Daftar 7 Wisata di Bandung Gratis yang Sarat Sejarah

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 16 May 2022 ∙ 4 menit membaca

Berwisata sudah menjadi salah satu kebutuhan demi menjaga kesehatan mental. Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada, Bandung menjadi salah satu yang banyak dituju. Hal ini dikarenakan ada banyak pilihan tempat wisata di Bandung dengan banyak pilihan karakteristik untuk dikunjungi. 

Bandung memiliki beragam destinasi, mulai dari wisata kekinian, wisata alam, wisata kuliner, bahkan sampai destinasi wisata sejarah pun ada. Tak mengherankan, karena Bandung kerap kali menjadi saksi terjadinya peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di Indonesia. Berikut ini daftar lokasi wisata yang penuh sejarah dan bisa dikunjungi di Bandung secara gratis:

1. Gedung Merdeka

Tempat tujuan wisata di Bandung ini pernah menjadi saksi bisu diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada Tahun 1955 silam. Dengan desain arsitektur kolonial yang kental, gedung ini bisa menjadi objek foto yang menarik. 

Berlokasi di Jalan Asia Afrika Nomor 65 di Kawasan Braga, Gedung Merdeka buka pada Hari Selasa-Minggu, pukul 8 pagi sampai 4 sore. Hanya saja, bagi yang ingin berkunjung wajib untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. 

2. Museum Asia Afrika

Destinasi yang satu ini masih menjadi satu dengan Gedung Merdeka. Lokasinya juga ada di Jalan Asia Afrika Nomor 65. Waktu operasionalnya pun sama, yakni pada Selasa sampai Minggu pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Museum ini memajang benda-benda yang memamerkan benda-benda yang digunakan pada peristiwa bersejarah Konferensi Asia Afrika. Misalnya saja, sebuah mesin ketik yang digunakan untuk mencatat kegiatan tersebut. Selain itu, ada pula ruang konferensi, ruang dokumenter, ruang galeri, hingga perpustakaan.

3. Monumen Bandung Lautan Api

Semua orang di Indonesia pasti tahu tentang peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini bahkan diabadikan dalam lagu dan semua anak Indonesia mengenalnya. Tugu Monumen Bandung Lautan Api menjadi lokasi yang wajib didatangi untuk mengenang peristiwa sejarah di Kota Kembang.

Lokasinya ada di Jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, dan bisa dikunjungi setiap waktu. Monumen ini bisa menjadi lokasi yang tepat bagi yang ingin mengenang peristiwa pembakaran Kota Bandung oleh para pejuang agar tidak diduduki kembali oleh Belanda. Keberadaannya merupakan sebuah simbol perjuangan pantang menyerah rakyat Bandung. 

4. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Nama Siliwangi memang sudah sangat melekat bagi masyarakat Bandung. Hal ini tak lepas angkatan militer kebanggan penduduk Jawa Barat yang berpusat di Bandung, Kodam Siliwangi. Museum ini sudah dibuka sebagai lokasi wisata sejak Tahun 1968 dan peresmiannya dilakukan oleh Panglima dari Kodam Siliwangi pada saat itu.

Wisata di Bandung yang sarat akan sejarah ini menyimpan berbagai benda peninggalan yang pernah dipakai oleh Pasukan Kodam Siliwangi. Misalnya saja seperti senjata, senapan, bahkan sampai tank. Museum Mandala Wangsit Siliwangi buka Hari Senin-Sabtu, pukul 8 pagi sampai 3 siang pada Hari Senin sampai Sabtu. Lokasinya ada di Kawasan Braga, tepatnya di Jalan Lembong Nomor 38.

5. Jalan Braga

Bagi yang ingin merasakan sensasi Bandung tempo dulu, maka bisa berjalan-jalan di sepanjang Jalan Braga. Nama jalan ini sudah beberapa kali disebut pada poin sebelumnya sebagai tempat lokasi keberadaan Gedung Merdeka dan Museum Asia Afrika. 

Selain bangunan yang kental dengan nuansa kolonial, di sepanjang jalan ini juga bisa ditemukan berbagai kuliner enak. Tinggal pilih saja waktu untuk berkunjung yang dirasa paling pas, karena bisa dikunjungi kapan pun. Minimal, bisa mengambil foto berlatar kawasan ini untuk dijadikan sebagai feed Instagram. 

6. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Secara sekilas, bentuk monumen ini mirip seperti monumen yang ada di Kota Surabaya, Monumen Bambu Runcing. Yang membedakan adalah adanya 7 diorama tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Masing-masing diorama seolah bercerita tentang masa-masa perjuangan dulu. Mulai dari perjuangan kemerdekaan sampai mempertahankannya. 

Berwisata di sini bisa sekaligus menjadi ajang belajar sejarah karena koleksi barang-barang bersejarah peninggalan masa perjuangan kemerdekaan. Lokasi monumen ini ada di Jalan Dipati Ukur, Lebakgede, Kecamatan Coblong dan buka dari Hari Senin-Jumat pukul 9 pagi hingga 3 siang. 

7. Gedung Indonesia Menggugat

Di Gedung Indonesia Menggugat, ada banyak foto-foto bersejarah yang pernah terjadi di sana. Selain itu, nuansa arsitektur gedung khas peninggalan masa kolonial juga masih terasa sangat kental. Jadi cocok untuk diabadikan dan dijadikan sebagai feed Instagram.

Lokasinya ada di Jalan Perintis Kemerdekaan  Nomor 5, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung. Gedung ini bisa dikunjungi pada hari Senin sampai Jumat, sedangkan untuk waktu berkunjung adalah pukul 8 pagi sampai 5 sore. Gedung ini sekarang kerap dimanfaatkan untuk tempat bermacam acara, mulai dari pertunjukan seni sampai acara sosial.

Itulah 7 lokasi wisata di Bandung yang penuh dengan nilai sejarah dan bisa menjadi tempat untuk mengenang Kota Kembang dari waktu ke waktu. Semua tempat yang disebutkan di atas dapat dikunjungi tanpa perlu membayar biaya masuk. Hanya saja, sebagian besar tempat tersebut memiliki jam berkunjung secara khusus. 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia