Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Yuk Ikuti Cara Poles Mobil yang Benar Sendiri di Rumah
cara poles mobil
Otomotif

Yuk Ikuti Cara Poles Mobil yang Benar Sendiri di Rumah

  • 19 May, 2022 oleh Nabila Azmi
  • 5 menit membaca

Merawat tampilan mobil seperti baru ternyata tidak membutuhkan alat-alat atau jasa toko yang mahal. Faktanya, Pins bisa kok mencoba cara poles mobil sendiri di rumah. 

Rutin memoles mobil bisa membantu mempertahankan kualitas cat. Ini juga berguna mengurangi bakteri dan lapisan oksidasi pada mobil yang lebih tua. Bahkan, memoles mobil dapat membantu menghilangkan baret pada permukaan cat.

Tanpa perlu pergi ke tempat poles mobil dan mengeluarkan biaya poles lebih, coba deh beberapa cara poles mobil yang benar di bawah ini!

Cara Poles Mobil Sendiri

Pins ternyata tidak memerlukan produk mahal untuk memoles mobil dan membuatnya tampak mengkilap. Ada deretan cara poles mobil yang bisa dilakukan sendiri. 

Anda tidak perlu produk mahal untuk memoles mobil Anda dan membuatnya mengkilap. Ada solusi yang sangat baik untuk cara membuat penggosok mobil alami di rumah Anda.

Siapkan bahan yang diperlukan

Mendapatkan tampilan mobil yang seperti baru memang tidak akan lepas dari bahan-bahan yang disiapkan, seperti: 

  • Sabun cuci tangan atau sabun batangan
  • Air
  • Beeswax (Lilin lebah)
  • Minyak jojoba
  • Parutan
  • Ketel
  • Mangkok atau wadah
  • Pengocok (Mixer)
  • Wadah plastik kedap udara

Buat ‘adonan’ polesan

Mengingat cara poles mobil yang satu ini cukup murah meriah dengan memanfaatkan bahan yang ada, Pins perlu membuat adonan khusus. Setelah menyiapkan bahan di atas, coba langkah-langkah di bawah ini. 

  1. Parut sabun tangan hingga mendapatkan serpihan yang banyak. 
  2. Campurkan dengan air dan biarkan semalaman sampai larut. 
  3. Lelehkan lilin dengan mencampurkan beeswax dengan minyak jojoba. Masak dalam ketel di atas api sedang. Angkat segera setelah beeswax meleleh. 
  4. Aduk larutan sabun bersama dengan lelehan beeswax dengan handmixer sampai berbentuk krim. Masukkan ke wadah tertutup terpisah. 

Baca Juga: 14 Merk Cat Mobil Terbaik, Agar Mobil Tampil Elegan

Parkir mobil di tempat teduh dan kosongkan isinya

Sebelum dipoles, Pins ternyata perlu mencuci mobil terlebih dulu. Jangan lupa untuk memarkirkan mobil di tempat yang teduh agar tidak merusak cat. 

Jangan lupa kosongkan isi mobil, seperti sampah atau barang penting, yang bisa mengganggu cara poles mobil kamu. 

Mulai memoles mobil

(Pexels)

Setelah bahan polesan dan mobil sudah siap, Pins sudah bisa nih mulai memolesnya. Nah, kamu tinggal memilih metode mana yang mau dipakai, dengan alat khusus atau tangan. Ini cara poles mobil yang benar. 

Cara poles mobil yang benar dengan tangan

Jika memutuskan memoles mobi dengan tangan, kamu akan memerlukan produk berkualitas tinggi. Begini langkah-langkahnya:

  • Aplikasikan campuran yang sudah dibuat di atas bantalan dan gosok permukaan dengan gerakan melingkar. 
  • Gosok hingga campuran tadi menjadi transparan. 
  • Ambil kain mikrofiber dan bersihkan seluruh permukaan mobil setelah lapisan pertama dipoles agar mobil mengkilap sempurna. 
  • Selalu baca petunjuk manual dan hindari menggunakan terlalu banyak ‘adonan’ poles tadi. 

Cara poles mobil sendiri dengan alat khusus

Bila cara poles mobil dengan tangan terasa merepotkan, cobalah membeli alat poles khusus. Namun, Pins perlu berhati-hati ketika memakai alat ini karena berisiko menimbulkan goresan pada cat mobil. Begini caranya. 

  • Pastikan bantalan busa terpasang ke alat. Oleskan semir mobil ke permukaan cat dan nyalakan alatnya. 
  • Pilih level 3 atau 4 dan gerakkan alat poles ke setiap bagian mobil agar mengkilap maksimal. 

Bagi memiliki alat poles dengan mesin ganda, kamu bisa mengoleskan cat mobil dan menghilangkan goresan ringan secara bersamaan. Mudah bukan memakai alat poles sendiri di rumah?

Baca Juga: 11 Compound Mobil yang Bagus atau Penghilang Goresan

Faktor yang Mempengaruhi Kilauan Mobil

(Pexels)

Cara poles mobil sendiri di rumah memang membantu. Namun, ada kalanya polesan tidak cukup menghadirkan mobil yang berkilau tampak seperti baru. Pasalnya, ada beragam faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Berikut faktor-faktornya. 

Kondisi cat

Umumnya, Pins tidak perlu mencemaskan kondisi cat dalam waktu dua tahun setelah membeli mobil. Pada masa-masa tersebut, permukaan cat mobil akan bebas dari oksidasi dan masih dalam kondisi yang baik, terutama jika dirawat dengan baik.

Bebas kontaminasi

Bila Pins menjumpai adanya noda minyak atau kontaminasi lainnya pada cat mobil, kilauan mobil mungkin tidak maksimal setelah dipoles. Untuk menghindari hal tersebut, selalu hilangkan kotoran yang menempel sesegera mungkin. 

Kotoran yang terlalu lama menempel di permukaan mobil justru akan lebih sulit untuk hilang meskipun sudah dicuci. 

Baca Juga: Kisaran Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Umum dan Resmi

Waxing

Waxing merupakan langkah akhir untuk mendapatkan kilau mobil yang ideal. Setelah dipoles, pemakaian wax akan menambah kedalaman dan kehangatan pada cat mobil Pins. 

Pada dasarnya menjaga mobil tetap bersih dan mengkilap akan memperpanjang masa pakainya. Ini juga membuat tampilan kendaraan lebih bersih dan memberikan kenyamanan bagi kamu ketika mengendarainya.  

Pins juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan mobil yang mengkilap dengan cara poles sendiri di rumah. Namun, metode ini membutuhkan kesabaran dengan campuran alami yang menekan budget perawatan. 

Selain dipoles, jangan lupa cuci mobil ketika diperlukan. Jika tidak punya waktu, Pins bisa memanggil jasa cuci mobil ke rumah dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. 

Rekan Jasa yang datang akan membantu mengembalikan tampilan mobil yang lebih bersih dan berkilau. Klik di sini untuk mencoba, ya!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.