BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Ide Dan Desain Kreatif Untuk Tata Ruang Kantor Terbuka
0
0

5 Ide Dan Desain Kreatif Untuk Tata Ruang Kantor Terbuka

Dipublikasikan oleh Mustika Mustika dan Diperbarui oleh Mustika

Mei 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tata ruang kantor terbuka masih banyak diterapkan di beberapa perusahaan atau perkantoran karena beberapa hal. Salah satunya adalah agar bonding setiap staf kantor lebih dekat.

Jika masih ada yang belum tahu apa itu desain ruang kantor terbuka, jawabannya simple saja yaitu sebuah ruang yang tidak tertutup sekat permanen. Ruang kantor terbuka biasanya akan tetap menjaga privasi, kok, hanya saja tidak tertutup oleh tembok.

Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka

Source : ArchDaily

Faktanya sebuah kantor memiliki banyak sekali pilihan untuk desain tata ruang kantornya, entah itu terbuka maupun tertutup. Semua kembali pada tujuan utamanya yaitu menciptakan kenyamanan sehingga para staf dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

Namun, tata ruang kantor yang terbuka memiliki kelebihan tersendiri, di antaranya:

Mengurangi kesenjangan

Tata ruang kantor dengan konsep open space biasanya menempatkan sejumlah karyawan di satu ruang yang sama. Ruangan ini bisa saja dilengkapi dengan meja kerja besar untuk dipakai bersama, ataupun meja-meja kecil dengan partisi.

Apa pun desain yang dipilih, tata ruang kantor open space memberikan fasilitas yang seragam kepada semua pekerja. Dengan demikian, kesenjangan hierarki di kantor bisa diminimalkan.

Meningkatkan sinergi antar-staf

Tata ruang kantor dengan konsep open space juga dapat meningkatkan sinergi antar-staf. Mereka yang sedang mengerjakan proyek yang sama bisa lebih mudah berkolaborasi meskipun dari divisi yang berbeda.

Menjadikan karyawan mudah bergaul dan bertukar pikiran

Biasanya kesempatan sosialisasi di kantor hanya di jam makan siang dan event tertentu. Namun, tidak demikian di ruang kantor dengan konsep open space.

Tidak adanya tembok yang menghalangi, memungkinkan karyawan berkomunikasi kapan saja dengan lebih mudah. Alhasil, proses bertukar pikiran pun jadi lebih efisien.

Ilusi visual kantor tampak lebih luas

Yang tak kalah penting, tata ruang kantor dengan konsep open space menciptakan kesan visual yang tampak luas. Alhasil, meski gedung kantor tidak begitu besar, tersedia ruangan yang memadai untuk banyak karyawan. Di samping itu, ruangan pun terlihat lapang dan jauh dari kesan sumpek.

5 Ide Desain Tata Ruang Kantor Terbuka

Sedang mencari ide tata ruang kantor dengan konsep open space? Berikut terdapat 5 pilihan desain yang bisa kamu terapkan:

Desain Terbuka Segar dan Hijau

Source : Pinterest

Siapa yang tidak suka dengan sesuatu yang menyegarkan? Tata ruang kantor dengan memasukkan sesuatu yang hijau seperti tanaman pasti akan membuat kantor lebih hidup dan tampak segar.

Faktanya, warna hijau identik dengan kesejukan dan juga menghadirkan perasaan relaks. Dengan tata ruang yang seperti ini, tentu para staf akan bekerja dengan nyaman.

Tidak hanya itu, adanya tanaman hijau juga dapat membantu menyaring racun yang ada di udara. Meski bekerja di ruangan ber-AC, bakteri dan racun masih bisa terbawa masuk ke dalam ruangan, lho. Misalnya saja melalui partikel yang menempel di pakaian dan sepatu. Nah, adanya tanaman hijau dapat membantu menyerap zat toksin ini.

Bagaimana? Tertarik memanfaatkan tanaman hijau untuk desain tata ruang kantor terbuka?

Desain Terbuka Minimalis

Source : Pinterest

Konsep tata ruang minimalis selalu identik dengan sesuatu yang estetik dan mengedepankan manfaat. Karenanya, segala sesuatu yang sifatnya hanya dekoratif pun diminimalkan.

Berbicara mengenai desain kantor terbuka minimalis, kamu tidak perlu banyak menambah furnitur untuk ruangan kerja. Cukup meja dan kursi yang nyaman agar para pekerja dapat bekerja dengan produktif.

Tata ruang kantor dengan konsep open space dengan desain minimalis ini cocok untuk kultur kerja yang dinamis.

Desain Cozy yang Modern

Source : Pinterest

Tata ruang kantor dengan konsep open space ini merupakan desain yang paling terlihat generasi muda banget. Ciptakan ruang kerja yang serius, produktif, tapi juga asyik dengan desain cozy ini.

Alih-alih meja dan kursi kerja, gunakan sofa yang nyaman dan kekinian. Konsep semacam ini cocok untuk kantor yang bergerak di industri kreatif.

Kalaupun perlu menggunakan komputer, biasanya para pekerja memiliki laptop masing-masing sehingga mereka bisa bekerja di mana saja.

Desain Terbuka dengan Setengah Partisi

Source : Pinterest

Beberapa orang tidak menyukai tata ruang terbuka karena terlalu memiliki keterbukaan privasi dan menyebabkan kinerja menjadi kurang nyaman. Namun, beberapa orang justru sebaliknya. Maka dari itulah, desain ini diciptakan karena pas untuk kamu yang suka ruangan terbuka tapi menghadirkan privasi.

Biasanya desain ini menggunakan kaca buram semi transparan. Karyawan lain yang lewat akan tetap terlihat, hanya tidak jelas karena blur. Dengan demikian, kesan ruangan yang luas dan terang tetap ada, dan privasi pun tetap terjaga.

Tata ruang kantor dengan konsep open space yang satu ini cocok bagi kamu yang menginginkan satu ruangan dengan satu tim. Pembagian wilayah sesuai divisi ini bertujuan menciptakan area kerja yang lebih profesional, produktif dan maksimal.

Dengan begitu, satu tim yang sedang mengerjakan proyek yang sama dapat berkomunikasi dengan mudah. Proses kerja pun jadi lebih lancar karena terhindar dari distraksi lain.

Desain Ruang Terbuka Terhubung dengan Loker

Source : Pinterest

Desain ini bisa dibilang unik dan cocok untuk kamu yang memiliki fasilitas loker di kantor. Nah, meletakkan loker yang berdampingan dengan ruang kerja bisa mengefisienkan waktu jika ingin mengambil sesuatu yang tertinggal di loker. Para staf tidak akan meninggalkan ruang kerjanya terlalu lama untuk mengambil atau memasukkan barang.

Baca juga: Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Itulah beberapa desain tata ruang kantor terbuka yang bisa kamu jadikan referensi. Dengan tata ruang yang apik, kantor sudah bukan menjadi tempat yang kaku dan membuat banyak pekerjanya merasa penat. Justru, tata ruang kantor yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas kerja dan kesehatan mental para karyawan. Semoga membantu, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download