Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Gambar Dekoratif adalah Hal yang Banyak Ditanyakan. Sebenarnya Apa Sih Artinya?

Hobi

Gambar Dekoratif adalah Hal yang Banyak Ditanyakan. Sebenarnya Apa Sih Artinya?

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 13 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam pelajaran seni rupa mungkin kamu sering mendengar makna dekoratif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dekoratif diartikan berkenaan dengan dekorasi. Namun, dalam istilah seni rupa gambar dekoratif adalah gambar dua dimensi yang timbul dari corak dan pewarnaan. Terdiri dari ragam pola dan bentuk yang tidak ada ketentuan pastinya dalam proses penggambaran.

Pinhome – Dalam membuat sebuah karya dekoratif pun, kamu perlu mengetahui beberapa unsur penting yang selalu dijadikan dasar dan juga teknik yang tepat agar gambar terlihat menarik. Bila kita mengulas lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan gambar dekoratif, maka akan ditemukan kesamaan arti bahwa gambar dekoratif adalah sebuah karya seni yang dihasilkan dari tangan dalam menghias suatu permukaan benda sehingga terlihat indah.

Namun, untuk mengulas lebih dalam dan memahami lebih detail gambar dekoratif, Pins harus mengetahui langkah pembuatannya. Dengan begitu kamu bisa mempraktekkan sendiri di rumah dan mengerti maksudnya. Karya seni gambar dekoratif juga dapat diperjualbelikan lho! Ini akan menambah ide menarik dalam pembuatan bisnis barumu. Simak yuk ulasannya.

Pengertian Gambar Dekoratif Menurut Ahli

Apa yang dimaksud dengan gambar dekoratif memang tidak lengkap bila tidak mengacu kepada ahli. Empat diantaranya mengatakan :

  • Seni dekoratif merupakan suatu kerangka, rancangan, bentuk, motif maupun pola yang diterapkan pada suatu objek. (Choirul Amin)
  • Seni dekoratif juga merupakan salah satu modal awal dalam terbentuknya suatu rancangan pada objek tertentu. (Lanawati Basuki dan Soekarno)
  • Seni dekoratif adalah suatu aktivitas dalam menciptakan hal yang berguna dan karya baru yang berbanding dengan sebelumnya. (JB Reswick)
  • Arti gambar dekoratif  memiliki maksud cara untuk meningkatkan inovasi terhadap suatu bisnis dan industri tertentu (Bruce Nussbaum)

Adapun beberapa tokoh juga sudah mempopulerkan karya dari gambar dekoratif yang berasal dari Indonesia. Tokoh- tokoh terkenal dalam seniman bentuk gambar dekoratif tersebut adalah I Gusti Made Deblog, I Gusti Ketut Kobot, Batara Lubis dan Kartono Yudhokusumo.

Baca Juga: Lukisan Mural Dinding Penuh Makna untuk Cafe dan Kamar Pribadi

Unsur-Unsur dalam Arti Gambar Dekoratif

Warna

Warna memang menjadi unsur yang tidak kalah penting larut dalam sebuah karya. Dengan adanya warna dalam gambar dekoratif maka suatu bidang akan terlihat nyata dan indah saat memandangnya. Cahaya yang dikeluarkan dari warna mampu membuat keceriaan tersendiri saat memandangnya. Walaupun gambar dekoratif adalah suatu karya yang mayoritas dibuat dengan warna, namun tanpa warna pun suatu gambar dapat terkesan dekoratif.

Bidang

Arti gambar dekoratif dalam karya dua dimensi juga tak luput dari suatu gambar bidang. Gambar tersebut dapat berupa benda pipih yang berbentuk persegi, lingkaran, segitiga dan bentuk apapun yang mengarah pada sebuah dimensi. Hal yang terpenting adalah dalam gambar dekoratif terdapat suatu bidang yang mempunyai panjang dan lebar (luas).

Garis

Unsur selanjutnya yang tidak kalah penting dalam sebuah bentuk gambar dekoratif adalah garis. Setiap goresan garis yang terbentuk pada gambar menjadi unsur utama dalam sebuah karya. Garis akan mengarahkan sebuah bentuk dari sebuah kreativitas yang tidak terbatas.

Titik

Selain garis, ternyata ada unsur lainnya yang menjadi penopang suatu gambar dasar, yaitu titik. Titik yang tidak mempunyai dimensi tersebut berbentuk lingkaran kecil yang dapat dibuat menarik bila dibuat ramai atau dalam bergerombol.

Struktur

Apa yang dimaksud dengan gambar dekoratif sendiri juga tidak luput dari keselarasan struktur di dalamnya. Unsur terakhir dari pembuatan bentuk gambar dekoratif adalah percampuran antara titik, garis, bidang yang disebut dalam sebuah struktur.

Contoh-Contoh Bentuk Gambar Dekoratif

Tema Hewani

(Pinterest)

Tema Tumbuhan

(bigstock)

Tema Manusia

(freepik)

Tema Abstrak

(saatchiart)

Fungsi Seni Dekoratif

Arti gambar dekoratif yang terdiri dari unsur-unsur menarik dalam pembuatannya juga memiliki fungsi-fungsi yang tak kalah penting, antara lain :

  • Mengasah kemampuan individu untuk membuat karya kreatif yang berbeda.
  • Menambah wawasan manusia akan ide memadupadankan desain gambar pada ruang maupun suatu objek untuk menciptakan estetika yang keindahan.
  • Mempercantik sebuah ruangan dalam hal dekorasi interior.
  • Menambah nilai jual tersendiri bagi suatu objek.
  • Membantu suatu karya untuk dapat diterima pesannya di masyarakat.

Langkah Mudah Menggambar Dekoratif

(unsplash)

  • Pilih kategori bentuk dekoratif yang akan kalian buat, bentuk gambar stilasi (penggambaran dasar bentuk suatu figur seperti manusia, hewan ataupun pemandangan) atau geometris (lebih mengarah pada unsur pola dan garis secara kreatif).
  • Setelah itu tentukan konsep pertama yang akan kalian buat sebagai suatu gambar dekoratif.
  • Siapkan media yang akan Pins buat, bisa pada kain, tembok, kertas atau apapun sesuai dengan kreativitas.
  • Bentuk gambar dekoratif dalam media yang telah kamu tentukan.
  • Jangan lupa untuk perhatikan keseimbangan dalam keselarasan penggambaran dalam bentuk geometris agar setiap garisnya dapat menyatu menjadi hasil yang indah.
  • Selain itu jangan terbatas hanya dengan satu bentuk atau pola yang sama, kamu bisa memadupadankan bentuk dan warna menjadi satu kesatuan.
  • Bila sketsa gambar sudah terbuat, kini Pins bisa masuk ke dalam tahapan selanjutnya, yaitu pewarnaan.
  • Hindari pewarnaan berlebih pada suatu objek, dan coba perhatikan kontras warna satu dengan lainnya. Bila memang dirasa warna tidak mampu menghasilkan gambar yang diinginkan, maka karya tersebut tidak perlu diberi warna.

Apa kini Pins mulai mengerti apa yang dimaksud dengan gambar dekoratif? Gambar dekoratif memang terkesan lebih simpel dan dapat mengacu kepada kreativitas para pembuatnya tanpa adanya batasan kejelasan yang baku. Selamat membuat karya gambar dekoratif pertama mu Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel