Pinhome

Properti

Inilah Isi Desain Rumah Komplit Siap Bangun

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Kegiatan merencanakan rumah idaman adalah proses penuangan ide-ide dan gagasan ke dalam sebuah produk desain rumah komplit yang siap dijadikan sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan dan izin mendirikan bangunan.  oleh karena itu akan lebih baik jika kita ketahui apa sebenarnya isi desain rumah komplit siap bangun? mencari desain rumah gratis lewat internet berupa foto rumah jadi atau gambar 3 dimensi dan denah rumah bisa menjadi langkah mudah yang dapat menghemat biaya perencanaan, namun sebenarnya hal itu justru dapat membuat pembengkakan biaya pembangunan rumah karena beberapa sebab berikut ini

Kenapa desain rumah yang tidak lengkap menjadi penyebab pemborosan biaya bangun rumah?

  • Denah rumah gratisan yang didownload dari internet belum tentu sesuai dengan ukuran tanah dan kebutuhan ruangan yang diharapkan sehingga ada kemungkinan terjadi kebingungan dalam proses pelaksanaan, hal ini berrarti terjadi waktu menganggur pekerja akibat kurang memahami maksud pemilik rumah.
  • Desain rumah yang tidak sempurna dapat menyebabkan rasa kurang puas saat rumah sudah jadi sehingga terjadi pekerjaan bongkar pasang agar sesuai harapan, hal ini tentu merupakan sebuah pemborosan.
  • Perhitungan rencana anggaran biaya bangunan merupakan pekerjaan unik yang berbeda-beda volume material dan harganya untuk masing-masing desain rumah, sehingga perlu dibuar RAB untuk mengetahui pada bagian mana perlu dilakukan penghematan bentuk dan penggunaan.
  • Desain rumah lengkap harus mempunyai ukuran dan penjelasan detail bentuk rumah yang jelas sehingga mudah dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan.

Sebuah desain rumah lengkap harus memenuhi syarat-syarat yang berguna untuk memudahkan proses pelaksanaan pembangunan rumah, syarat tersebut dapat kita lihat pada artikel yang secara khusus membahasnya. berikut ini isi minimal yang harus ada pada desain rumah komplit.

Gambar desain rumah

  1. Denah rumah.
  2. Tampak depan dan samping rumah.
  3. Potongan melintang dan membujur rumah.
  4. Denah dan detail pondasi.
  5. Denah dan detail pintu jendela.
  6. Detail rangka atap.
  7. Denah atap rumah.
  8. Denah dan detail plafond.
  9. Denah dan detail pola lantai.
  10. Detail kamar mandi dan toilet
  11. Denah instalasi pipa air bersih dan air kotor
  12. Denah instalasi listrik dan penempatan titik lampu.
  13. Detail septictank dan resapan.
  14. dan bermacam gambar teknik bangunan lainya yang diperlukan dalam proses pelaksanaan pembangunan rumah.

Rencana anggaran biaya bangunan

  1. Perhitungan volume masing-masing item pekerjaan.
  2. Perhitungan kebutuhan material bangunan.
  3. Perhitungan kebutuhan upah tenaga kerja.
  4. Rekapitulasi harga total rumah.

Apabila pembangunan rumah dikerjakan dengan sistem borongan kepada perusahaan kontraktor maka diperlukan pembuatan rencana kerja dan syarat-syarat atau RKS yang menjelaskan spesifikasi pekerjaan dan material yang digunakan, namun apabila dibangun sendiri atau menggunakan jasa mandor keberadaan RKS.

Baca Juga: Perencanaan Desain Rumah Detail dan Lengkap

Tags :

Bagikan Artikel