Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Badan Agar Tetap Sehat?

Kesehatan

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Badan Agar Tetap Sehat?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Menjaga kebersihan badan adalah wajib hukumnya. Terlebih di masa-masa seperti ini dimana kebersihan diri menjadi krusial sebagai salah satu perilaku hidup bersih dan sehat. Proses membersihkan badan dimulai dari mandi, cuci tangan, sikat gigi, dan lainnya. Namun, bagaimana cara menjaga kebersihan badan yang tepat? Mengapa kita harus menjaga kebersihan badan? Kali ini, Pinhome akan memberikan tips dan triknya menjaga kebersihan badan secara tepat.

Pinhome – Di dalam ajaran agama dan juga saran dari para ahli kesehatan menyebutkan bahwa menjaga kebersihan badan adalah upaya untuk menjaga kesehatan. Hal ini lantaran di sekeliling kita terdapat banyak virus dan bakteri yang berterbangan. Dengan menjaga kebersihan badan, maka daya tahan tubuh kita pun akan terjaga. Bakteri serta virus yang mungkin menempel dalam tubuh akan mati. Selain itu dengan membersihkan badan, Anda akan terhindar dari rasa kantuk berlebih dan penyakit menular.

Baca Juga: Hunian Nyaman 101: Air Bersih Dari Virus Dan Bakteri Di Masa Pandemi

Mengapa Menjaga Kebersihan Badan Itu Penting?

(Tribun Bali)

Alasan krusial kenapa kita harus menjaga kebersihan badan adalah demi kesehatan. Dengan menjaga kebersihan badan adalah cara terbaik agar kondisi tubuh tetap sehat dan mengurangi risiko penularan penyakit. Penyebaran penyakit yang paling mudah adalah dengan  cara kontak langsung (sentuhan kulit dengan orang yang sakit) atau kontak tidak langsung (menyentuh suatu benda yang dipegang oleh orang yang sakit).

Baca Juga: Cara Jaga Karpet Rumah Tetap Bersih Dan Wangi

Oleh karena itu, sebenarnya menjaga kebersihan pribadi akan turut juga membantu melindungi orang lain. Semakin masing-masing individu sadar untuk menjaga kebersihan diri, maka menekan penyebaran penyakit. Dari sini dapat disimpulkan, bahwa menjaga kebersihan badan perlu dilakukan atas 3 alasan :

  • Alasan sosial, menjaga diri dan lingkungan.
  • Alasan kesehatan, menekan penyebaran penyakit.
  • Alasan psikologis, akan meningkatkan percaya diri.

Cara Menjaga Kebersihan badan

Setiap-setiap individu pasti memiliki aktivitas yang berbeda-beda.Kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara menjaga kebersihan badan secara umum.

Baca Juga: Pinhome Home Service Kini Ada Di GoService

 Selalu Cuci Tangan Dengan Sabun

(SMP Saraswati 1 Denpasar)

Tangan adalah tempat yang sering menyentuh berbagai tempat dan bagian dari tubuh kita. Mulai dari barang, dan tanpa sadar, kita juga sering memegang bagian tubuh kita tanpa mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Saat yang tepat untuk mencuci tangan adalah :

  • Selesai dari toilet.
  • Sebelum dan sesudah makan.
  • Sebelum memasak atau menyiapkan makanan.
  • Setelah memegang hewan.
  • Setelah bertemu dengan seseorang.

Gunakan sabun ketika kita melakukan cuci tangan. Mengapa? Sabun akan efektif membunuh bakteri yang ada di tangan. Jika tidak ada air dan sabun, bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk membersihkan tangan.

 Sikat Gigi Pagi dan Malam

(Suara.com)

Pins, siapa yang menyikat gigi pada pagi hari saja? Yuk, ubah kebiasaan tersebut. Dengan menyikat gigi minimal 2x sehari, pagi dan malam, maka akan mencegah terjadinya bau mulut, plak pada gigi, dan infeksi pada gigi lainnya. 

Di pagi hari, kita akan mengalami bau mulut. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya produksi air liur saat kita tidur. Dan di malam hari, produksi air liur berkurang dan bakteri perusak gigi lebih aktif pada malam hari.

Selain itu, gunakan sikat gigi yang lembut. Jangan lupa, ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, dan pilihlah pasta gigi yang tepat.

 Jaga Kebersihan Kuku

bagaimana cara menjaga kebersihan badan
(UMMA)

Pernahkah pins memperhatikan kuku? Jangan sampai warna kukunya menjadi hitam. Kenapa? Ketika kuku menjadi hitam, maka bakteri akan berkumpul di dalam kuku tersebut, menyebabkan infeksi penyakit. Bagaimana caranya menjaga kebersihan kuku?

  • Potong kuku jika sudah panjang. 
  • Tidak berbagi pemotong kuku, agar tidak menularkan beberapa penyakit misalnya jamur kuku, hepatitis B, hepatitis C, dll.
  • Tidak menggigit atau merobek kuku.
  • Jika ingin memelihara kuku panjang, bersihkan kuku dengan air, sabun, dan sikat kuku untuk menggosok bagian bawah kuku saat mencuci tangan.

 Jaga Kebersihan Kaki

bagaimana cara menjaga kebersihan badan
(Lifestyle Okezone)

Pins sering beraktifitas menggunakan sepatu dan kaus kaki? Demi kebersihan badan, jangan gunakan selama berhari-hari. Karena akan membantu bakteri berkembang, sehingga akan menimbulkan bau tak sedap. 

Jaga Kebersihan Organ Reproduksi

bagaimana cara menjaga kebersihan badan
(Lifestyle Bisnis.com)

Sering dilupakan orang, kebersihan reproduksi ternyata tidak kalah penting. Khusus area intim, hindari menggunakan sabun untuk membersihkannya. Kenapa? Sabun berpotensi menimbulkan iritasi karena kulit area intim sangatlah sensitif, dibandingkan dengan area lain. Jika Anda memilih untuk menggunakan sabun, gunakanlah sabun khusus yang ada di pasaran. Sabun khusus organ intim memiliki pH berbeda sehingga tidak menimbulkan iritasi.

Perhatikan Kebersihan Pakaian

bagaimana cara menjaga kebersihan badan
(okezone lifestyle)

Selain menjaga kebersihan badan, kebersihan pakaian pun wajib diperhatikan. Gunakan deterjen ketika mencuci baju. Selain itu, jemur baju yang sudah dicuci dibawah sinar matahari hingga kering. Kenapa? Berdasarkan penelitian, menjemur baju dibawah sinar matahari, akan membunuh beberapa kuman penyakit yang menyebabkan infeksi.

Perhatikan kebersihan rumah

(dekoruma)

Rumah adalah tempat yang sering kita menghabiskan waktu. Bisa dibilang, sekitar 8 jam kita akan berada di rumah. Dengan rumah yang bersih, debu dan kuman tidak akan mudah berkumpul.

Perhatikan juga terhadap permukaan benda-benda dirumah yang sering dipegang secara langsung. Contohnya adalah gagang pintu, meja, kursi, saklar, remote, atau mainan anak. Ganti sprei dan sarung bantal setiap seminggu sekali.

Nah, Pins, setelah kamu mengetahui tentang hal ini, jangan lupakan hal yang penting, yaitu mandi setiap hari hari, setelah beraktivitas, terutama di daerah tropis seperti di Indonesia.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel