Pinhome

Berita Pinhome

Jangan Ketinggalan, Transaksi Properti Mulai Beralih ke Digital

Ditulis oleh Jay ∙ 8 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Semakin lama, internet semakin tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Ini bisa menjadi potensi yang baik bagi para agen properti dengan memanfaatkan digital marketing untuk kepentingan transaksi properti.

Pinhome — Di era digital ini kita dituntut untuk melakukan semua hal serba cepat. Apapun informasi yang kita inginkan dapat ditemukan di internet. Ini juga membuat demand di pasar juga semakin dinamis. Jika kita tidak mengikuti perkembangan ini dan ikut mencoba tren digital, tentu pergerakan kita di dunia transaksi properti menjadi lebih terbatas.

Dilansir dari Katadata.id, Head of Real Estate Category OLX Indonesia, Ignasius Ryan Hasim menyatakan bahwa tren jual beli properti sudah bergeser ke online. Volume pencarian properti setiap bulan pun mencapai 610 ribu dengan transaksi yang terjual sebanyak 72 ribu unit per bulan. Sehingga, porsi transaksi yang terjadi setiap bulan bisa mencapai 25% hingga 30%. Jika menilik dari segi pasar pun, para pencari properti juga sudah mulai berubah menjadi para generasi milenial yang melek internet.

Ada banyak keuntungan menjual properti melalui internet. Apa saja?

1. Mencari dan memberi informasi saat transaksi properti lebih cepat dan mudah
Salah satu hal yang paling menguntungkan di era digital ini adalah cepatnya pertukaran informasi. Anda bisa mengunggah listing di beberapa platform dan dalam waktu beberapa jam saja, bisa jadi Anda sudah berbicara dengan calon pembeli.

2. Jangkauan lebih luas
Melalui internet, Anda tak harus berada di lokasi yang sama untuk melakukan transaksi properti. Berbeda dengan metode konvensional di mana calon pembeli akan melakukan kunjungan ke kantor pemasaran, Anda sekarang dapat langsung bertemu calon pembeli dari luar pulau sekali pun. Bahkan, Anda juga dapat melakukan tur virtual melalui bantuan Zoom atau Google Meeting.

3. Biaya promosi lebih efisien dan efektif
Umumnya, agen properti akan memasang iklan melalui media massa, seperti koran dan radio, ataupun spanduk dan baliho. Walaupun kita juga bisa memasang iklan dengan harga ekonomis, tapi tentu space yang kita dapatkan juga akan menyesuaikan harga yang kita bayar. Pun orang-orang yang menerima iklan tersebut belum tentu sesuai dengan target pasar yang kita tuju.

transaksi properti

Dengan internet, Anda dapat mengatur sendiri pemasangan iklan Anda. Anda dapat memilih target secara mendetail, mulai dari umur, gender, tingkat penghasilan, hingga ke interest masing-masing orang. Dengan demikian, iklan Anda benar-benar sampai ke orang-orang yang Anda tuju sehingga menghasilkan lebih banyak leads.

Untuk mulai masuk ke dunia digital memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak ilmu yang harus Anda kuasai untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untungnya, Anda bisa memanfaatkan beberapa platform digital yang memang khusus bergerak di bidang properti, salah satunya adalah Pinhome.

Pinhome merupakan pelopor platform digital yang bergerak di bidang properti. Melalui Pinhome, seluruh proses transaksi properti mulai dari jual, beli, hingga sewa properti menjadi lebih mudah, cepat, dan transparan. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi Rekan Pinhome, antara lain:

1. Memasang listing properti dengan lebih mudah dan cepat
Melalui aplikasi Rekan Pinhome, Anda tak perlu lagi repot mengatur listing dalam sebuah website. Anda dapat dengan mudah memasang properti seken yang ingin dijual atau bahkan menitipkan properti tersebut kepada Pinhome. Anda juga memiliki katalog tersendiri yang dapat dengan mudah dikirim kepada calon pembeli melalui WhatsApp maupun media sosial lain yang Anda miliki.

2. Membantu memasarkan listing Anda melalui digital marketing
Tren digital marketing memang tergolong baru untuk dunia properti. Oleh sebab itu, Pinhome dengan senang hati membantu kebutuhan promosi Anda melalui kanal digital marketing. Listing Anda akan ditampilkan ke seluruh masyarakat yang mencari properti melalui internet.

3. Membantu proses pengurusan dokumen dan konsultasi
Tak hanya di digital marketing saja, Pinhome juga dapat membantu Anda untuk mengetahui kebutuhan calon pembeli, mencocokkan dengan properti yang tepat sesuai dengan spesialisasi Anda, hingga membantu pengumpulan dokumen penting serta pengajuan KPR. Setiap proses transaksi properti yang dilakukan melalui Pinhome akan didampingi hingga akad kredit selesai.

Sejatinya industri properti di Indonesia masih sangat menguntungkan dan tak peduli apakah Anda lebih nyaman menjadi agen online maupun agen offline, semuanya tetap memiliki prospek yang baik. Yang menjadi pembeda utama adalah kanal komunikasi yang Anda gunakan. Jika agen properti online lebih banyak menggunakan teknik digital marketing, seperti SEO, media sosial, dan iklan digital; agen offline akan lebih banyak menggunakan brosur, direct marketing, spanduk, maupun pameran-pameran properti.


Tak ada salahnya mencoba mengikuti perkembangan tren digital di dunia properti ini supaya Anda dapat memiliki ruang gerak yang lebih luas dalam berjualan. Unduh aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store dan Google Play Store dan nikmati kemudahan bertransaksi bersama Pinhome!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel