Pinhome

Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 4 July 2022 ∙ 11 menit membaca

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini, setiap HP yang digunakan kabanyakan orang tentu sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Nah layar sentuh (touchscreen) tersbut menjadi salah satu bagian yang cukup sensitif pada HP modern seperti saat ini.

Touchscreen menjadi bagian sensitif sehingga perlu dilindungi dari benturan benda padat atau dari cairan berbahaya agar fungsinya tetap bisa normal. Walaupun kamu sudah berupaya menjaganya agar tidak rusak, tetapi touchscreen terkadang mengalami masalah seperti touchscreen tiba-tiba tidak berfungsi (screen HP freeze).

Masalah touchscreen tidak berfungsi secara tiba-tiba ini pernah saya alami di HP Android yang saya gunakan. Dan mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini juga mengalami hal yang serupa. Nah, untuk itulah disini kami akan memberikan tutorial untuk mengatasi Touchscreen tidak berfungsi tersebut.

Penyebab Touchscreen Android Tidak Berfungsi

Touchscreen Android yang tidak berfungsi secara umum ada dua macam, yakni tidak berfungsi sebagian, dan tidak berfungsi seluruhnya. Terkait hal tersebut sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi atau menyebabkan touchscreen tersebut tidak berfungsi.

Berikut beberapa diantaranya:

  • HP terkena air
  • Layar HP kotor
  • Sistem smartphone hang atau lag
  • RAM penuh
  • Memori penyimpanan habis
  • HP jatuh atau layar terbentur
  • Listrik atau sumber daya HP tidak stabil
  • Pelindung layar bermasalah
  • Touchscreen rusak
  • Dan lain sebagainya

Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebenarnya tidak terlalu sulit, namun semuanya tergantung apa yang menjadi penyebab masalah touchscreen tidak berfungsi. Apabila karena sistem tentunya akan mudah diatasi, namun bila terjadi kerusakan tentu kamu harus memperbaikinya.

Untuk lebih lengkapnya silakan kamu simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

Bersihkan Layar HP

Ketika layar HP yang kamu gunakan kotor biasanya akan membuatnya susah disentuh (screen tidak berfungsi). Misalnya terkena minyak, cairan yang lengket atau ada kotoran tidak terlihat yang menempel tentu berdampak pada jari kita yang tidak sepenuhnya bisa menyentuh touchscreen.

Ketika layar HP kotor, maka jari kita juga tidak akan bisa secara langsung menyentuh touchscreen. Akibatnya smartphone tidak merespon sentuhan jari kita dan membuatya seolah-olah tidak berfungsi. Nah, silakan kamu cek pada layar HP kamu, lalu bila kotor silakan bersihkan dengan cara berikut:

  1. Untuk yang dasar, silakan kamu lap layar menggunakan kain yang bersih atau menggunakan tisu.
  2. Bisa juga dengan membasahi lap dengan sedikit air untuk membersihkannya.
  3. Apabila terdapat kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan, silakan kamu gunakan cairan pembersih khusus atau bisa menggunakan alternatif seperti minyak kayu putih / hand senitizer.
  4. Bila menggunakan cairan khusus, silakan semprotkan secukupnya pada layar kemudian lap sempai bersih.
  5. Selamat mencoba.

[adinserter block=”4″]

Restart Smartphone

Ketika sistem Android mengalami masalah seperti hang atau lag biasanya akan berakibat pada touchscreen tidak berfungsi ketika disentuh. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, dan saya langsung merestart smartphone kemudian setelah itu touchscreen normal kembali.

  1. Ketika smartphone hang bisanya hanya layar utama saja yang tidak merespon ketika disentuh, namun tombol power dan opsi didalamnya biasanya masih berfungsi.
  2. Silakan kamu tekan dan tahan tombol power sesaat sampai muncul pilihan menu.
  3. Setelah itu, silakan kamu pilih opsi Restart pada halaman yang muncul.
  4. Selanjutnya sistem akan restarting, silakan kamu tunggu sampai selesai dan sampai smartphone kamu nyala kembali.
  5. Setelah nyala, silakan coba gunakan smartphone seperti biasanya.
  6. Biasanya dengan ini layar yang tidak berfungsi akibat sistem hang akan teratasi.

Reboot Smartphone

Pada lain kasus, sistem yang mengalami hang atau lag kadang membuatnya tidak bisa disentuh sepenuhnya, tidak hanya pada halaman layar utama Android saja. Namun, bisanya tombol power dan tombol volume tetap bisa digunakan.

Nah, untuk itu silakan kamu reboot smartphone agar sistem kembali fresh dan beban kerja sistem akan hilang. Untuk reboot smartphone cara melakukannya adalah seperti di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke safe mode di smartphone kamu. Biasanya tiap HP berbeda caranya, jadi silakan searching terlebih dahulu.
  2. Secara umum masuk ke safe mode adalah dengan menekan lama tombol kombinasi Power + Vol Up / Vol Down.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke safe mode, silakan kamu pilih Reboot to system atau Restart system (silakan sesuaikan saja dengan HP kamu).
  4. Setelah itu biasanya ada notifikasi peringatan yang muncul, silakan kamu tap Next / Yes untuk memulai Reboot.
  5. Selanjutnya, silakan tunggu saja sampai reboot selesai dan kamu masuk ke sistem seperti biasanya.
  6. Jika sudah, coba gunakan atau tes touchscreen kamu seperti biasa.

[adinserter block=”5″]

Kalibrasi Layar HP

Selanjutnya, setelah kamu melakukan cara di atas dan kamu mandapati touchscreen smartphone masih ada sebagian yang tidak berfungsi, atau kadang-kadang berfungsi normal dan kadang tidak, maka kemungkinan ada masalah pada sistem.

Pemakaian ponsel dalam kurun waktu yang lama tentunya sedikit banyak ada pengaruhnya pada layar, salah satunya tingkat responsibilitas touchscreen terganggu dan menyebabkannya kadang tidak berfungsi dan kadang berfungsi. Nah untuk itu silakan lakukan kalibrasi layar untuk mengatasinya.

Untuk melakukan kalibarasi layar, kamu bisa menggunakan software pihak ketiga. Berikut detailnya:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh.
  2. Setelah kamu download, maka secara otomati aplikasi tersebut akan terinstal di HP kamu.
  3. Jika sudah, bukalah aplikasi tersebut kemudian pada halaman utama, silakan kamu cari dan pilih Calibrate / Kalibrasi.
  4. Selanjutnya, kamu akan melakukan beberapa proses kalibrasi, diantaranya ketukan tunggal, ganda, sentuhan lama, geser, zoom, dan sebagainya.
  5. Setelah selesai maka kamu akan mendapati notif dialog yang menjelaskan bahwa kalibrasi telah berhasil dilakukan dan Android harus direstart.
  6. Ketika kamu mendapati notif tersebut, silakan tap opsi Next / OK.
  7. Jika sudah, silakan restart HP kamu.

Gunakan Charger Lain

Saya pernah mendapati kasus touchscreen tidak bisa disentuh pada saat HP di cas. Hal ini biasanya dikarenakan tegangan listrik yang dialirkan dari charger tidak stabil atau tidak sesuai dengan kapasitas receiver daya pada smartphone.

Akibatnya listrik pada HP juga tidak stabil dan membuatnya tidak bisa disentuh dan bahkan ada yang touchscreen nyentuh sendiri padahal tidak disentuh. Nah, bila kasus yang dialami kamu adalah seperti coba lepas dulu charger yang terpasang pada HP, lalu lihat perbedaannya.

Bila touchscreen tidak bermasalah, maka bisa disimpulkan charger memang tidak sesuai dan mengharuskan kamu menggunakan charger lain atau charger original. Hal seperti ini jangan dibiarkan terus-menerus karena masalah touchscreen yang muncul pada kasus tersebut hanya gejala jangka pendeknya saja.

Namun, ada resiko lain atau gejala jangka panjangnya bila masalah tersebut tidak segera diatasi, diantaranya baterai HP rusak, HP bisa suka mati sendiri, sampai HP mati total.

Bersihkan RAM & Memory

Selanjutnya ketika kamu mengalami masalah touchscreen tidak berfungsi atau tidak merespon sama sekali biasanya karena kapasitas RAM dan memori internal yang penuh. Saya dulu pernah mengalami hal ini karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan membuat HP freeze atau tidak respon sama sekali.

Langkah yang saya ambil ketika mendapati masalah tersebut adalah dengan merestart perangkat dan bila restart tidak bisa saya me-reboot ulang smartphone. Caranya melakukan kedua hal tersebut sudah kami jelaskan pada ulasan sebelumnya.

Setelah berhasil restart atau reboot silakan kamu periksa kapasitas RAM yang tersedia dan bila penuh, maka silakan uninstal aplikasi yang tidak diperlukan. Bersihkan juga file di memori internal bila kapasitanya sudah tidak lega. Hal ini dilakukan agar HP freeze dan touchscreen tidak bisa disentuh tidak terjadi lagi kedepannya.

[adinserter block=”5″]

Matikan HP Sementara

Ketika kamu tengah asyik menggunakan smartphone untuk sosmed-an, nonton film, bermain game kadang sering lupa waktu dan lupa kondisi. Nah, biasanya ketika HP digunakan dalam waktu lama tanpa jeda, tentu suhunya akan naik dan HP menjadi panas (overheat).

Ada berbagai masalah yang muncul karena HP mengalami overheat, salah satunya touchscreen tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, silakan kamu berhenti sejenak ketika panas HP cukup tinggi, silakan matikan HP dan diamkan sampai suhunya kembali normal.

Lepas Antigores / Tempered Glass

Fungsi antigores atau tempered glass adalah untuk membuat layar tahan terhadap goresan atau benturan ringan. Namun, bila pelindung layar tersebut sudah tidak bagus (retak/pecah) kadang fungsinya juga tidak sepenuhnya normal. Seperti sensitivitas sentuhan berkurang sampai touchscreen tidak berfungsi.

Nah, bila dirasa pelindung layar kamu rusak, saya sarankan untuk melepaskannya lalu setelah itu cobalah tes touchscreen kamu. Bila hasilnya normal seperti biasa, maka silakan kamu ganti saja pelindung layar tersebut ke yang baru.

Keringkan HP

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwa salah satu penyebab touchscreen tidak berfungsi adalah karena terkena air yang lumayan banyak. Air yang masuk ke komponen smartphone akan membuat beberapa kerusakan fungsi salah satunya adalah touchscreen tidak berfungsi.

Untuk mengatasinya, silakan keringkan smartphone menggunakan hairdryer dengan suhu sedang. Lepas casing dan baterai HP bila memungkinkan, dan jangan lupa keringkan bagian lubang-lubang HP karena biasanya air masuk ke komponen melalui lubang tersebut.

Ada cara lain yang bisa dibilang konyol, yakni dengan memasukkan atau merendam HP ke dalam beras yang banyak agar air yang mengendap bisa diserap oleh beras. Pada beberapa kasus teman saya, cara ini efektif dan bisa mengatasi touchscreen error akibat HP terkena air hujan.

[adinserter block=”5″]

Ubah Resolusi Layar

Resolusi screen smartphone saat ini relatif beragam, tapi kebanyakan saat ini resolusi layar smartphone sudah mengusung layar minimal HD atau Full HD. Resolusi tersebut biasanya disesuaikan dengan ukuran layar, spek smartphone, dan sebagainya.

Nah, terdapat kasus dimana smarphone yang digunakan touchscreennya tidak bisa disentuh ketika dalam kondisi layar maksimal (Full HD, 2K, 4K, dsb). Nah, hal ini biasanya membuat sistem memaksa menjalankan resolusi maksimal dengan kapasitas HP yang minim, seperti RAM penuh dan Internal penuh.

Bila kamu mengalami hal ini, kami mempunyai trik untuk mengakalinya, yaitu dengan merubah resolusi layar smartphone menjadi lebih kecil. Dengan begini, maka touchscreen tidak berfungsi dapat dihindari.

Caranya sebagai berikut:

  1. Buka Settings smartphone kamu.
  2. Setelah itu, masuk ke dalam menu Tentang Ponsel, kemudian ketuk Nomor Bentukan berulang-ulang.
  3. Selanjutnya, silakan tap tombol back lalu masuklah ke Opsi Pengembang.
  4. Scroll ke bawah, lalu cari opsi Smallest Width (Lebar Terkecil).
  5. Silakan kamu ganti angka/nilainya ke lebih rendah dari sebelumnya.
  6. Misalnya kamu rubah menjadi 480-640 atau yang lainnya (sesuaikan dengan kebutuhan).

Tampilan layar smartphone nantinya akan sedikit berubah, tetapi jika dipakai sekadar untuk keperluan umum tentu masih sangat oke.

Factory Reset Smartphone

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi salah satunya adalah dengan melakukan Factory Reset. Hal ini dilakukan ketika kamu telah mencoba cara di atas dan ternyata bug pada sistem atau error pada sistem yang menyebabkan touchscreen tidak berfungsi tetap saja tidak bisa diatasi.

Kebanyakan kesalahan sistem yang menyebabkan masalah ini ada pada software pihak ketiga yang terkena virus. Efeknya malah menjadikan smartphone kamu tidak bisa digunakan dengan normal. Nah, untuk itu, kamu harus mengatasinya dengan melakukan Factory Reset (kembalikan ke setelan pabrik).

Jika kamu melakukan Factory Reset maka semua data pada sistem dan aplikasi akan hilang dan smarphone kamu akan kembali seperti baru lagi. Ketika kamu akan melakukan hal ini, silakan backup terlebih dahulu data-data penting pada smartphone.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu matikan terlebih dahulu smartphone.
  2. Setelah benar-benar dalam kondisi mati, silakan kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Up / Down.
  3. Setelah ponsel bergetar, silakan lepaskan tombol tersebut, kemudian kamu akan masuk ke sistem recovery.
  4. Pada halaman yang muncul, silakan kamu cari menu reset di halaman tersebut.
  5. Silakan tap pada opsi tersebut, lalu bila ada notifikasi peringatan silakan ketuk Next / OK.

Kombinasi tombol dan menu di dalam sistem recovery mungkin berbeda tergantung dari merk dan jenis HP. Untuk lebih jelas dan rincinya lagi kamu bisa searching di internet dengan kata kunci Cara factory reset HP “merk dan jenis HP kamu”.

Gunakan Mouse Eksternal

Mouse eksternal bisa juga dipakai di smartphone loh. Fungsinya juga sama yakni untuk mengoperasikan sistem layaknya menggunakan laptop atau komputer. Ketika smartphone menggunakan mouse, maka nantinya akan muncul cursor yang bisa digerakkan dan digunakan untuk menyentuh bagian-bagian layar.

Cara ini terbukti manjur, loh untuk bisa mengakses kembali smartphone yang bermasalah. Saya juga pernah menggunakan mouse ketika HP tidak bisa disentuh dan tombol power, volume atas, volume bawa tidak bisa digunakan.

Alhasil saya menggunakan mouse untuk me-reboot perangkat, dan hasilnya masalah tersebut bisa diatasi. Nah, untuk menggunakan mouse eksternal, kamu hanya memerlukan mouse dan kabel OTG. Silakan kamu beli di toko aksesoris komputer/smartphone terdekat.

[adinserter block=”5″]

Diagnosa Layar

Hal terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki touchscreen tidak berfungsi adalah dengan melakukan diagnosa display menggunakan aplikasi Display Tester. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tes seperti dead pixels, burn-in layar OLED, dan lain sebagainya.

Lakukan juga uji multi touch menggunakan aplikasi Display Tester. Apabila hasilnya positif, berarti layar masih berfungsi dengan normal, hanya saja ada kemungkinan masalah sistem seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.

Bila hasilnya negatif, kamu perlu memeriksa bagian eksternal layar. Hal ini harus dilakukan bila tadinya HP terjatuh dan membuat touchscreen tidak berfungsi sebagian. Ketika HP terjatuh dengan posisi layar di bawah biasanya membuat banyak masalah pada layar sentuh.

Kadang membuat sensor sensifitifas touchscreen berkurang, touchscreen retak/pecah, konektor bermasalah, dan lain sebagainya. Jika hal ini terjadi, silakan ganti touchscreen tersebut ke yang baru agar HP kamu bisa digunakan seperti biasanya lagi. Saya rekomendasikan untuk menggantinya di tempat servis HP yang professional.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi touchscreen smartphone tidak berfungsi. Cara untuk mengatasi masalah tersebut sangatlah beragam, karena hal tersebut disesuaikan dengan penyebab masalah yang cukup kompleks.

Mungkin cukup sekian dulu artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan membantu. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia