BlogLifestyleEdukasiArti dari Toleransi, Manfaat, Ciri, dan Contohnya
0
0

Arti dari Toleransi, Manfaat, Ciri, dan Contohnya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
pengertian toleransitop-right-banner

Arti dari toleransi berasal dari bahasa latin yaitu tolerare, pengertian toleransi berarti menahan diri dan sabar. Istilah sistem toleransi juga bisa berarti suatu sikap saling menghargai dan menghormati antar individu atau kelompok dalam masyarakat atau dalam ruang lingkup lainnya.

Dengan menerapkan sikap toleransi, Pins bisa menghindari terjadinya diskriminasi, meskipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda beda dalam satu kelompok masyarakat.

Pembelajaran mengenai pengertian toleransi bisa kita dapatkan pada pelajaran agama dan berbagai kehidupan sosial. Berikut ini penjelasan lengkap tentang arti dari toleransi mulai dari pengertian, ciri, tujuan dan contoh sikap toleransi.

Baca juga: Apa Itu Norma? Pengertian, Ciri, dan Jenisnya!

Arti dari Toleransi

arti dari toleransi
Source : Ekrut

Secara umum, arti dari toleransi adalah suatu sikap yang saling menghormati dan menghargai antar kelompok maupun antar individu di dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan pandangan, agama, ras, budaya dan perbedaan-perbedaan yang lainnya.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan arti toleransi adalah kemampuan atau kemauan seseorang untuk menahan diri dan bersikap sabar terhadap sesuatu hal yang ada. Khususnya terhadap keberadaan opini atau perilaku orang lain yang mungkin tidak disetujuinya.

Baca juga:

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

Seperti biasa, Pinhome juga akan memaparkan pengertian toleransi menurut para ahli, agar wawasan Pins tentang toleransi lebih luas. Berikut ini adalah beberapa pengertian toleransi menurut para ahli.

Michael Wazler

Menurutnya pengertian toleransi adalah sikap keniscayaan yang harus ada dalam kehidupan masyarakat. Dengan kata lain, arti dari toleransi adalah sikap dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang / individu di dalam masyarakat.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sedangkan menurut KBBI, pengertian dari toleransi adalah sikap atau perilaku toleran; batas ukur untuk pengurangan dan penambahan yang masih diperbolehkan; penyimpangan yang masih diterima dalam pengukuran kerja.

Friedrich Heiler

Menurut Friedrich Heiler, pengertian toleransi adalah sikap untuk mengakui adanya pluritas agama dan menghargai agama tersebut. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa setiap pemeluk agama memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama atau tanpa membeda-bedakan.

Max Isaac Dimont

Menurutnya, arti dari toleransi adalah pengakuan masyarakat yang majemuk yang menunjukan sikap atau perilaku yang tidak menyimpang dari aturan dan mengakui perdamaian, serta menghormati atau menghargai setip tindakan dari orang lain.

Baca juga: Contoh Konflik Sosial di Indonesia

Manfaat dan Tujuan Toleransi

arti dari toleransi
Source : TimesJob

Mengacu pada pengertian toleransi, berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan toleransi, di antaranya adalah:

Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Sikap toleransi dari dalam diri seseorang akan menimbulkan kasih sayang, sehingga rasa persaudaraan terhadap sesama anak bangsa akan semakin besar. Dengan adanya rasa persaudaraan yang tinggi, maka perpecahan dalam masyarakat bisa terhindar.

Memudahkan Mencapai Kata Mufakat

Sikap toleransi juga sangat diperlukan ketika melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Menghormati dan menghargai perbedaan pendapat orang lain akan membuat suatu masyarakat terhindar dari pertikaian dan permusuhan.

Meningkatkan Kekuatan dalam Iman

Menghormati dan menghargai agama lain yang berbeda merupakan salah satu bentuk dari keimanan seseorang dan sikap toleransi. Bisa dikatakan bahwa seseorang yang bisa bersosialisasi dengan orang lain yang berbeda kepercayaan adalah orang yang memiliki iman yang kuat.

Meningkatkan Rasa Nasionalisme

Sikap toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan berdampak langsung pada rasa nasionalisme seseorang. Dengan menerima dan menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk maka seseorang akan semakin cinta dengan tanah airnya.

Memudahkan Pembangunan Negara

Toleransi pada setiap individu akan memudahkan proses pembangunan suatu negara. Hal ini terjadi karena adanya pemikiran bahwa perbedaan justru membuat suatu negara menjadi semakin lebih kuat.

Baca juga: Akomodasi

Ciri-ciri Sikap Toleransi

Source : Parent Circle

Karakteristik toleransi bisa diketahui dengan memperhatikan sikap seseorang terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. Berikut ini adalah ciri-ciri sikap toleransi, di antaranya adalah:

  • Menghormati dan menghargai orang lain meskipun berbeda suku, agama, budaya dan ras.
  • Menghargai dan menghormati pendapat orang lain yang berbeda.
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang, meskipun berbeda agama, ras dan suku.
  • Memberikan kebebasan untuk beribadah kepada setiap orang sesuai dengan kepercayaanya dan tidak melakukan intimidasi sedikit pun meskipun berbeda kepercayaan.

Baca juga: Mengenal Unsur-unsur Seni Rupa

Contoh Sikap Toleransi

arti dari toleransi
Source : Zalphius

Ada banyak sekali hal sederhana yang merupakan salah satu contoh sikap toleransi kepada orang lain, berikut ini adalah contoh toleransi yang baik dan benar, di antaranya adalah:

  • Menghargai dan menghormati kegiatan umat beragama yang berbeda dengan diri sendiri.
  • Menghargai dan menghormati hak dan kewajiban orang lain di dalam masyarakat majemuk. Misalnya hak dan kewajiban dalam beragama dan menjalankan kegiatan agamanya.
  • Tolong menolong dan saling membantu sesama manusia sebagai mahkluk sosial tanpa membeda-bedakan dengan uang lainnya.
  • Turut sera dalam menjaga kedamaian dan keharmonisan di masyarakat yang majemuk. Misalnya saja menghargai pendapat orang lain yang berbeda dan tidak semena-mena terhadap manusia lain.

Itulah penjelasan mengenai pengertian toleransi, mulai dari tujuan, manfaat, ciri dan contoh sikap dari toleransi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Pins dan bisa menambah rasa toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 

Featured image source: iEduNote


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Puri Botanical Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download