Toleransi

Diperbarui oleh Hanif Pram ∙ September 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Kata Toleransi berasal dari bahasa latin yaitu Tolerare, toleransi berarti menahan diri dan sabar. Toleransi juga bisa berarti suatu sikap saling menghargai dan menghormati antar individu atau kelompok dalam masyarakat atau dalam ruang lingkup lainnya.

Dengan sikap toleransi bisa menghindari terjadinya diskriminasi, meskipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda beda dalam satu kelompok masyarakat.

Pembelajaran toleransi bisa kita dapatkan pada pelajaran agama, nah kali ini Pintarnesia akan memaparkan tentang toleransi  mulai dari pengertian, ciri, tujuan dan contoh sikap toleransi. Berikut ini adalah pengertian toleransi secara umum.

Pengertian Toleransi

Secara umum, pengertian dari toleransi adalah suatu sikap yang saling menghormati dan menghargai antar kelompok maupun antar individu di dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan pandangan, agama, ras, budaya dan perbedaan-perbedaan yang lainnya.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan arti toleransi adalah kemampuan atau kemauan seseorang untuk menahan diri dan bersikap sabar terhadap sesuatu hal yang ada, khususnya terhadap keberadaan opini atau perilaku orang lain yang mungkin tidak disetujuinya.

Pengertian Toleransi Menurut Beberapa Ahli

Seperti biasa Pintarnesia juga akan memaparkan pengertian toleransi menurut para ahli, agar wawasan kita tentang pengertian toleransi lebih luas, berikut ini adalah beberapa pengertian toleransi menurut para ahli.

1. Michael Wazler

Menurutnya pengertian toleransi adalah sikap keniscayaan yang harus ada dalam kehidupan masyarakat. Dengan kata lain, toleransi adalah sikap dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang / individu di dalam masyarakat.

2. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sedangkan menurut KBBI, pengertian dari toleransi adalah sikap atau perilaku toleran; batas ukur untuk pengurangan dan penambahan yang masih diperbolehkan; penyimpangan yang masih diterima dalam pengukuran kerja.

3. Friedrich Heiler

Menurut Friedrich Heiler, pengertian toleransi adalah sikap untuk mengakui adanya pluritas agama dan menghargai agama tersebut. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa setiap pemeluk agama memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama / tanpa membeda-bedakan.

4. Max Isaac Dimont

Menurutnya, pengertian dari toleransi adalah pengakuan masyarakat yang majemuk yang menunjukan sikap atau perilaku yang tidak menyimpang dari aturan dan mengakui perdamaian, serta menghormati atau menghargai setip tindakan dari orang lain.

Baca Juga : Norma Sosial

Manfaat dan Tujuan Toleransi

Mengacu pada pengertian toleransi, berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan toleransi, diantaranya adalah :

  • Meningkatkan Rasa Persaudaraan, sikap toleransi dari dalam diri seseorang akan menimbulkan kasih sayang, sehingga rasa persaudaraan terhadap sesama anak bangsa akan semakin besar. Dengan adanya rasa persaudaraan yang tinggi, maka perpecahan dalam masyarakat bisa terhindar.
  • Memudahkan Mencapai Kata Mufakat, sikap toleransi juga sangat diperlukan ketika melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Menghormati dan menghargai perbedaan pendapat orang lain akan membuat suatu masyarakat terhindar dari pertikaian dan permusuhan.
  • Meningkatkan Kekuatan dalam Iman, menghormati dan menghargai agama lain yang berbeda merupakan salah satu bentuk dari keimanan seseorang dan sikap toleransi. Bisa dikatakan bahwa seseorang yang bisa bersosialisasi dengan orang lain yang berbeda kepercayaan adalah orang yang memiliki iman yang kuat.
  • Meningkatkan Rasa Nasionalisme, Sikap toleransi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan berdampak langsung pada rasa nasionalisme seseorang. Dengan menerima dan menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang majemuk maka seseorang akan semakin cinta dengan tanah airnya.
  • Memudahkan Pembangunan Negara, toleransi pada setiap individu akan memudahkan proses pembangunan suatu negara. Hal ini terjadi karena adanya pemikiran bahwa perbedaan justru membuat suatu negara menjadi semakin lebih kuat.

Baca Juga : Persatuan dan Kesatuan

Ciri – Ciri Sikap Toleransi

Sikap Toleransi bisa diketahui dengan memperhatikan sikap seseorang terhadap orang – orang yang ada disekitarnya. Berikut ini adalah ciri-ciri sikap toleransi, diantaranya adalah :

  • Menghormati dan menghargai orang lain meskipun berbeda suku, agama, budaya dan ras.
  • Menghargai dan menghormati pendapat orang lain yang berbeda.
  • Memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang, meskipun berbeda agama, ras dan suku.
  • Memberikan kebebasan untuk beribadah kepada setiap orang sesuai dengan kepercayaanya dan tidak melakukan intimidasi sedikit pun meskipun berbeda kepercayaan.

Contoh Sikap Toleransi yang Baik dan Benar

Ada banyak sekali hal sederhana yang merupakan salah satu contoh sikap dari toleransi kepada orang lain, berikut ini adalah beberapa sikap toleransi yang baik dan benar, diantaranya adalah :

  1. Menghargai dan menghormati kegiatan umat beragama yang berbeda dengan diri sendiri.
  2. Menghargai dan menghormati hak dan kewajiban orang lain di dalam masyarakat majemuk. Misalnya hak dan kewajiban dalam beragama dan menjalankan kegiatan agamanya.
  3. Tolong menolong dan saling membantu sesama manusia sebagai mahkluk sosial tanpa membeda-bedakan dengan uang lainnya.
  4. Turut sera dalam menjaga kedamaian dan keharmonisan di masyarakat yang majemuk. Misalnya saja menghargai pendapat orang lain yang berbeda dan tidak semena-mena terhadap manusia lain.

Baca Juga : Integrasi Nasional

Nah, itulah pemaparan tentang toleransi, mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, ciri dan contoh sikap dari toleransi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita dan juga bisa menambah rasa toleransi kita dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada kesalahan dalam penulisan dalam artikel ini mohon untuk dimaklumi dan dimaafkan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia