Info Area

10 Wisata Pantai di Kediri yang Cantik Nan Indah

Kediri terkenal akan kampung Inggris dan Monumen Simpang Lima Gumul. Pada dasarnya tidak ada pantai di Kediri. Pasalnya Kediri diapit oleh beberapa kota seperti  lainnya seperti Tulungagung, Trenggalek dan Blitar.

Bagi yang punya rumah di Kediri jika ingin jalan-jalan ke pantai pasti harus ke kota sebelah dulu. Kecantikan pantainya bisa diadu dengan pasir putih dan hitamnya yang lembut. 

Belum lagi fasilitas yang disediakan untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Yuk simak dulu daftar pantai di Kediri dan sekitarnya dibawah ini!

Jolosutro

(Wikimedia Commons)

Pantai ini bisa dikunjungi bila ingin ke Malang melewati Blitar. Pantai Jolosutro memiliki pasir berwarna hitam dan di bibir pantainya terdapat hutan pohon cemara.

Tidak banyak orang berjualan disini. Harga tiket masuknya bahkan gratis dan tidak dipungut biaya parkir kendaraan. Saat siang pantai akan mulai surut dan terlihat landai.

Deburan ombaknya tidak terlalu besar dan bersih. Warna hitam legam pasirnya terlihat bersinar saat terkena pantulan sinar matahari. 

Lokasi : Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar

Baca Juga : 10 Kolam Renang di Kediri yang Seru, Cocok untuk Liburan Singkat

Tambakrejo

(Wikimedia Commons)

Nah, pantai satu ini sangat digemari warga Blitar dan pengunjung dari kota lain. Tambakrejo memiliki pelabuhan kecil dan tempat pelelangan ikan.

Ditambah lagi ada banyak wahana permainan menarik disini. Kamu bisa ikut menaiki perahu nelayan mengitari sekeliling pantainya.

Pasirnya berwarna putih bersih dan ada banyak penjual di bibir pantai. Rumah makan menyajikan aneka seafood segar dan ada pula tim pengawas pantai.

Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar

Peh Pulo

(Pesisir)

Banyak yang menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Blitar. Jalan menuju pantai ini lumayan sulit karena masih terbuat dari tanah liat dan bebatuan.

Lokasi pantai berkilo-kilo meter jauh dari perkampungan warga. Tempatnya lumayan sepi sehingga sering jadi rujukan spot foto keren. Harga tiketnya sebesar Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan.

Pantai ini belum memiliki banyak penjual makanan. Hanya ada sekitar 2-3 warung saja yang berjualan disini. Terdapat fasilitas kamar mandi yang bisa digunakan tak jauh dari pantai.

Lokasi : Peh Pulo, Sumbersih, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar

Sanggar

(Pantainesia)

Harga tiket masuk pantai Sanggar bersifat sukarela. Lokasinya tak jauh dari pantai Sine, Coro maupun Ngalur.

Wilayahnya masih masuk daerah eks karesidenan Kediri. Warna airnya biru tosca dan memanjakan mata pengunjungnya. Ketika surut terlihat ada banyak karang yang disembunyikannya.

Lokasi : Jengglungharjo, Kec. Tanggung Gunung, Kab. Tulungagung

Baca Juga : Spot Foto Instagramable Kebun Bibit Kediri

Umbul Waru

(Sikidang)

Uniknya pantai ini adalah adanya air terjun yang langsung menuju ke lautan. Untuk bisa datang kesini kamu perlu usaha yang lumayan ekstra. Jalanannya lumayan sulit dan sempit.

Ditambah lagi  pantai ini belum terjamah sehingga tak banyak orang kesini. Bahkan kamu tidak bisa menemukan warung disini. Di sekeliling pantai dikelilingi oleh bebatuan besar dan tinggi.

Lokasi : Kalibawang, Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar

Serang

(Wikimedia Commons)

Pantai Serang terkenal akan pemandangan matahari terbenamnya. Saat bulan Ramadhan tiba tempat ini sering dijadikan rujukan tempat berbuka puasa.

Setiap tahunnya ada festival layangan yang diadakan disini. Pantai cantik ini memiliki pasir hitam yang legam dengan ombak besar. 

Ada pula upacara adat bernama Larung Sesaji yang diadakan setiap tahunnya. Harga tiket masuknya berkisar Rp. 7.000 per orangnya.

Lokasi : Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar

Gondomayit

(Travelspromo)

Pantai Gondomayit berada di sebelah pantai Tambakrejo. Kamu bisa menuju kesini dengan jalan memutar atau menaiki bukit dari pantai Tambakrejo.

Pantai ini sering dijadikan rujukan untuk berenang. Ombaknya tidak terlalu besar dan landai. Banyak anak-anakpun suka bermain air disini.

Harga tiket masuknya sekitar Rp. 5.000 per orangnya. Jika lapar banyak warung berjualan di bibir pantainya.

Lokasi : Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar

Pacar

(Wikimedia Commons)

Bila berkunjung ke kabupaten Tulungagung jangan lewatkan pantai Pacar. Harga tiket masuknya dibanderol Rp. 5.000 per orang.

Namanya unik dan cocok untuk dikunjungi bersama pasangan. Di bibir pantai ada banyak bebatuan dan pasirnya berwarna putih.

Lokasi : Area Perkebunan Dan P, Pucanglaban, Tulungagung

Karanggongso

(Brobali)

Pantai Karanggongso terkenal memiliki pasir putih yang lembut. Di pinggiran pantai banyak pohon besar sehingga sangat rindang.

Ada banyak kapal yang bisa disewakan untuk mengarungi samuderanya. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 10.000. Keunggulan dari pantai ini adalah ombaknya yang sangat bersahabat.

Kamu bisa mengajak anak-anak untuk berenang disini. Apalagi warna airnya yang sangat cantik dan jernih.

Lokasi : Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek

Baca Juga : 15 Restoran di Kediri yang Enak dan Murah serta Bikin Ketagihan

Popoh

(Voinews)

Terakhir ada pantai Popoh yang ada di Tulungagung. Tepi lautnya tak jauh dengan pantai Prigi. Kawasannya terbagi dua yakni bagian timur dan barat.

Kawasan barat cenderung lebih landai dengan ombak yang kecil. Lokasi ini sering dijadikan tempat parkir perahu untuk disewakan kepada wisatawan.

Kawasan timur tak kalah populernya karena tempat untuk mengumpulkan hasil tangkapan ikan para nelayan.

Lokasi : Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung

Itulah beberapa pantai di Kediri dan sekitarnya. Beberapa diantaranya perlu melewati jalan terjal sehingga ada baiknya sewa perumahan di Kediri atau hotel. Dengan begitu liburanmu tetap asyik dan tidak kehabisan tenaga


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.