Contoh Sikap dan Pengertian Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 8 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Tawakal bisa dibilang sebagai puncak tertinggi keimanan. Biasanya, sikap ini akan beriringan dengan optimis dan ikhtiar. Konon, sikap tawakal akan datang sendirinya jika keimanan seseorang sudah matang. Jadi, butuh proses dan ketakwaan yang tinggi supaya dapat menjadi pribadi yang tawakal. 

Pinhome – Namun perlu diketahui bahwa tawakal berbeda dengan pasrah. Sebab, seseorang yang bertawakal pun biasanya juga telah melakukan ikhtiar dan memiliki pandangan yang optimis. Sebagai panduan, berikut ini ada contoh sikap dan pengertian optimis, ikhtiar, dan tawakal yang perlu Pins ketahui. 

Pengertian Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal

(Unsplash)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tawakal adalah pasrah diri kepada kehendak Allah SWT; percaya dengan sepenuh hati kepada Allah SWT baik dalam penderitaan dan sebagainya; berserah kepada Allah SWT. 

Jika dilihat dari segi bahasanya, tawakal berasal dari kata ‘tawakala’ yang berarti menyerahkan, mempercayakan, dan mewakilkan. Seseorang yang bertawakal akan menyerahkan dan mempercayakan urusan kepada Allah SWT saja. Namun sikap ini bukan berarti pasrah. 

Seseorang yang bertawakal akan selalu berikhtiar dan optimis terhadap takdir Allah SWT. Secara ringkas, ikhtiar sendiri adalah segala perilaku atau perbuatan manusia guna mencapai sesuatu yang ia dinginkan. Sementara, optimis adalah sikap atau orang yang selalu berpengharapan atau berpandangan baik dalam segala hal. 

Hadis Mengenai Tawakal, Ikhtiar, dan Optimis

(Unsplash)

Seorang muslim harus senantiasa menerapkan sikap tawakal dan berikhtiar semaksimal dalam prinsip hidupnya. Dengan demikian, ia akan dekat dengan surga-Nya. Hal ini sesuai dengan potongan ayat berikut: 

وَعَلَى اللّهِ فَتَوَكَّلُواْ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

Artinya: “Dan hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakal, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” – QS. Al Ma’idah: 23.

Perlu dipahami bahwa tawakal yang benar ialah tawakal yang disertai dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh. Dua hal tersebut merupakan sebab akibat yang akan Pins dapatkan. Allah SWT berfirman: 

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ

Artinya: “Sesungguhnya Allah SWT tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” – QS. Ar Ra’du: 11.

Meski dianjurkan untuk berikhtiar, tapi agama Islam juga memerintah umatnya untuk berusaha di jalan yang baik dan tidak merasa lemah. Sebuah hadis menyebutkan demikian:

اليَدُ العُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اليَدِ السُّفْلَى، فَاليَدُ العُلْيَا: هِيَ المُنْفِقَةُ، وَالسُّفْلَى: هِيَ السَّائِلَةُ

Artinya: “Tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah. Tangan diatas yaitu pemberi, sedang tangan dibawah yaitu peminta.” – HR. Bukhari Nomor 1429 dan Muslim Nomor. 1033.

Selain berikhtiar dalam kebenaran, Pins juga harus memiliki sikap optimis kepada Allah SWT dan ikhtiar yang sudah dilakukan. Dengan demikian, usaha dan pengharapan yang sudah Pins lakukan akan berbuah manis dan didengar oleh Allah SWT. 

Bentuk sikap optimis ini termuat dalam salah satu hadis, berikut bacaanya: 

وَعَنْ اَنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: جَاءَرَجُلٌ اِلَى النَبِيَ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَ قَالَ: يَارَسُوْلَ اللهِ اَصَبْتُ حَدًافَاَقِمْهُ عَلَيَ وَحَضَرَتِ الصَلاَةُ فَصَلَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمْ فَلَمَا قَضَى الصَلاَةُ قَالَ يَارَسُوْلَ اللهِ اِنِى اَصَبْتُ حَدًافَاَقِمْ فِى كِتَابِ اللهِ قَالَ: هَلْ حَضَرْتَ مَعَنَاالصَلاَةَ؟ قَالَ: نَعَمْ, قَالَ: قَدْ غُفِرَلَكَ. متفق عليه

Artinya: “Dan dari Anas ra berkata: Seorang datang kepada Nabi SAW dan berkata, “Saya terkena hukuman Hadd, maka laksanakanlah atas diriku.” Ketika itu bertepatan dengan waktu shalat, maka ia shalat bersama Rasulullah. Dan sesudah selesai shalat, ia berkata, “Ya Rasulullah, saya telah terkena Hadd, maka laksanakan atas diriku.” Rasulullah SAW bertanya, “Apakah engkau telah shalat bersama kami?” Jawabnya, “Ya.” Sabda Nabi, “Telah diampuni bagimu.” – HR. Bukhari dan Muslim. 

Keutamaan Tawakal, Ikhtiar, dan Optimis 

(Unsplash)

Allah SWT menjanjikan ketenangan pada hamba-Nya yang benar-benar bertawakal dan berikhtiar. Dalam surah Ath Thalaq: 3, Allah SWT berfirman: 

وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْراً

Artinya: “Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” 

Selain itu, Rasulullah SAW pun bersabda: 

لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَوَكَّلُونَ عَلَى اللَّهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرُزِقْتُمْ كَمَا يُرْزَقُ الطَّيْرُ تَغْدُو خِمَاصًا وَتَرُوحُ بِطَانًا

Artinya: “Seandainya kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya pasti Allah akan memberi kalian rezeki sebagaimana burung diberi rezeki. Keluar diwaktu pagi dalam keadaan lapar kemudian pulang dalam kondisi kenyang.” – HR. Tirmidzi no. 2344. Dishahihkan Albani.

Contoh Sikap Optimis, Ikhtiar, dan Tawakal 

(Unsplash)

Ada satu contoh kasus di mana seorang muslim bisa menerapkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal saat bersamaan, yakni ketika pandemi covid-19 melanda. 

Sebagai gambarannya, seorang muslim mestinya percaya bahwa pandemi covid-19 ialah ujian dari Allah SWT. Dengan demikian, maka ia harus bertawakal dan senantiasa berikhtiar agar pandemi ini segera berakhir. Caranya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan sebaik mungkin. Lalu , bentuk optimis yang dilakukan yakni dengan mempercayai bahwa pandemi ini akan berakhir atas kehendak Allah SWT melalui usaha yang kita lakukan. 

Untuk lebih rincinya, berikut ini ada beberapa contoh sikap optimis, ikhtiar, dan tawakal yang bisa Pins jadikan pedoman: 

Contoh optimis

  1. Yakin bahwa kamu akan lulus ujian karena sudah berusaha keras. 
  2. Selalu meyakini diri sendiri bahwa akan ada jalan terbaik dari setiap permasalahan. 
  3. Jika kehilangan sesuatu, kamu yakin bahwa Allah SWT akan menggantinya dengan sesuatu yang lain.

Contoh ikhtiar

  1. Menerapkan protokol kesehatan ketat supaya pandemi ini segera berakhir. 
  2. Belajar setiap hari sebelum menghadapi ujian. 
  3. Bersikap disiplin dan membiasakan diri untuk berolahraga supaya senantiasa sehat. 

Contoh tawakal 

  1. Belajar dengan sungguh-sungguh dan mempercayakan hasilnya kepada ketetapan Allah SWT. 
  2. Tidak mengeluh dan selalu mengusahakan yang terbaik karena Allah SWT akan memberikan yang baik pula. 
  3. Jika suatu ketika gagal, kamu meyakini bahwa kegagalan tersebut adalah ketentuan terbaik dari Allah SWT untukmu. Barangkali akan diganti dengan hal lain yang lebih baik. 

Contoh sikap optimis, ikhtiar, dan tawakal ini hanyalah segelintir peristiwa saja. Masih banyak sikap lain yang bisa Pins terapkan supaya dekat dengan jalan Allah SWT. 

Yuk, mulai terapkan sikap ini dalam kehidupan sehari-hari, agar semuanya lebih mudah.


Temukan pilihan rumah atau tanah seperti harga tanah di Bandung terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia