Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Mudah! Ini 2 Cara Mudah Membuat Charger Aki Mobil Sederhana
cara membuat charger aki
Otomotif

Mudah! Ini 2 Cara Mudah Membuat Charger Aki Mobil Sederhana

  • 2 Apr, 2022 oleh Omri Christian
  • 6 menit membaca

Cara membuat charger aki ternyata cukup mudah. Asalkan kamu sudah menyiapkan komponen yang diperlukan, rangkaian sistem pengisian daya tidak rumit untuk dibuat.

Tahukah kamu, aki mobil adalah komponen yang mudah rusak justru ketika jarang dipakai? Kok bisa? Ini karena ketika mobil berjalan, aki mengisi daya secara otomatis. Sebaliknya, ketika mobil terdiam lama di garasi, aki menjadi kosong dalam jangka lama.

Oleh karena itu, pemilik mobil jadi harus mengisi daya secara berkala. Nah, membuat charger aki sendiri bisa jadi solusinya.

Kenapa Aki Mobil Bisa Aus?

(Freepik)

Mengisi daya aki adalah langkah paling mudah untuk mengembalikan kinerja aki. Fungsi aki itu sendiri yaitu sebagai sumber daya dalam kelistrikan mobil. Ketika aki tidak berfungsi, mobil tidak bisa menyala.

Penyebab aki soak ada dua, yaitu karena pemakaian yang sudah lama atau justru karena jarang dipakai. Kalau sudah begini, solusinya adalah mengisi daya aki dengan menggunakan charger.

Tentu saja pemilik mobil dapat mengisi daya aki di bengkel. Kamu juga bisa membeli charger aki di pusat perbelanjaan atau toko otomotif. Harganya pun beragam tergantung kualitas.

Solusi lain untuk aki soak adalah mengganti aki mobil dengan yang baru. Artinya, kamu perlu merogoh kocek lebih untuk membeli komponen ini.

Padahal, membeli aki baru tidak akan menyelesaikan masalah kalau penyebab aki soak adalah mobil jarang dipakai. Nah, daripada membeli aki baru, ada baiknya membuat charger aki sendiri. Selain lebih hemat, ini bisa jadi proyek pribadimu untuk mengisi waktu luang.

Baca juga:

Cara dan Prinsip Kerja Charger Aki

(Freepik)

Sebelum merakit charger aki mobil, kamu harus tahu prinsip kerja charger itu sendiri. Pada dasarnya, charger berfungsi sebagai power supply, yakni menjadi perantara yang mengalirkan tegangan listrik untuk mengisi daya.

Dalam kinerjanya, charger aki mengubah tegangan listrik AC menjadi DC kemudian mengalirkannya ke dalam aki. Dalam hal ini, arus listrik dari PLN berupa arus AC (Alternating Current) atau arus bolak-balik.

Maka, charger atau adaptor berfungsi untuk mengubah arus listrik PLN menjadi arus DC (Direct Current) agar bisa tersimpan di dalam aki.

Agar pengisian daya berjalan dengan efisien dan aman, tegangan listrik harus stabil antara 12-15 volt dengan kemampuan pengisian 5 Ampere.

Semakin besar Ampere-nya, semakin cepat waktu pengisian yang diperlukan. Namun, ada faktor keamanan yang perlu dipertimbangkan di sini.

Maka dari itu, di dalam charger terdapat trafo yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik PLN sesuai kebutuhan. Kemudian, untuk mengubah arus AC menjadi DC diperlukan komponen bernama dioda.

Itulah penjelasan prinsip kerja charger atau power supply secara sederhana. Jika sudah memahami prinsip kerja ini, kamu bisa membuat rangkaian charger aki dengan mudah.

