BlogLifestyleTeknologi13 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Mudah!
0
0

13 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Dengan Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 15, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi touchscreen tidak berfungsitop-right-banner

Kebutuhan akan gadget saat ini hampir sama seperti kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman contohnya, Rumah Ekslusif seperti Pinhome Tamaruma sebagai perumahan di Kota Depok terbaik. Setelah pemakaian yang lama, ada kalanya HP menjadi eror ketika digunakan, salah satunya adalah touchscreen yang tidak berfungsi. Ternyata, cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sangat mudah lho Pins!

Ketika Pins mengalami kendala HP rusak pada bagian perangkatnya, sebenarnya kamu masih bisa memperbaikinya sendiri lho. Semua itu bergantung pada jenis kerusakannya. Berikut beberapa cara mengatasi dan memperbaiki touchscreen yang rusak selengkapnya!

Baca juga: 20 Rekomendasi HP 1 Jutaan Dengan Spesifikasi Unggulan

Bersihkan Layar HP

Source : Kompas.com

Ketika layar HP yang kamu gunakan kotor biasanya akan membuatnya susah disentuh. Misalnya terkena minyak, cairan yang lengket atau ada kotoran tidak terlihat yang menempel tentu berdampak pada jari kita yang tidak sepenuhnya bisa menyentuh touchscreen.

Ketika layar HP kotor, maka jari kita juga tidak akan bisa secara langsung menyentuh touchscreen. Akibatnya smartphone tidak merespon sentuhan jari dan membuatya seolah-olah tidak berfungsi. Silakan cek pada layar HP kamu, lalu bila kotor silakan bersihkan dengan cara berikut:

  • Untuk yang dasar, silakan kamu lap layar menggunakan kain yang bersih atau menggunakan tisu.
  • Bisa juga dengan membasahi lap dengan sedikit air untuk membersihkannya.
  • Apabila terdapat kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan, silakan kamu gunakan cairan pembersih khusus atau bisa menggunakan alternatif seperti minyak kayu putih / hand senitizer.
  • Bila menggunakan cairan khusus, silakan semprotkan secukupnya pada layar kemudian lap sempai bersih.
  • Selamat mencoba.

Restart Smartphone

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi
Source : Thedroidguy

Ketika sistem Android mengalami masalah seperti hang atau lag biasanya akan berakibat pada touchscreen tidak berfungsi ketika disentuh. Pins bisa merestart smartphone kemudian setelah itu touchscreen normal kembali.

  • Ketika smartphone hang bisanya hanya layar utama saja yang tidak merespon ketika disentuh, namun tombol power dan opsi didalamnya biasanya masih berfungsi.
  • Silakan kamu tekan dan tahan tombol power sesaat sampai muncul pilihan menu.
  • Setelah itu, silakan kamu pilih opsi Restart pada halaman yang muncul.
  • Selanjutnya sistem akan restarting, silakan kamu tunggu sampai selesai dan sampai smartphone kamu nyala kembali.
  • Setelah nyala, silakan coba gunakan smartphone seperti biasanya.
  • Biasanya dengan ini layar yang tidak berfungsi akibat sistem hang akan teratasi.

Reboot Smartphone

Source : Mi.com

Pada lain kasus, sistem yang mengalami hang atau lag kadang membuatnya tidak bisa disentuh sepenuhnya, tidak hanya pada halaman layar utama Android saja. Namun, bisanya tombol power dan tombol volume tetap bisa digunakan.

Kamu bisa mencoba untuk reboot smartphone agar sistem kembali fresh dan beban kerja sistem akan hilang. Untuk reboot smartphone cara melakukannya adalah seperti di bawah ini:

  • Pertama, silakan kamu masuk ke safe mode di smartphone kamu. Biasanya tiap HP berbeda caranya, jadi silakan searching terlebih dahulu.
  • Secara umum masuk ke safe mode adalah dengan menekan lama tombol kombinasi Power + Vol Up / Vol Down.
  • Jika sudah berhasil masuk ke safe mode, silakan kamu pilih Reboot to system atau Restart system (silakan sesuaikan saja dengan HP kamu).
  • Setelah itu biasanya ada notifikasi peringatan yang muncul, silakan kamu tap Next / Yes untuk memulai Reboot.
  • Selanjutnya, silakan tunggu saja sampai reboot selesai dan kamu masuk ke sistem seperti biasanya.
  • Jika sudah, coba gunakan atau tes touchscreen kamu seperti biasa.

Kalibrasi Layar HP

Source : Smart Connect

Selanjutnya, setelah kamu melakukan cara di atas dan kamu mandapati touchscreen smartphone masih ada sebagian yang tidak berfungsi, atau kadang-kadang berfungsi normal dan kadang tidak, maka kemungkinan ada masalah pada sistem.

Pemakaian ponsel dalam kurun waktu yang lama tentunya sedikit banyak ada pengaruhnya pada layar, salah satunya tingkat responsibilitas touchscreen terganggu dan menyebabkannya kadang tidak berfungsi dan kadang berfungsi. Nah untuk itu silakan lakukan kalibrasi layar untuk mengatasinya. Untuk melakukan kalibarasi layar, kamu bisa menggunakan software pihak ketiga. Berikut detailnya:

  • Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh.
  • Setelah kamu download, maka secara otomati aplikasi tersebut akan terinstal di HP kamu.
  • Jika sudah, bukalah aplikasi tersebut kemudian pada halaman utama, silakan kamu cari dan pilih Calibrate / Kalibrasi.
  • Selanjutnya, kamu akan melakukan beberapa proses kalibrasi, diantaranya ketukan tunggal, ganda, sentuhan lama, geser, zoom, dan sebagainya.
  • Setelah selesai maka kamu akan mendapati notif dialog yang menjelaskan bahwa kalibrasi telah berhasil dilakukan dan Android harus direstart.
  • Ketika kamu mendapati notif tersebut, silakan tap opsi Next / OK.
  • Jika sudah, silakan restart HP kamu.

Gunakan Charger Lain

Source : Brilio

Pins mengalami kendala touchscreen tidak bisa disentuh pada saat HP di cas. Hal ini biasanya dikarenakan tegangan listrik yang dialirkan dari charger tidak stabil atau tidak sesuai dengan kapasitas receiver daya pada smartphone.

Akibatnya listrik pada HP juga tidak stabil dan membuatnya tidak bisa disentuh dan bahkan ada yang touchscreen nyentuh sendiri padahal tidak disentuh. Jika kasus yang dialami kamu adalah demikian, coba lepas charger yang terpasang pada HP, lalu lihat perbedaannya.

Pada saat ketika dicabut touchscreen tidak bermasalah, maka bisa disimpulkan charger memang tidak sesuai dan kamu perlu memakai charger lain atau original. Hal seperti ini jangan dibiarkan terus-menerus karena masalah touchscreen yang muncul pada kasus tersebut hanya gejala jangka pendeknya saja.

Baca juga: 20 Daftar Harga HP Vivo Terbaru 2023 Beserta Harganya

Bersihkan RAM & Memory

Source : Kompas

Selanjutnya ketika kamu mengalami masalah touchscreen tidak berfungsi atau tidak merespon sama sekali biasanya karena kapasitas RAM dan memori internal yang penuh. Hal ini terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan membuat HP freeze atau tidak respon sama sekali. Cara mengatasi touchscren tidak berfungsi karena kendala ini juga cukup mudah.

Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan merestart perangkat dan bila restart tidak bisa reboot ulang smartphone. Setelah berhasil restart atau reboot silakan periksa kapasitas RAM yang tersedia dan bila penuh, maka uninstal aplikasi yang tidak diperlukan. Bersihkan juga file di memori internal bila kapasitanya sudah tidak kosong. Hal ini dilakukan agar HP freeze dan touchscreen tidak bisa disentuh tidak terjadi lagi kedepannya.

Matikan HP Sementara

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi
Source : Apnic.net

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi yang selanjutnya adalah dengan mematikan HP sementara. Ketika kamu tengah asyik menggunakan smartphone untuk sosmed, menonton film, atau bermain game terkadang sering lupa waktu dan lupa kondisi. Biasanya ketika HP digunakan dalam waktu lama tanpa jeda, tentu suhunya akan naik dan HP menjadi panas (overheat).

Ada berbagai masalah yang muncul karena HP mengalami overheat, salah satunya touchscreen tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, silakan kamu berhenti sejenak ketika panas HP cukup tinggi, silakan matikan HP dan diamkan sampai suhunya kembali normal.

Lepas Antigores atau Tempered Glass

Source : Lazada

Fungsi antigores atau tempered glass adalah untuk membuat layar tahan terhadap goresan atau benturan ringan. Namun, bila pelindung layar tersebut sudah tidak bagus (retak atau pecah) terkadang fungsinya juga tidak sepenuhnya normal. Seperti sensitivitas sentuhan berkurang sampai touchscreen tidak berfungsi.

Jika dirasa pelindung layar kamu rusak, disarankan untuk melepaskannya lalu setelah itu cobalah tes touchscreen kamu. Bila hasilnya normal seperti biasa, maka silakan kamu ganti saja pelindung layar tersebut ke yang baru.

Keringkan HP

Solusi untuk cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan mengeringkan HP. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa salah satu penyebab touchscreen tidak berfungsi adalah karena terkena air yang lumayan banyak. Air yang masuk ke komponen smartphone akan membuat beberapa kerusakan fungsi salah satunya adalah touchscreen tidak berfungsi.

Untuk mengatasinya, silakan keringkan smartphone menggunakan hairdryer dengan suhu sedang. Lepas casing dan baterai HP bila memungkinkan, dan jangan lupa keringkan bagian lubang-lubang HP karena biasanya air masuk ke komponen melalui lubang tersebut.

Ubah Resolusi Layar

Resolusi screen smartphone saat ini relatif beragam, tapi kebanyakan saat ini resolusi layar smartphone sudah mengusung layar minimal HD atau Full HD. Resolusi tersebut biasanya disesuaikan dengan ukuran layar, spek smartphone, dan sebagainya.

Terdapat juga kasus dimana smarphone yang digunakan touchscreennya tidak bisa disentuh ketika dalam kondisi layar maksimal (Full HD, 2K, 4K, dsb). Nah, hal ini biasanya membuat sistem memaksa menjalankan resolusi maksimal dengan kapasitas HP yang minim, seperti RAM penuh dan Internal penuh.

Bila kamu mengalami hal ini, caranya adalah dengan merubah resolusi layar smartphone menjadi lebih kecil. Dengan begini, maka touchscreen tidak berfungsi dapat dihindari. Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi ini juga sudah banyak digunakan.

Caranya sebagai berikut:

  • Buka Settings smartphone kamu.
  • Setelah itu, masuk ke dalam menu Tentang Ponsel, kemudian ketuk Nomor Bentukan berulang-ulang.
  • Selanjutnya, silakan tap tombol back lalu masuklah ke Opsi Pengembang.
  • Scroll ke bawah, lalu cari opsi Smallest Width (Lebar Terkecil).
  • Silakan kamu ganti angka/nilainya ke lebih rendah dari sebelumnya.
  • Misalnya kamu rubah menjadi 480-640 atau yang lainnya (sesuaikan dengan kebutuhan).

Factory Reset Smartphone

Source : Gadgetsay.com

Cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi salah satunya adalah dengan melakukan Factory Reset. Hal ini dilakukan ketika kamu telah mencoba cara di atas dan ternyata bug pada sistem atau error pada sistem yang menyebabkan touchscreen tidak berfungsi tetap saja tidak bisa diatasi.

Kebanyakan kesalahan sistem yang menyebabkan masalah ini ada pada software pihak ketiga yang terkena virus. Efeknya malah menjadikan smartphone kamu tidak bisa digunakan dengan normal. Nah, untuk itu, kamu harus mengatasinya dengan melakukan Factory Reset (kembalikan ke setelan pabrik).

Jika kamu melakukan Factory Reset maka semua data pada sistem dan aplikasi akan hilang dan smarphone kamu akan kembali seperti baru lagi. Ketika kamu akan melakukan hal ini, silakan backup terlebih dahulu data-data penting pada smartphone.

Berikut langkah-langkah melakukannya:

  • Pertama, silakan kamu matikan terlebih dahulu smartphone.
  • Setelah benar-benar dalam kondisi mati, silakan kamu tekan dan tahan tombol Power + Volume Up / Down.
  • Setelah ponsel bergetar, silakan lepaskan tombol tersebut, kemudian kamu akan masuk ke sistem recovery.
  • Pada halaman yang muncul, silakan kamu cari menu reset di halaman tersebut.
  • Silakan tap pada opsi tersebut, lalu bila ada notifikasi peringatan silakan ketuk Next / OK.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Layar HP Retak Untuk Semua Device Smartphone

Gunakan Mouse Eksternal

cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi
Source : Pixabay

Mouse eksternal bisa juga dipakai di smartphone loh Pins! Fungsinya juga sama yakni untuk mengoperasikan sistem layaknya menggunakan laptop atau komputer. Ketika smartphone menggunakan mouse, maka nantinya akan muncul cursor yang bisa digerakkan dan digunakan untuk menyentuh bagian-bagian layar. Cara ini terbukti manjur, loh untuk bisa mengakses kembali smartphone yang bermasalah.

Diagnosa Layar

Langkah terakhir yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki touchscreen tidak berfungsi adalah dengan melakukan diagnosa display menggunakan aplikasi Display Tester. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tes seperti dead pixels, burn-in layar OLED, dan lain sebagainya.

Lakukan juga uji multi touch menggunakan aplikasi Display Tester. Apabila hasilnya positif, berarti layar masih berfungsi dengan normal, hanya saja ada kemungkinan masalah sistem seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bila hasilnya negatif, kamu perlu memeriksa bagian eksternal layar. Hal ini harus dilakukan bila tadinya HP terjatuh dan membuat touchscreen tidak berfungsi sebagian. Ketika HP terjatuh dengan posisi layar di bawah biasanya membuat banyak masalah pada layar sentuh.

Itulah beberapa cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi yang bisa Pins lakukan dengan mudah sebelum membawanya ke tempat servis HP. Bagaimana Pins, sekarang kamu sudah bisa melakukannya sendiri kan? Selamat mencoba!

Featured image source: Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download