Pinhome

Lifestyle

Goa Jepang Bantul, Wisata Bersejarah Jogja

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 19 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Yogyakarta memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata yang mengagumkan dan penuh sejarah. Mulai dari candi, museum, benteng hingga goa. Salah satu tempat wisata di Jogja yang menyimpan banyak sejarah yaitu Goa Jepang yang berada di Kabupaten Bantul.

Goa Jepang yang berada di atas puncak bukit ini dijaga dengan baik oleh warga sekitar dan akhirnya ditetapkan sebagai tempat wisata Jogja yang bisa didatangi siapa saja.

Goa Jepang di Seloharjo, Kecamatan Pundong ini memang cukup unik karena letaknya yang berada di atas bukan di dataran rendah seperti kebanyakan goa. Selain itu, jumlahnya juga cukup banyak sehingga pengunjung bisa menjelajahi satu persatu goa dan berswafoto di sana.

Di masa penjajahan dulu, goa-goa tersebut kabarnya digunakan untuk berbagai keperluan. Ada goa khusus untuk menampung senjata, serta untuk tempat menyimpan bahan makanan.

Baca Juga: Bukit Panguk Kediwung

Terdapat pula goa sebagai tempat pengintaian musuh. Letak goa yang digunakan sebagai tempat mengintai barada menghadap lembah, dengan jumlah sekitar 6 buah. Ada pula 8 goa yang dipakai sebagai tempat tentara atau disebut bunker.

Goa tersebut dibangun menggunakan beton dengan tebal dinding mencapai 30 sampai 60 meter, dengan lubang di atas. Lubang tersebut diperkirakan sebagai ventilasi sehingga udara bisa masuk ke dalam goa.

Lokasi Goa Jepang Jogja

Apabila kamu berniat melihat sendiri rupa Goa Jepang Pundong, silahkan datang ke wilayah Bantul. Tepatnya ada di Dusun Ngreco dan Poyahan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Jika kamu berasal dari pusat Kota Jogja, jarak yang harus kamu tempuh adalah sekitar 31 kilometer. Searah dengan jalur ke Pantai Parangtritis.

Rute Goa Jepang Jogja

Rute yang sama dengan Pantai Parangtritis, kamu hanya perlu melewati jalan yang biasa digunakan ke Parangtritis. Apabila sampai di Jalan Parangtritis, silahkan lurus ke selatan.

Kemudian dari perempatan Tulasan, lewati jembatan sungai Opak. Jika kamu sudah melihat papan petunjuk dengan tulisan ‘Goa Jepang’, tinggal ikuti petunjuk tersebut.

Kamu bisa bertanya pada penduduk jika masih bingung. Setelah sampai tempat parkir, silahkan naik ke puncak dengan jalan kaki.

Harga Tiket Masuk Goa Jepang

Tidak ada tiket yang harus kamu bayarkan untuk masuk ke goa ini. Kamu mungkin hanya akan dikenakan tiket parkir. Oleh karena itu, datang ke Goa Jepang ini bisa dibilang sangat murah meriah. Kamu juga bisa belajar sejarah dari lokasinya langsung.

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel