 yang ramah lingkungan, merk ini memberikan perlindungan dari api, kebocoran, dan temperatur tinggi yang cukup maksimal.

Baca Juga: Ini Dia Kode Error AC Sharp dan Cara Memperbaikinya

AC LG

(Blibli)

Brand asal Korea Selatan ini memang terkenal dengan produk-produk elektronik rumah tangga, mulai dari televisi, kulkas, mesin cuci, hingga AC. Sebagai salah satu merk AC terbaik, LG menyematkan teknologi yang membersihkan udara dari debu dan kuman.

Fitur-fitur canggih yang bisa kamu harapkan dari AC LG antara lain teknologi dual inverter compressor, jet cool, low noise, goldfin, fast heating, jet dry, auto cleaning, dual protector filter, dan comfort sleep.

Pins juga bisa menikmati fitur watt control dan energy efficiency rating. Tidak heran bila AC LG menjadi rekomendasi pilihan untuk AC hemat energi yang bermutu tinggi.

AC Samsung

(Shopee)

Meski lebih populer dengan produk smartphone, Samsung juga memproduksi beragam alat elektronik rumah tangga, lho. Salah satunya adalah AC.

Tidak main-main, Samsung telah menyematkan teknologi yang memungkinkan pendinginan ruangan dengan cepat dan merata, tetapi hemat listrik karena konsumsi listriknya rendah.

Di samping itu, ada teknologi triple protector yang dapat melindungi unit AC serta mencegah terjadinya kelebihan muatan listrik pada kompresor dan kontroler.

AC AUX

(Blibli)

Mungkin kamu kurang familier dengan brand satu ini, tetapi AUX adalah salah satu merk AC terbaik. AUX telah dibekali dengan 3-in-1 filter yang mampu membasmi bakteri hingga 93,8 persen. Unitnya juga dilengkapi fitur pendinginan yang lebih cepat dan lebih efisien.

AC AUX juga dapat membantumu tidur lebih pulas dengan fitur deep sleep system menjaga suhu ruangan tetap terkontrol sepanjang malam.

Baca Juga: AC Dibagi 2 Ruangan? Efektifkah Cara Ini untuk Mendinginkan Ruangan?

AC Changhong

(Blibli)

Rekomendasi merk AC terbaik selanjutnya dipasarkan dengan harga lebih terjangkau dan ramah kantong. Meski begitu, unit AC Changhong punya kelebihan mampu mengeluarkan ion aktif yang dapat membantu mengurangi stres sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

Ditambah lagi, ada teknologi Turbo Jet Cool yang dapat membuat suhu turun lebih cepat serta lapisan double gold fin pada kondensor yang melindungi AC dari risiko berkarat dan bocor.

AC Haier

(Tokopedia)

Haier merupakan salah satu produksi China yang telah memperoleh penghargaan dan standardisasi internasional. Selain hemat energi, AC Haier menggunakan jenis freon yang ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon. AC ini sangat cocok untuk hunian kamu. Jika kamu masih bingung mencari rumah di Jakarta Selatan, kamu bisa melihat langsung di website Pinhome.

Terlebih lagi, ada fitur auto cleaning yang memungkinkan unit AC membersihkan komponen secara otomatis. Jadi, kegiatan membersihkan AC secara rutin sebagai bagian dari perawatan akan jadi lebih mudah.

AC Mitsubishi

(Blibli)

Mungkin kamu lebih mengenal brand Mitsubishi sebagai produsen otomotif. Namun, ternyata brand asal Jepang ini juga salah satu merk AC terbaik yang telah menggunakan freon ramah lingkungan jenis R410.Self clean operation system juga memungkinkan AC untuk melakukan pembersihan unit indoor secara otomatis.

Tentunya setiap unit dibuat dengan material berkualitas dan dilengkapi dengan teknologi andal. Sebut saja JetFlow Technology yang menghasilkan udara dingin secara cepat dan merata.

Baca Juga: 7 Merk AC China Terbaik Harga Murah

AC Denpoo

(Blibli)

Sudah tahu belum kalau Indonesia punya brand AC lokal? Ya, brand ini bernama Denpoo dan telah berdiri sejak 1990 di Pluit, Jakarta Utara. brand lokal ini kualitasnya tidak main-main dan telah teruji.

Selain low watt yang memungkinkan penggunaan AC hemat energi, setiap unit dilengkapi dengan anti-rust baik untuk unit indoor maupun outdoor sehingga mencegah risiko berkarat.

Ditambah lagi, AC Denpoo menggunakan eco-freendly refrigerant, carbon active fliter, serta gold fin protection, menjadikannya AC bermutu yang cocok jadi pilihan.

AC Midea

(Tokopedia)

Satu lagi rekomendasi brand AC asal Tiongkok, Midea telah beroperasi sejak 1968 di Guangdong. Brand ini menawarkan beberapa pilihan AC dengan model dan fitur yang variatif.

Salah satu teknologi yang tersemat adalah intelligent cool yang memungkinkan unit AC menyesuaikan kinerja dengan cuaca dan flash cooling untuk mendinginkan ruangan dengan cepat.

Aqua

(Shopee)

Brand asal Jepang ini juga merk AC yang bagus untuk dipertimbangkan dengan keunggulan low watt dan awet. Menggunakan AC Aqua di kota besar akan sangat membantu karena telah dilengkapi teknologi yang dapat mendinginkan ruangan dengan cepat.

AC Aqua juga tergolong awet berkat adanya perlindungan blue fin anti corrosion yang mencegah karat. Selain itu, pure copper digunakan pada evaporator dan condensor sehingga efektivitas pendinginan meningkat hingga 25%.

Baca Juga: Bolehkah AC Bocor Dinyalakan Terus? Simak Bahaya dan Resikonya!

Polytron

(Blibli)

Satu lagi merk AC terbaik buatan Indonesia, Polytron telah berdiri sejak tahun 1975. Wajar saja bila produk-produk buatan Polytron telah dikenal mutu dan keawetannya, tak terkecuali unit AC.

AC Polytron terkenal awet karena telah dilengkapi anti karat untuk komponen evaporator dan kondensor. Pada AC Polytron juga telah tersemat micro chip yang dapat mendeteksi tanda kerusakan sehingga kamu bisa mengambil tindakan segera.

Tidak hanya hemat energi berkat watt rendah, AC Polytron juga memiliki fitur-fitur canggih. Untuk memudahkan perawatan, ada fitur auto cleaning yang membersihkan evaporator secara otomatis pada indoor AC.

Fitur ini juga membuatmu jadi hemat biaya pencucian AC hingga 2x dalam setahun lho.

Akari

(Blibli)

Sebagian orang lebih memilih brand luar negeri dengan anggapan kualitasnya lebih bagus. Padahal, merek lokal juga bisa bersaing, seperti Akari yang telah beroperasi sejak 2002 di Sidoarjo, Jawa Timur.

Keunggulan yang tersemat pada AC Akari antara lain fitur Mulai Ulang Otomatis yang membuat AC mengingat pengaturan sebelumnya secara otomatis. Untuk proteksi, Akari menggunakan Gold Fin sebagai lapisan anti karat pada evaporator dan kondensor agar tidak mudah bocor.

Tak lupa, fitur 5 flows with 3d technology memungkinkan AC mendinginkan ruangan dengan cepat serta Mode Eco yang hemat energi listrik.

Sanken

(Sanken Electronic Indonesia)

Merk AC terbaik lain dengan harganya yang terjangkau adalah Sanken. Merk ini menawarkan fitur Vitamin C Filter, Germicidal Filter, Low Noise Cross Flow Fan, hingga Automatic Timer.

Jika ingin memiliki Sanken, Pins bisa merogoh kocek mulai dari Rp2.439.000 untuk varian AC 1/2 PK.

Hisense

(Hisense)

Dibandingkan AC lainnya, Hisense memberikan keuntungan berupa proses pendingan yang lebih cepat. Bahkan, Pins bisa mendapatkan tagihan listrikyang lebih hemat berkat teknologi low-watt nya.

Harga merk AC asal Jepang ini berkisar Rp.2.288.000-Rp. 5.498.000.

Daftar Merk AC Terbaik dan Harganya

Merk AC TerbaikKisaran Harga AC
DaikinRp3.250.000 – Rp 28.500.000
SharpRp4.950.000 – Rp6.000.000
PanasonicRp3.049.000 – Rp6.299.000
GreeRp2.539.000 – Rp8.319.000
LGRp3.600.000 – Rp5.100.000
SamsungRp2.550.000 – Rp9.569.000
AUXRp2.699.000 – Rp5.799.000
ChanghongRp2.479.000 – Rp5.299.000
HaierRp2.248.000 – Rp4.839.000
MitsubishiRp2.750.000 – Rp7.500.000
DenpooRp2.450.000 – Rp4.439.000
MideaRp2.399.000 – Rp7.489.000
AQUARp2.325.000 – Rp14.489.000
PolytronRp2.475.000 – Rp5.125.000
AkariRp2.650.000 – Rp4.250.000
SankenRp2.489.000 – Rp3.798.000
HisenseRp2.500.000 – Rp5.691.000

Itulah rekomendasi segudang merk AC terbaik yang hemat listrik dan teruji mutunya. Tidak hanya mengurangi konsumsi listrik, pilihan merk AC di atas juga awet berkat kualitas pabrikan serta fitur-fitur canggih yang tersemat di dalamnya.

Menentukan berbagai merek elektronik yang bagus seperti, lampu, AC, TV, dan kulkas tentu tidak mudah dan harus sesuai dengan kebutuhan.

Terlepas dari apapun merknya, jangan lewatkan untuk membersihkan AC kamu agar performanya tetap terjaga. Agar lebih aman, gunakan jasa cuci AC dari Pinhome Home Service yang bisa dipesan di aplikasi Pinhome. Klik di sini untuk coba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.