Pinhome

Ini Daftar Harga Router Wifi Terbaik

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 1 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Kebutuhan akan internet semakin meningkat di masa pandemi. Untuk itu, kebutuhan akan router wifi sebagai penghubung internet juga semakin tinggi. Yuk temukan rekomendasi merk router terbaik yang bikin internet stabil di sini.

Pinhome – Bagi pengguna wifi di rumah, kehadiran router wifi sangat penting demi menunjang koneksi yang stabil. Router inilah alat di balik jaringan internet yang sering kita nikmati setiap hari. 

Fungsi utama router adalah sebagai perangkat untuk menghubungkan beberapa komputer agar terkoneksi dengan internet. Perangkat ini diperlukan untuk mengarahkan paket data tersebut ke jaringan dan dengan rute yang sesuai.

Baca Juga: Cara Mengganti Password Wifi Lewat HP Lengkap Untuk Semua Provider

Nah, memilih wifi router juga tidak bisa asal, Pins. Ketika memilih router, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, seperti jumlah pengguna, standar komunikasi, dan pita frekuensinya. 

Jika sedang berpikir untuk mengganti router di rumah, maka berikut ini beberapa rekomendasi router terbaik dan harganya.

Jenis Router Wifi 

Sebelum mengetahui daftar harga router, sebaiknya mengetahui dulu jenis-jenisnya, Pins. Adapun jenis router yang biasa digunakan diantaranya: 

Router Kabel

Jenis router yang pertama adalah router kabel. Cara pemasangan kabel ini dengan menghubungkan langsung ke modem atau Wide Area Network (WAN) melalui kabel jaringan. 

Router ini biasanya terpasang dengan port yang terhubung ke modem agar terhubung dengan internet. 

Router Nirkabel

Berbeda dengan router kabel, router ini terhubung secara nirkabel dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

Router wireless termasuk jenis router yang memiliki berbagai kelebihan salah satunya dapat dihubungkan dari mana saja selama berada dalam ruangan. Dalam hal pemasangan dan instalasi pun lebih mudah dan cepat.  

Namun, dibanding router kabel router jenis ini dari segi keamanan kurang, karena informasi pribadi bisa saja diakses siapapun. 

Rekomendasi dan Harga Router Terbaik

Memilih merk wifi router sangat penting karena berkaitan dengan kecepatan dan kestabilan internet. 

Nah, jika ingin mengganti router di rumah, berikut ini rekomendasi router terbaik, Pins!

Baca Juga: Manfaatkan Internet Untuk Pemasaran Properti Selama Pandemi

Tenda AC6 – AC1200 Smart Dual-Band (Rp375.000 – Rp600.000)

Router Wifi
(tendacn.com)

Tenda AC6 dikenal sebagai router terbaik yang banyak fitur dan ramah lingkungan lewat teknologi hemat daya dan App-based management. Sinyal yang dipancarkan oleh Tenda AC6 kuat didukung dengan performanya stabil. Tenda memiliki empat antena high-gain 5 dBi yang didukung oleh multi-oscillator radiation technology. 

Tak hanya itu, router Tenda ini juga memiliki kemampuan wifi menembus dinding dua kali lebih baik dibanding router pada umumnya. Alat ini juga mendukung kecepatan dual band hingga 1167 Mbps. 

Soal fiturnya, sebagai router terbaik, Tenda AC6 telah dibekali fitur-fitur terbaru termasuk teknologi beamforming + dan MU-MIMO (Multi-User, Multiple Input, Multiple Output) yang memungkinkan router mengatur aliran data terpisah pada beberapa perangkat dapat dilayani sekaligus.

Artinya, dengan router ini, Pins akan puas mengunduh film, bermain game online tanpa gangguan, dan streaming video 4K. 

Asus RT-AC59U V2 (Rp679.000 – Rp799.000)

Router Wifi
(gadgetpilipinas.net)

Dikenal karena produk laptop gaming terbaik, Asus juga menyediakan Router berkualitas dengan kemampuan yang luar biasa. Wifi router Asus RT-AC59U ini jadi produk unggulan dari Asus memiliki kemampuan dual-band dengan kecepatan hingga 1,9 Gbps. 

Router ini ideal untuk digunakan di kantor atau rumah dua lantai. Tak perlu khawatir dengan keamanannya, hampir semua router keluaran Asus telah dilengkapi fitur keamanan AiProtection sehingga lebih aman saat berselancar di internet. 

Soal pengontrolan jaringan pjun lebih mudah hanya dengan mengunduh aplikasi ASUS Router. Dengan aplikasi ini, Pins bisa mengatur router, mengelola lalu lintas jaringan, mendiagnosis masalah koneksi, hingga memperbarui firmware dengan mudah tanpa perlu booting komputer terlebih dahulu. Keren, ya? 

Prolink PRC3801 (Rp990.000) 

Router Wifi
Bukalapak

Router yang bisa digunakan di rumah atau di kantor selanjutnya yaitu router Prolink PRC3801. Router dengan empat antena eksternal high-gain 5 dbi ini memungkinkan kamu mendapat jangkauan sinyal wifi yang luas dan kuat. 

Bahkan, kekuatan sinyalnya tergolong baik untuk menjangkau bangunan 3 lantai. Apalagi router ini memiliki fitur dua frekuensi atau dual band yang bisa memisahkan perangkatmu bekerja di dua frekuensi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Canggihnya lagi, router dari Prolink ini punya fitur Parental Control yang memungkinkan kamu membatasi akses ke konten dan memblokir perangkat tertentu untuk mengakses internet.

TOTOLINK A830R (Rp285.000)

(mybest.id)

Jika kamu mencari router multifungsi dengan harga terjangkau, Router dari Totolink A830R ini bisa dijadikan pilihan. A830R adalah router dual band nirkabel, yang memberikan kecepatan nirkabel hingga 1200Mbps.

Tak seperti router lainnya, Totolink memiliki empat mode, yaitu mode bridge (point to point), mode repeater untuk menguatkan sinyal dan mode gateway berperan sebagai gerbang transit pengiriman packet. Kemudian, router ini juga mode WISP akan mampu menerima sinyal Wifi sekaligus memancarkan kembali sinyal tersebut.  

Dengan ukuran yang compact hanya seukuran saku, tetapi  Totolink sudah dilengkapi antena berperforma tinggi yang baru dibuat membuat A830R menjadi lebih portabel.   

Archer AX10 (Rp1.160.000)

(Blibli)

Rekomendasi router terbaik selanjutnya dari TP-Link. Wireless router ini dibekali CPU triple-core 1,5 GHz yang sangat tangguh dalam transfer data dalam jumlah besar. Dengan CPU ini, Pins tak perlu khawatir mengalami lag. 

Pins juga bisa menambahkan lebih banyak perangkat Wifi tanpa menurunkan kinerjanya. Kalau Pins sedang aktif work from, standar Wi-Fi 6 yang disematkan pada alat ini sangat cepat melakukan video conference. 

Demikian daftar harga router terbaik yang bisa kamu gunakan. Jika Pins memiliki anak, sebaiknya memilih router yang dilengkapi dengan fitur parental control, ya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Linda

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel