BlogHome ServiceKecantikanApa Itu Moisturizer? Berikut Fungsi dan Jenisnya!
0
0

Apa Itu Moisturizer? Berikut Fungsi dan Jenisnya!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti

Des 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Skincare merupakan salah satu jenis perawatan wajah yang paling penting untuk dilakukan. Pasalnya, saat ini terdapat banyak sekali jenis produk skincare yang bisa Pins gunakan mulai dari moisturizer atau pelembab, toner, sunscreen, dan lain sebagainya. Sebelum memilih untuk menggunakan pelembab, Pins perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan krim pelembab dan apa saja manfaatnya.

Pelembab adalah salah satu varian perawatan wajah yang tidak boleh terlewatkan, agar kulit tetap terjaga kelembabannya dan memberikan vitamin yang terbaik. Apa saja manfaat dan variannya? Berikut selengkapnya!

Manfaat Moisturizer

moisturizer
Source : Elbahouse

Pada dasarnya kulit memiliki kemampuan sendiri untuk bisa menjaga setiap bagiannya agar tetap ternutrisi dan lembap. Namun beberapa hal dapat mengakibatkan kemampuan-kemampuan ini tidak bekerja secara efektif. Untuk itulah produk moisturizer dan skincare lain dibutuhkan. Berikut ini berbagai fungsi dan manfaat moisturizer:

Meminimalisir Masalah Kulit

Terkadang, tanpa kita sadari, penyebab utama permasalahan kulitdikarenakan terlalu kering. Sehingga, kulit bereaksi dengan cara mengeluarkan signal berupa bagian-bagian menjadi patchy dan mengelupas, bahkan berjerawat.

Tanda lain selain itu juga dapat dilihat dengan cara memperhatikan seberapa tingkat produksi sebum yang diproduksi kulitmu. Jika sebum melebihi kondisi normal, maka kamu perlu curiga. Inilah manfaat yang dimiliki oleh moisturizer. Dengan pemakaian moisturizer secara rutin, dapat menghindarkan kulit dari kondisi-kondisi seperti di atas.

Baca juga: 15 Brand Masker Wajah Terbaik dan Ampuh Buat Mulus

Merangsang Proses Penyembuhan Kulit

Menjaga permukaan kulit tetap lembab, membuat luka menjadi lebih cepat pulih dan meminimalisir adanya scar atau bekas luka berupa bopeng pada kulit. Kondisi yang tetap terhidrasi dapat mempercepat proses penyembuhan kulit dengan cara meningkatkan sintesis kolagen dan angiogenesis.

Membantu Menjaga Stabilitas Fungsional Epidermis

Moisturizer membantu epidermis menjalankan fungsinya secara maksimal sebagai lapisan terluar dari kulit, yaitu untuk menjaga lapisan kulit di dalamnya. Ketika kulit terhidrasi dengan baik, kebutuhan kulit akan hidrasi tetap terpenuhi sehingga proses-proses biologis dan fisiologis dapat berlangsung secara normal.

Dalam sebuah moisturizer, biasanya terdapat beberapa kandungan yang tidak hanya dapat melembapkan, tetapi juga menutrisi kulit. Nutrisi dalam hal ini adalah vitamin atau kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Seperti misalnya vitamin B3 atau Niacinamide yang biasanya disebut-sebut sebagai active ingredients yang dapat mencerahkan kulit. 

Pada nyatanya, Niacinamide tidak hanya bermanfaat untuk mencerahkan tetapi juga sebagai antioksidan. Ia juga bermanfaat memperkuat lapisan epidermis kulit dengan cara merangsang pembentukan Keratin. Niacinamide sejauh ini juga dianggap mampu mencegah adanya hiperpigmentasi pada kulit.

Menyamarkan Pori-Pori atau Tekstur

Beberapa moisturizer memang dilengkapi dengan kandungan tertentu yang secara estetis mengurangi penampakan tekstur kulit. Sehingga kulit terlihat lebih rata, halus, dan sehat.

Selain itu, ketika kulit terhidrasi dengan cukup baik, maka otot-otot kulit ikut mengencang, sehingga pori-pori terlihat lebih samar tau biasanya seperti mengecil. Jadi jika kamu ingin menyamarkan pori-porimu, selain rutin eksfoliasi, cukupilah kebutuhan kulitmu akan hidrasi.

Apa Saja Kandungan dari Moisturizer?

moisturizer
Source : Freepik

Pada dasarnya, moisturizer dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan komponen penyusun dan fungsinya. Ketiga jenis itu adalah :

Emollients

Emolien umumnya tersusun dari lipid, yang mengisi celah antar sel kulit dan juga mengunci air dalam kulit. Sehingga kulit menjadi lebih lembap dan lembut.

Humectan

Humektan berfungsi untuk membantu stratum corneum menyerap air dengan cara menyerapnya dari dermis dan lingkungan sekitar yang lembap, ke epidermis. Sehingga kulit tetap lembap secara keseluruhan.

Occlusive

Terakhir adalah Occlusive, umumnya berbahan dasar oil atau minyak. Ia memiliki peran penting untuk tetap menjaga kelembapan kulit dengan cara membentuk lapisan hidrofobik di luar lapisan kulit.

Baca juga: 12 Pelembab untuk Kulit Bruntusan

Apa Saja Produk-Produk yang Bisa Tergolong Moisturizer

Source : Self.com

Beberapa produk terkadang tidak mencantumkan keterangan “moisturizer” pada nama atau kemasannya. Apalagi pada era sekarang ini, produk-produk perawatan kulit semakin beragam dan inovatif.

Sehingga, sering kali sebuah produk dinamakan lain, padahal pada intinya itu adalah sebuah moisturizer. Berikut ini beberapa jenis produk yang dapat tergolong dalam moisturizer:

Hydrating Lotion, Cream, dan Gel

Moisturizer yang umumdijumpai adalah hydrating lotion, gel, atau cream. Pada dasarnya mereka merupakan produk-produk yang tergolong ke dalam jenis moisturizer. Namun, untuk menarik konsumen, biasanya mereka menggunakan selipan nama yang lebih menarik, yang membedakan biasanya hanyalah tekstur atau kandungan.

Day, Night Cream, dan Sleeping Mask

Istilah yang satu Ini juga tentu tidak asing kan Pins? Meskipun biasanya day cream sudah mengandung spf dan juga dapat tergolong menjadi sunscreen, pada dasarnya beberapa dari mereka memiliki fungsi sebagai pelembab yang dapat kamu gunakan pada step terakhir skincare routines milikmu.

Kandungan spf di dalamnya biasanya diformulasikan agar konsumen mendapatkan produk yang lebih praktis dan efisien tanpa harus melakukan banyak layering skincare. Begitu juga dengan night cream yang biasanya juga bisa termasuk sleeping mask. Pada dasarnya memiliki kegunaan dan cara pakai yang sama. Bedanya hanya pada sleeping mask, beberapa produk dari brand-brand tertentu mengharuskan konsumen untuk membilasnya di pagi hari ketika bangun tidur.

Baca juga: 10 Produk dan Urutan Pemakaian Wardah White Secret

Sunscreen

Beberapa sunscreen dari brand-brand tertentu biasanya sudah dilengkapi dengan kandungan pelembap seperti Hyaluronic Acid, Panthenol, Allantoin, yang merupakan kandungan pelembap yang biasa terdapat pada produk-produk perawatan kulit. Jika kamu sudah merasa kulitmu cukup lembap dengan menggunakan sunscreen, kamu dapat langsung menggunakannya tanpa menggunakan pelembap terlebih dahulu.

Itulah penjelasan selengkapnya mengenai apa itu moisturizer serta jenis serta manfaatnya. Menggunakan pelembab merupakan rangkaian skincare yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan untuk menjaga kesehatan kulit Pins!

Featured image source:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome.

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download