7 Makanan Khas Palembang yang Direkomendasikan untuk Dicoba

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 1 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Tidak dapat dimungkiri bahwa beberapa makanan khas Palembang dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk dinikmati bahkan tidak hanya untuk sekali. Apalagi semakin ke sini semakin mudah ditemukan beberapa makanan yang khas lainnya yang memang dibuat dengan bumbu khas dari Palembang. Belum lagi nantinya ada beberapa saos dan kuah yang unik.

Secara sederhana beberapa makanan khas yang berasal dari Palembang lebih banyak disajikan dengan kuah khas yang dilengkapi dengan santan khusus. Nantinya juga ada beberapa jenis makanan yang ternyata dibuat dengan saos khusus yang dapat dinikmati langsung bahkan untuk berulang kalinya. Ketahui beberapa jenis makanan dari Palembang tersebut di bawah ini:

1. Pempek

pempek

Pertama, ada jenis makanan khas Palembang yang sudah jelas bisa dimasukkan ke dalam kategori makanan yang paling banyak disantap masyarakat. Selain itu, jenis makanan ini semakin ke sini semakin mudah untuk ditemukan di berbagai wilayah tanpa harus mengunjungi Palembang langsung. Nantinya makanan ini dapat dinikmati dengan berbagai minuman yang khas.

2. Godo-Godo

godo godo

Mungkin jenis makanan yang berikutnya ini memiliki persamaaan dengan jenis makanan yang sudah dijelaskan sebelumnya walaupun juga ada perbedaan lainnya. Kali ini, ada jenis makanan yang ternyata sejak awal disediakan dengan bumbu yang khas yang terbuat seperti halnya bumbu pempek. Namun nantinya bahan utamanya tidak terbuat dari ikan melainkan udang.

3. Laksan

laksan palembang

Secara sederhana, sudah bisa dikatakan bahwa jenis makanan ini mudah untuk ditemukan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya. Bahkan tampilan dari makanan ini cukup menggoda untuk dinikmati bersama dengan orang-orang yang penting tanpa harus merasa khawatir akan rasanya. Selain itu, telur juga akan dijadikan sebagai pelengkap yang nikmat.

4. Mie Celor

mie celor

Makanan yang berikutnya ini sudah dikenal oleh sebagian besar orang karena memang memiliki tingkat popularitas yang tinggi dalam masyarakat. Ditambah lagi, jenis makanan ini terkadang bisa dimasukkan ke dalam daftar rekomendasi untuk makanan yang dibuat dengan mudah secara langsung. Selain itu, makanan ini biasanya disajikan dengan pelengkap berupa udang.

5. Pindang Patin

pindang patin

Tidak dapat dimungkiri bahwa jenis makanan khas Palembang yang kelima ini mungkin semakin banyak dicari karena kelezatannya yang terkenal. Belum lagi makanan ini tidak dibuat seperti pindang pada umumnya melainkan dengan beberapa bumbu yang khas yang memang dari Palembang. Ditambah lagi, tekstur ikannya yang lembut akan menambah kelezatan makanannya.

6. Burgo

burgo

Kemudian ada juga jenis makanan yang khas yang lainnya yang hanya ditemukan di beberapa wilayah yang ada di sekitar Palembang. Namun untuk jenis makanan ini, sebaiknya sejak awal setiap orang sudah tahu bahwa bahan utamanya tidak terbuat dari nasi melainkan mie. Selain itu, makanan ini juga disajikan bersama dengan telur rebus.

7. Roti Koing

roti koing

Jenis makanan yang berikutnya ini ditawarkan oleh masyarakat Palembang dengan harga yang bisa dikatakan mudah untuk dijangkau termasuk pertama kalinya. Hanya saja, jenis roti ini sebaiknya tidak dinikmati sendiri tanpa adanya beberapa tambahan menu yang menarik lainnya untuk menikmati harinya. Biasanya jenis roti ini memang disajikan bersama dengan minuman teh.

Secara sederhana, jenis roti ini bukan seperti roti pada umumnya dan tekstur yang dimiliki bisa dikatakan lebih keras dan renyah. Selain itu, jenis roti ini juga tidak memiliki bentuk yang kotak seperti halnya roti tawar dan justru berbentuk lebih bulat. Jika tidak bersama teh, maka biasanya roti ini bersama kopi.

8. Tekwan

tekwan

Untuk jenis makanan khas Palembang yang ke delapan ini cocok untuk disantap bersama dengan keluarga secara langsung terutama ketika mengunjungi Palembang. Hanya saja, untuk jenis makanan ini biasanya disajikan dalam jumlah yang banyak yang sebaiknya disesuaikan dengan orang yang akan menyantapnya. Setidaknya adonan dari tepung tapioka dan ikannya bisa terasa lezat.

9. Sambal Tempoyak

sambal tempoyak

Walaupun tidak berbentuk dalam sebuah makanan yang utuh, jenis kudapan yang berikutnya ini juga jangan sampai dilewatkan untuk dicoba langsung. Ditambah lagi, jenis sambal ini ternyata sejak awal direkomendasikan untuk menemani berbagai makanan yang sudah disediakan di meja makan masing-masing. Selain itu, rasa dari sambal ini juga tidak begitu familiar.

Secara sederhana, jenis sambal ini dapat dinikmati dengan berbagai makanan yang digoreng mulai dari tempe sampai juga pada menu ikan. Jenis sambal ini juga terbuat dari buah yang khas, yaitu buah durian yang nantinya masih melalui proses khusus seperti fermentasi.

10. Celimpungan

celimpungan

Untuk jenis makanan yang terakhir ini mungkin akan sedikit sulit untuk ditemukan secara langsung terutama ketika baru saja mendatangi wilayah Palembang. Apalagi ternyata jenis makanan ini sejak awal hanya dibuat dan disediakan secara khusus untuk merayakan acara hari raya bagi para umat Islam. Selain itu, jenis makanan ini dilengkapi dengan kuah yang khas.

Beberapa jenis makanan khas Palembang yang sudah disebutkan dan dijelaskan secara detail di atas dapat dijadikan sebagai pertimbangan untuk dicoba. Apalagi ternyata ada beberapa jenis makanan yang sejak awal disediakan dan ditawarkan untuk menggugah selera yang dimiliki oleh setiap orang. Selain itu, ada beberapa makanan yang ternyata dapat dinikmati bersama.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia