BlogLifestyleEdukasi3 Langkah Mengatasi Perabot Kayu yang Penyok
0
0

3 Langkah Mengatasi Perabot Kayu yang Penyok

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 13, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
mengatasi perabot kayu yang penyoktop-right-banner

Furniture kayu adalah salah satu pilihan yang populer untuk pembuatan mebel di rumah. Namun, jika tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik, perabot kayu dapat menjadi penyok dan kehilangan keindahannya. Tips mengatasi perabot kayu yang penyok bisa dilakukan dengan mudah menggunakan tips tepat.

Kayu adalah bagian dari batang atau cabang maupun ranting dari tumbuhan yang mengeras karena mengalami proses lignifikasi atau proses pengayuan. Penyebab terbentuknya kayu berupa akibat dari akumulasi selulosa dan lignin pada dinding sel berbagai jenis di area batang. Kayu merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan barang-barang rumah.

Kayu sangat diminati sebagian masyarakat untuk membuat berbagai furniture menarik untuk kebutuhan di rumah, seperti meja, kursi, pintu, jendela, lemari, rangkap kertas, bahan kertas dan masih banyak lagi. Kesan dari tampilan kayu yang dapat menghangatkan suasana di rumah Pins menjadikan kayu selalu menjadi pilihan utama untuk menjadi bahan pembuatan perabotan rumah.

Jika perabot kayu dirumah Pins sudah penyok. Ikuti 3 langkah berikut ini untuk mengatasi perabot kayu yang Penyok.

Baca Juga: Cara Plamir Tembok Dengan mudah Untuk Pemula

3 Langkah Mengatasi Perabot Kayu yang Penyok

mengatasi perabot kayu yang penyok
Source : Pixabay

Ada 3 langkah yang Pins bisa ikuti untuk mengatasi perabot kayu dirumah Pins.

Basahi Bagian Penyok dengan Kayu

Tuangkan sedikit air ke bagian yang penyok. Pastikan bagian yang penyok dan sekitarnya benar-benar basah. Pins bisa melihat tanda bahwa bagian penyok sudah basah sepenuhnya dengan melihat genangan air yang ada di bagian penyoknya.

Pins bisa menggunakan alat penetes atau sedotan untuk membantu meneteskan air ke bagian yang penyok. Pins juga bisa menggunakan tisu yang sudah dibasahi dengan air untuk mengoleskan air kebagian yang penyok.

Tunggu sejenak hingga kayu bisa menyerap air dengan maksimal. Kayu akan menjadi lunak dan akan mengembang karena adanya proses penguapan.

Setrika Bagian yang Penyok

Setelah perabot kayu sudah mengembang, Pins selanjutnya menguapi bagian tersebut. Gunakan setrika untuk mempermudah pekerjaan Pins.

Pastikan Pins mengeset setrika ke bagian yang paling panas. Ingat hati-hati ketika menggunakannya agar tidak terkena kulit. Gosokan setrika pada bagian penyok dengan melakukan gerakan memutar.

Panas dari setrika akan membuat kayu yang penyok mengembang secara perlahan. Ingat jangan terlalu lama menempatkan setrika pada kayu agar tidak terbakar. Lakukan berulang hingga kayu mengembang.

Gunakan Wood Filler

Setelah kayu disetrika, tunggu sejenak hingga permukaan kayu benar-benar kering. Setelah dipastikan kering, amplas kayu perlahan hingga warna kayu sedikit memudar. Oleskan wood filler pada bagian yang penyok.

Pins bisa mengoleskan wood filler satu kali. Namun jika penyok di perabot Pins terlalu dalam, Pins bisa mengoleskannya beberapa kali hingga menutupi bagian penyok. Biarkan wood filler mengering.

Cat Bagian yang Sudah Dimasuki Wood Filler

Biasanya warna antara wood filler dan perabot kayu sedikit berbeda. Untuk membuatnya terlihat menarik, Pins bisa mengecat bagian tersebut dengan warna yang sama. Sehingga bagian penyok tidak terlihat lagi dan perabot Pins layaknya baru.

Baca juga:

Tips Menghindari Furniture Kayu yang Penyok

mengatasi perabot kayu yang penyok
Source : Pixabay

Dibandingkan memperbaiki akan lebih baik Pins menghindari perabot kayu agar tidak penyok. Merawat perabot kayu memang sedikit tricky karena Pins harus benar-benar telaten agar keindahannya tidak hilang.

Berikut ini 5 tips agar perabot kayu terhindar dari penyok.

Hindari Terkena Air

Furniture kayu dapat dengan cepat rusak jika terkena air, terutama jika dibiarkan terkena air selama waktu yang lama. Jadi, pastikan untuk menghindari menempatkan furniture kayu di daerah yang terkena air dan untuk mengeringkan furniture kayu jika terkena air.

Bersihkan dengan Hati-hati

Furniture kayu harus dibersihkan dengan hati-hati. Jangan menggunakan produk pembersih kimia yang keras, seperti sabun cuci piring atau alkohol, karena dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan furniture kayu. Sebaiknya gunakan lap basah dengan air dan sabun cuci tangan yang lembut.

Aplikasikan Furniture

Gunakan minyak atau cairan pelindung kayu untuk menjaga kelembaban dan mencegah kerusakan dari sinar matahari. Pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata dan mengelap sisa-sisa yang tidak diinginkan.

Jangan Diletakan Ditempat yang Panas dan Lembab

Furniture kayu harus diletakkan di tempat yang sejuk dan kering. Jangan diletakkan di dekat sumber panas atau di daerah yang lembab, seperti dekat kamar mandi atau dapur, karena dapat menyebabkan kerusakan pada furniture kayu.

Jangan Digeser-geser

Furniture kayu yang digeser-geser akan cepat rusak dan penyok. Sebaiknya pastikan furniture kayu ditempatkan dengan stabil dan jangan digeser-geser secara berlebihan.

Dengan memperhatikan dan merawat furniture kayu dengan baik, Pins dapat menjaga keindahannya dan mengurangi risiko kerusakan. Namun jika sudah terlanjur rusak, Pins bisa mengikuti langkah diatas untuk mengatasi perabot kayu yang penyok.

Harus diingat tips diatas hanya berfungsi pada perabot yang kerusakannya masih kecil. Jika kerusakannya terlalu besar, ada baiknya untuk melakukan perbaikan atau konsultasi dengan ahlinya, seperti tukang kayu atau profesional mebel. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Rancamaya Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download