Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Ketahuilah Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Ketahuilah Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Lingkungan adalah  hal yang harus kita jaga bersama. Karena dengan menjaga lingkungan, kita juga membuat lingkungan menjadi sehat. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat tentu akan membawa manfaat bagi orang yang tinggal di dalamnya. Sayangnya saat ini banyak orang yang tidak peduli dengan kondisi lingkungan. Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sebenarnya sangat mudah Pins. Anda hanya harus rutin dan disiplin bersih-bersih, dan semua akan terasa mudah.

Pinhome – Selain membuat lingkungan tampak kotor dan kumuh, lingkungan yang tidak dijaga juga rentan menimbulkan wabah penyakit. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi penghuni yang tinggal di lingkungan tersebut. Nah, bagi Pins yang ingin tahu bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan benar, simak ulasan di bawah ini ya!

Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Tanpa Pembantu

Fungsi Lingkungan Bagi Kehidupan Manusia

(Citra Grand Palembang)

Menurut Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan sendiri terbagi menjadi 3 unsur, yaitu :

Unsur Hayati (biotik)

yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari segala jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, organisme hingga jasad renik.

Baca Juga: Langkah Penting Membersihkan Dan Merapikan Rumah

Unsur Fisik (abiotik)

yaitu unsur lingkungan yang terdiri dari benda mati seperti air, udara, tanah dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Tempat Paling Sering Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah

Unsur Sosial Budaya

yaitu unsur lingkungan yang diciptakan manusia yang di dalamnya memiliki gagasan, nilai, norma, keyakinan dan perilaku manusia sebagai makhluk sosial.

Ketiga unsur di atas saling berkaitan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Misalnya unsur biotik yang tidak dapat hidup tanpa unsur abiotik, serta unsur biotik yang hidup dengan unsur sosial budaya.

Lingkungan sendiri memiliki beberapa fungsi bagi manusia, yaitu sebagai tempat untuk bertahan hidup, bersosialisasi, mendapatkan hiburan, sumber kebudayaan dan tempat mencari kekayaan atau harta.

Sebagai tempat bertahan hidup, lingkungan perlu dijaga agar tetap bersih dan sehat sehingga penghuninya juga aman dari berbagai bahaya dan penyakit. Tidak heran, cara menjaga kesehatan lingkungan penting untuk diketahui. Berikut ini cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang perlu Anda ketahui.

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

(Kompas)

Berikut ini penjelasan tentang bagaimana menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang bisa Anda terapkan di rumah!

Bersihkan Sampah Secara Rutin

Hal mudah pertama yang dapat Anda lakukan ketika kebingungan bagaimana cara menjaga kesehatan lingkungan adalah membersihkan sampah di lingkungan sekitar. Pastikan tidak ada sampah yang berserakan di lingkungan. Selain itu Pins juga perlu memastikan bahwa tidak ada sampah yang tertimbun. Usahakan untuk tidak menimbun sampah atau membakar sampah di sekitar lingkungan. Hal ini dapat berdampak buruk pada kebersihan sanitasi lingkungan dan bagi kualitas udara di lingkungan sekitar Anda. Pins dapat membersihkan sampah dengan menimbunnya ke dalam tanah agar menjadi pupuk kompos atau membayar jasa angkut sampah.

Membuat dan Menjaga Saluran Air

Saat ini banyak sekali orang yang tidak peduli dengan saluran air. Bahkan banyak orang yang menutup saluran air untuk dijadikan jalan. Padahal saluran air memiliki fungsi penting untuk membuat lingkungan tetap terjaga lho! Dengan adanya saluran air, tentu air buangan dapat mengalir dengan mudah ke sungai-sungai. Jika tidak ada saluran air, tentu air buangan tidak memiliki tempat pembuangan dan justru dapat mencemari lingkungan. Jika di lingkungan Anda sudah terdapat saluran air, pastikan Anda membersihkan saluran air secara rutin untuk mencegah terjadinya penyumbatan dan pendangkalan saluran air yang bisa berakibat banjir.

Menanam Tanaman

Cara menjaga kesehatan lingkungan lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menanam tanaman. Ya. menanam tanaman bisa menjadi solusi untuk mengurangi polusi dan menciptakan lingkungan dengan kualitas penyerapan yang baik. Selain dapat membantu mencegah banjir, dengan menanam tanaman Anda juga membantu memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar. Hal ini karena tanaman dapat memproduksi oksigen yang mana sangat baik bagi manusia.

Daur Ulang Sampah

Solusi selanjutnya bagi Pins yang kebingungan bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan mendaur ulang sampah. Ya, dengan mendaur ulang sampah, akan banyak sekali barang-barang yang tadinya hanya dianggap sampah dan mencemari lingkungan justru dapat dimanfaatkan kembali. Misalnya saja botol plastik yang dapat didaur ulang sebagai pot tanaman hias. Meski terlihat kecil, manfaat daur ulang cukup besar lho bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan,

Memperluas Area Resapan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini area resapan semakin sedikit jumlahnya. Padahal dengan adanya area resapan, air hujan dapat langsung terserap ke dalam tanah dan membantu mencegah terjadinya banjir. Nah cara menjaga kesehatan lingkungan ini cukup efektif jika konsisten dilakukan. Selain itu, Pins juga perlu menanam pohon agar lingkungan memiliki area hijau yang dapat membuat lingkungan semakin asri dan sejuk. 

Itulah informasi tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan. Dengan menjaga kesehatan lingkungan, Anda sudah ikut menjaga kesehatan lingkungan yang tentunya berdampak juga lho bagi kesehatan Anda dan keluarga. Yuk mulai jaga kebersihan lingkungan agar hidup lebih sehat.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel