Pinhome

Uncategorized

Tips Mengatasi Perabot Kayu yang Penyok

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kayu adalah bagian dari batang atau cabang maupun ranting dari tumbuhan yang mengeras karena mengalami proses lignifikasi atau proses pengayuan. Penyebab terbentuknya kayu berupa akibat dari akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jenis di area batang. Kayu merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan barang-barang rumah.

Kayu sangat diminati sebagian masyarakat untuk membuat berbagai furniture-furniture menarik untuk kebutuhan di rumah, seperti meja, kursi, pintu, jendela, almari, rangkap kertas, bahan kertas dan masih banyak lagi. Kesan dari tampilan kayu yang dapat menghangatkan suasana di rumah Anda menjadikan kayu selalu menjadi pilihan utama untuk menjadi bahan pembuatan perabotan rumah.

perabot kayu penyok
perabot kayu penyok

Kayu juga memiliki berbagai jenis, seperti kayu pinus, kayu mahoni, kayu albasia, kayu lame dan lainnya. Berbagai jenis kayu tersebut juga sering digunakan menjadi bahan utama untuk membuat perabotan rumah. Terkadang saat memindahkan perabotan rumah yang berasal dari kayu tersebut tidak sengaja membentur barang lain sehingga dapat membuat perabotan dari kayu tersebut menjadi terlihat penyok. Jika merasa terganggu dengan adanya bekas penyokan atau lecet pada perabotan kayu yang Anda miliki, ada cara yang mudah dan aman untuk membuat penyokan pada perabotan kayu menghilang.

Anda hanya perlu mempersiapkan kain lap yang terbuat dari bahan kaos, air dan juga setrika. Cara menggunakannya yaitu ambillah kain lap yang lembut dan basahi menggunaka air. Setelahnya Anda dapat meletakkan kain lap yang lebut tersebut pada permukaan perabotan kayu yang penyok, lalu tempelkan setrika yang panas pada kain lap yang lembut tadi tunggu sampai kandungan air yang terdapat pada kain lap Anda mengering. Agar hasilnya bagus dan penyok pada permukaan perabot dari kayu tersebut hilang, Anda hanya perlu melakukannya berulang-ulang sampai permukaan kayu rata dan tidak penyok lagi. Cara tersebut dapat dilakukan jika kedalaman penyoknya tidak lebih dari 2 mm.

Perabotan rumah yang berbahan dasar dari kayu juga harus dijaga agar awet untuk digunakan. Perabotan kayu yang terlalu sering terkena sinar matahari akan membuat cat pada perabotan kayu tersebut memudar. Anda dapat menggunakan cat pelapis untuk bisa tahan dengan sinar matahari. Untuk membuat perabotan kayu Anda terlihat bagus, lakukanlah pengamplasan dan pengecatan ulang setiap tahunnya.  Jika ingin membeli perabotan kayu, pastikan produk tersebut berkualitas dan dilengkapi zat anti rayap agar terhindar dari serangan rayap yang dapat merusak perabotan Anda.

Itulah ulasan mengenai tips memperbaiki perabotan kayu di rumah yang penyok karena benturan perabot kayu dengan bahan lain. Cara yang mudah tersebut dapat memberi solusi memperbaiki perabot Anda yang penyok. Selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel