8 Contoh Gambar Batik untuk Tugas Sekolah Anak

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 30 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Bukan tanpa alasan kenapa contoh gambar batik yang mudah menjadi salah satu tugas sekolah yang wajib diberikan untuk para siswa. Pasalnya, menggambar sendiri jadi salah satu kegiatan yang bisa mengasah pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama imajinasi, gerak motorik, hingga kreativitas.

Selain untuk mengasah kreativitas anak, memberikan kepekaan sejak dini tentang contoh gambar batik yang mudah juga jadi langkah sederhana mengenalkan Si Kecil pada budaya dan dari mana ia berasal. Seperti yang sudah tidak asing lagi, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan budayanya.

Batik jadi salah satu ikon yang tidak bisa lepas dari Tanah Air. Di mata dunia, motif kain batik buatan pengrajin lokal pun sudah sangat terkenal. Buktinya, pada tahun 2009 silam, UNESCO juga sudah mematenkan bahwa batik dari Indonesia merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Tak Lisan dan Tak Benda.

Supaya generasi penerus tidak lupa dengan sejarah dan peninggalan berharga dari nenek moyang, setiap tanggal 2 Oktober juga diperingati sebagai Hari Batik Nasional di mana seluruh lapisan masyarakat bisa serentak mengenakan kain kebanggaan Indonesia ini, Pins.

Sejarah batik

Sebagai informasi, beragam sumber menjelaskan bahwa batik sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, yaitu sekitar awal abad ke-19. Kesenian batik ini mencuat berbarengan dengan berkembangnya penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Motif batik ini kemudian berkembang sesuai dengan daerah asalnya. Tidak hanya sekadar motif saja, setiap goresan di permukaan kain memiliki makna tersendiri.

Pengrajin batik biasanya mengandalkan kain mori, canting, malam, hingga tungku kecil untuk menorehkan motif sehingga menjadi batik yang indah. Proses membuat batik tulis sampai sekarang juga masih dipertahankan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kain khas ini tidak hanya terdiri dari batik tulis saja tapi juga ada batik cap yang bisa jadi alternatif lainnya, Pins. Tak hanya mengalami perubahan teknik membatik, desain, motif, hingga warna juga menyesuaikan selera pasar.

Tak hanya digunakan oleh Raja atau petinggi, kini setiap orang bisa mengenakan kain khas Indonesia ini dengan mudahnya. Desain baju, kemeja, dan pakaian jenis lainnya pun sangat mungkin dimodifikasi dan dipadukan dengan batik.

Cara gambar batik

Tak serumit dengan teknik membatik, cara gambar batik mudah bisa dimulai dengan beberapa persiapan penting berikut:

  • Kertas gambar
  • Pensil
  • Spidol hitam
  • Penggaris
  • Pensil warna atau jenis pewarna lainnya
  • Penghapus

Jika beberapa perlengkapan menggambar sudah dipersiapkan, Pins bisa memulai membuat gambar batik dengan memperhatikan contoh yang mudah dengan langkah-langkah ini:

Pertama cari ide akan menggambar gambar motif batik jenis apa. Beberapa pilihan yang dapat dijadikan contoh yang mudah, yaitu gambar motif batik Parang Rusak dari Solo, batik Megamendung dari Cirebon, batik Kawung dan masih banyak lagi.

Setelah itu, pastikan menggambar di permukaan yang rata, siapkan kertas gambar. Langkah selanjutnya yaitu membuat garis pinggir pada kertas gambar kurang lebih 1 cm supaya terlihat rapi.

Jika sudah, buat garis bantu untuk membuat motif batik. Garis bantu ini sangat memudahkan ketika anak ingin gambar batik bunga. Usahakan motifnya saling berkesinambungan.

Jika sudah selesai, lanjut pertegas garis menggunakan spidol hitam. Tunggu beberapa saat sampai bekas goresan spidol mengering. Lanjut, hapus bekas garis pensil.

Bebaskan Si Kecil untuk memberikan warna batik. Jika ia kebingungan, beri contoh gambar batik mudah yang biasanya sudah disertai dengan pilihan warna seperti berikut ini.

Contoh gambar batik

Ini dia 8 contoh gambar batik untuk tugas sekolah anak yang mudah, Pins:

Batik kawung

(Bergaya.ID)

Batik Kawung khas Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki motif yang menyerupai dengan buah kawung. Bahkan, motif Kawung termasuk salah satu batik tertua di Indonesia, Pins.

Batik megamendung

contoh gambar batik yang mudah
(gambarterheboh)

Batik Megamendung berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat yang pembuat motifnya dipelopori oleh seseorang asal Tiongkok. Motif batik ini menyerupai awan yang berbaris indah.

Batik parang rusak

contoh gambar batik yang mudah
(Tumpi.ID)

Batik parang rusak merupakan motif batik yang berasal dari Kota Solo, Jawa Tengah. Batik Parang juga termasuk ke dalam batik tertua di Indonesia. Motifnya mirip dengan huruf S. Namun, sebenarnya nama Parang atau Pereng ini memiliki makna lereng yang akhirnya diaplikasikan sebagai motif.

Batik sidomukti

iktenun)

Batik Sidomukti termasuk salah satu motif yang identik dengan daerah Surakarta dan Yogyakarta. Motif ini memiliki makna yang mendalam yaitu tentang kesejahteraan dalam berumah tangga.

Batik garutan

contoh gambar batik yang mudah
(Batikdan)

Batik Garutan merupakan batik khas Garut, Jawa Barat, Motifnya juga sangat beragam, salah satu yang mudah dijadikan inspirasi gambar batik yaitu motif bulu hayam.

Batik bogor

contoh gambar batik yang mudah
(Inilahonline)

Batik Bogor termasuk batik asal Jawa Barat yang warnanya cenderung cerah. Motif batik Bogor ini banyak terinspirasi dari Kerajaan Pakuan Pajajaran hingga fenomena alam.

  • Batik Priyangan
(Sindonews)

Batik Priyangan merupakan batik khas Tasikmalaya, Jawa Barat. Motif batik ini biasanya berbentuk gambar flora, fauna, dan payung.

Batik indramayu

contoh gambar batik yang mudah
(Sejarah Bogor)

Batik Indramayu jadi batik asal Jawa Barat selanjutnya yang dapat dijadikan inspirasi menggambar batik, Pins. Batik Indramayu sangat khas dengan teknik complongan. Kain batik akan dilubangi dengan jarum terlebih dahulu Motifnya juga masih seputar flora dan fauna.

Delapan motif di atas bisa dijadikan pedoman untuk membantu tugas sekolah menggambar batik. Selamat berkreasi, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah, tanah seperti tanah dijual di Bandung atau apartemen terlengkap seperti Apartemen Casa de Parco di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kotributor: Yosa

Editor: Annisa Hapsari

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia