BlogLifestyleTeknologiCara Setting APN XL untuk Android dan iOS
0
0

Cara Setting APN XL untuk Android dan iOS

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 10, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Lengkap Setting APN XL untuk Android dan iOStop-right-banner

Layanan internet XL Axiata terkadang mengalami kondisi kualitas jaringan kurang stabil sehingga mengganggu aktivitas digital sehari-hari. Demi mengatasi masalah tersebut, Pins bisa melakukan setting APN XL untuk mendapatkan jaringan internet yang cepat dan stabil.

Access Point Names atau APN merupakan sistem yang menghubungkan internet antara smartphone dengan internet publik. Oleh karenanya, mengatur APN seperti pada operator XL Axiata sangat penting supaya kualitas jaringan internet di ponsel menjadi lebih baik.

Kamu bisa menerapkan cara setting APN XL ini di Android maupun iPhone. Lantas, bagaimana cara setting APN XL? Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Dijamin Berhasil! Cara Memasukkan Voucher XL Anti Gagal!

Cara Mengatur APN XL untuk Android

Cara Setting APN XL untuk Android dan iOS
Source : Grid.ID

Mengatur APN XL bisa kamu lakukan di smartphone Android. Cara mengaturnya tidak terlalu sulit dan prosesnya tidak memakan waktu lama. Walaupun begitu, kamu harus mengikuti langkah-langkah pengaturan APN XL untuk Android dengan baik agar pengaturan berhasil dilakukan.

  1. Silakan membuka menu “Pengaturan” atau “Setting” pada ponsel Android.
  2. Selanjutnya di menu “Pengaturan”, pilih menu “Mobile Network” yang letaknya berada di bagian atas.
  3. Di “Mobile Network”, pilih menu “SIM” dan pilih kartu SIM untuk provider XL Axiata. Perlu diketahui bahwa menempatkan kartu SIM XL di tempat SIM 1 atau SIM 2 tidak jadi masalah dalam proses pengaturan APN XL.
  4. Langkah berikutnya adalah pilih menu Access Point Name atau APN. Di tahap ini kamu akan langsung masuk ke setting standar APN XL. Dimohon untuk tidak mengubah menu APN standar XL Axiata milikmu.
  5. Nantinya kamu akan diminta untuk lanjut ke tahap menambah setting APN. Caranya, klik simbol “+” atau “New APN” atau “Add APN” yang terletak di pojok kanan atas menu.
  6. Setelah itu kamu akan diarahkan ke kotak dialog pengaturan APN dan isi kotak tersebut sesuai menu APN yang dibutuhkan.
  7. Pilih rekomendasi setting APN yang akan kami dijelaskan di bagian selanjutnya. Nanti silakan masukkan kode-kode setting APN di kolom yang tersedia dan klik “Simpan”.
  8. Setelah disimpan, kamu bisa mengaktifkan setting APN sesuai dengan kebutuhanmu.

Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah tersebut secara sistematis. Sebaiknya kamu menyalin informasi di aplikasi buku catatan atau notes pada smartphone agar bisa dibaca saat ingin melakukan setting APN. Tujuannya agar proses pengaturan bisa berjalan tertib dan lancar.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa XL ke Telkomsel dan Syaratnya!

Cara Setting APN XL untuk iPhone

cara setting apn xl
Source : Ejurnal.id

Pengguna iOS atau iPhone juga bisa melakukan setting APN provider XL Axiata. Dengan melakukan setting APN, kamu bisa membuat jaringan XL menjadi lebih stabil sehingga komunikasi semakin lancar. Berikut ini langkah-langkah setting APN operator XL di iPhone:

  1. Langkah pertama adalah buka menu “Pengaturan” atau “Setting” yang berada di iPhone.
  2. Selanjutnya silakan pilih menu “Cellular” yang berada di menu “Pengaturan” perangkat iPhone.
  3. Di menu “Cellular” akan muncul menu lanjutan yakni “Cellular Data Network” dan di menu tersebut, kamu harus memilih menu APN.
  4. Sama seperti pengaturan di Android, isi kolom kosong di APN dengan berbagai pilihan setting APN. Misalnya kamu bisa memilih pengaturan standar APN XL untuk mendapatkan jaringan internet yang stabil.
  5. Langkah terakhir, klik “Save” dan aktifkan pengaturan APN tersebut. Tunggu beberapa saat sampai APN benar-benar bekerja di iPhone.

Ikuti semua langkah-langkah tersebut dengan cermat dan sistematis. Tujuannya agar tidak mengalami kegagalan saat mengatur APN XL di iPhone. Selain itu, pastikan isi kolom pilihan setting APN dengan baik supaya pengaturan APN XL bisa berjalan lancar.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa XL ke Telkomsel dan Syaratnya!

Daftar APN XL Tercepat dan Stabil

Untuk operator XL sendiri, ada beberapa jenis APN yang berbeda, berikut ini kumpulan daftar APN XL tercepat dan stabil yang bisa kamu pilih.

APN Standar XL

Source : HalamanTutor

APN Standar XL bisa menjadi pilihan untukmu jika ingin mendapatkan jaringan internet yang stabil. APN XL bisa dikatakan sebagai setting APN terbaik, karena mampu memberikan koneksi internet yang stabil di berbagai wilayah di Indonesia.

Setting APN Standar XL merupakan mode pengaturan yang cocok bagi Pins yang sering beraktivitas seperti bekerja atau liburan di berbagai wilayah di Indonesia. Koneksi internet XL akan tetap stabil walaupun kamu sering berpindah-pindah tempat. Berikut ini kode setting standar XL:

  • Nama: XL 4G
  • Mode APN: www.xl4g.net
  • Nomor Proxy: 202.152.240.50
  • Nomor Port: 80
  • Username: –
  • Kata Sandi atau Password: –
  • Alamat Server: –

Silakan isi kode tersebut di kolom yang terdapat di menu APN XL Axiata. Dalam proses pengaktifan mode dimohon tidak perlu mengubah kode-kode lain pada kolom APN, kecuali kode yang tertulis di paragraf atas sebelumnya.

Baca juga: Pulsa Darurat XL – Cara Pinjam Pulsa XL

APN Unlimited XL

Rekomendasi selanjutnya yaitu APN Unlimited XL. Setting APN XL ini bisa menjadi solusi bagi pelanggan paket unlimited XL Axiata. Dengan menggunakan setting APN Unlimited, maka kecepatan internet akan meningkat dan cenderung stabil.

Peningkatan kecepatan internet dari setting APN XL dapat diakses untuk memenuhi kebutuhan internet sehari-hari seperti bekerja atau belajar. Berikut ini kode setting APN Unlimited XL yang bisa diaktifkan:

  • Nama Setting APN: XL Unlimited
  • Mode APN: xlunlimited
  • Nomor Proxy: 202.152.240.50
  • Nomor Port: 80/8080/3128
  • Username: –
  • Kata Sandi atau Password : –

Pastikan kamu mengisi kode-kode tersebut di kolom yang tersedia. Periksa kembali posisi peletakan kode sebelum akhirnya disimpan dan diaktifkan, supaya setting APN layanan XL bisa berjalan dengan baik di ponselmu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kuota Gratis XL

APN XL 3G

Source : Teknodua

Pengaturan APN XL juga berlaku untuk meningkatkan kecepatan jaringan 3G. Opsi ini cocok bagi kamu yang sering berpetualang di alam bebas yang terkadang sulit mendapatkan jaringan 4G, dan hanya sering mendapatkan jaringan 3G. 

Pengaturan APN XL 3G tidak jauh berbeda dengan pengaturan jenis jaringan yang lain. Bagi yang ingin mengaktifkan APN jenis ini berikut kode pengaturan APN XL 3G:

  • Nama Setting APN: XL 3G
  • Mode APN: xlunlimited
  • Nomor Proxy: 202.152.240.50
  • Nomor Port: 8080
  • Alamat Server: 8.8.8.8

Mengaktifkan setting APN jaringan 3G XL harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Pins harus menempatkan kode-kode tersebut di kolom yang tepat, supaya pengaturan bisa berjalan di ponsel Android atau iOS.

Baca juga: Cara Pinjam Pulsa XL

APN XL Alternatif

Mode lain yang bisa kamu coba adalah APN XL Alternatif. Sesuai namanya, mode setting APN ini bisa kamu coba jika mode-mode sebelumnya terasa kurang maksimal menghadirkan layanan internet yang cepat dan stabil.

Tidak hanya itu, APN XL Alternatif juga bisa dijadikan pilihan jika kamu sulit mengaktifkan mode APN XL yang direkomendasikan sebelumnya. Berikut ini daftar kode pengaturan yang bisa kamu coba:

  • Nama Setting APN: XL GPRS
  • Mode APN: www.xlgprs.com
  • Nomor Proxy: –
  • Nomor Port: –
  • Username: –
  • Kata Sandi atau Password: –
  • Alamat Server: –

Ketelitian menjadi aspek yang penting dalam mengatur APN XL Axiata di ponselmu. Jika kamu salah sedikit saja dan tidak melakukannya secara sistematis, maka akan sulit untuk mendapatkan pengaturan APN yang diinginkan.

Itulah pembahasan mengenai cara setting APN XL. Bagaimana, sangat mudah bukan? Ikuti seluruh cara yang telah disebutkan di atas dan jangan sampai terlewatkan agar tingkat keberhasilan lebih maksimal. Sekian pembahasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Duta Margawangi Cluster dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download