Cara Membuat Aki Charger Mobil

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat charger aki mobil yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Siapkan Peralatan untuk Membuat Charger Aki Mobil

cara membuat charger aki
(Youtube)

Setelah memahami prinsip kerja power supply, selanjutnya adalah mempersiapkan alat dan diperlukan. Alat-alat  ini bisa kamu dapatkan di toko elektronik, tetapi pastikan membeli alat yang tepat dengan memperhatikan spesifikasi yang dibutuhkan.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan dalam cara membuat charger aki sederhana adalah sebagai berikut:

Trafo

Seperti yang disebutkan sebelumnya, trafo merupakan komponen utama dalam sistem charger aki. Fungsinya yaitu untuk menurunkan tegangan listrik PLN sehingga aman untuk mengisi daya aki.

Makin tinggi kapasitas trafo, makin banyak lilitan kawat yang dibutuhkan. Jadi, kalau kamu membeli trafo berkapasitas 24-25 volt, harganya akan makin mahal.

Perlu diketahui, tegangan listrik PLN adalah sebesar 220 volt, sedangkan kapasitas tegangan yang dibutuhkan untuk mengisi daya aki hanya 12-15 volt saja.

Perlu diperhatikan, tegangan charger sebaiknya lebih tinggi dari tegangan aki agar proses pengisian berjalan secara efisien. Misalnya, tegangan aki 12 volt, maka gunakan tegangan di atas 12 volt untuk charger.

Saat membeli komponen ini di toko elektronik, carilah trafo jenis Center Tap (CT). Kamu juga bisa menambahkan rangkaian cut-off otomatis, tetapi jangan sampai mengganggu kelancaran arus listrik yang keluar-masuk trafo.

Baca juga: 5 Ciri Alternator Mobil Beserta Fungsinya

Dioda

Seperti disebutkan sebelumnya, rectifer atau dioda adalah komponen kecil yang bertugas mengubah arus bolak balik (AC) menjadi arus searah (DC). Arus searah inilah yang kemudian bisa mengalir ke dalam aki.

Kapasitas ampere dioda yang ideal adalah dua kali lipat dari kapasitas trafo. Hal ini bertujuan agar charger aman dipakai dan tahan lama. Hindari membeli dioda dengan ampere yang sama dengan trafo karena bisa berbahaya.

Untuk kebutuhan membuat charger aki, kamu bisa menggunakan dioda kiprox atau dioda kotak.

Ampere Meter

Komponen yang satu ini juga amat penting dalam cara membuat charger aki. Kegunaan ampere meter adalah untuk mengukur seberapa besar arus listrik yang dialirkan oleh charger aki yang kamu buat.

Dengan begitu, kamu bisa memantau apakah kinerjanya sudah sesuai yang diharapkan.

Lampu LED

Kegunaan lampu LED adalah sebagai penanda untuk mengetahui bahwa rangkaian yang kamu buat benar-benar bekerja. Jika LED menyala, artinya ada aliran listrik yang melewati rangkaian tersebut.

Sebaliknya, saat lampu LED mati, artinya ada yang tidak beres dengan rangkaian charger aki. Jadi, kamu bisa segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Sakelar

Komponen ini berfungsi untuk mengatur kapan charger bekerja dan kapan mati dengan cara memutuskan hubungan power supply dengan listrik PLN. Kamu bisa memasang sistem otomatis ini yang akan terputus (cut-off) dengan sendirinya ketika aki sudah penuh.

Di samping itu, kamu juga bisa menambahkan sakelar tambahan untuk memilih tegangan untuk dialirkan ke aki.

Buat Rangkaian Charger Aki Mobil

cara membuat charger aki
(bendebesah)

Setelah membeli semua alat yang dibutuhkan, selanjutnya adalah merangkai alat-alat tadi sesuai gambar di atas. Cara merangkai charger aki mobil sendiri tidaklah sulit. Mulailah dengan menghubungkan trafo dengan dioda.

Pada dioda ini terdapat sumbu kutub positif (+) dan kutub negatif (-) yang nantinya akan dihubungkan ke aki mobil saat proses pengisian daya.

Nah, itulah langkah-langkah cara membuat charger aki. Tidak serumit yang dibayangkan, kan? Pastikan menggunakan peralatan yang aman dan perlindungan memadai saat merangkainya, ya! Selamat berkarya!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

 Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.