BlogLifestyleGadget10 Cara Membuat Password di Laptop Agar Lebih Aman
0
0

10 Cara Membuat Password di Laptop Agar Lebih Aman

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membuat password di laptoptop-right-banner

Bagi banyak orang menjaga komputer atau laptop yang dimiliki dengan password adalah hal penting. Namun, tidak sedikit yang mungkin tidak paham bagaimana cara membuat password di laptop agar data penting mereka terjaga dengan aman.

Jika komputer atau laptop tidak dilindungi oleh password, tentu risiko terjadinya kebocoran data atau dokumen penting sangat tinggi. Bukan menjadi masalah jika yang dilihat adalah informasi umum. Namun, apa jadinya ketika privasi Pins diketahui banyak orang. Itu sebabnya, simak bagaimana cara membuat sandi di laptop di bawah ini berdasarkan versi Windows yang Pins miliki!

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Cache di Laptop, Dijamin Ampuh!

Cara Membuat Password di Laptop Windows 7

Bagi Pins yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7, cara membuat password di versi Windows ini mungkin akan sedikit berbeda dengan versi terbarukan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini agar semua informasi yang tersimpan bisa terjaga kerahasiannya.

Buka Menu Start

cara membuat password di laptop

Langkah pertama dari cara buat password di laptop Windows 7 adalah buka menu Start. Setelah itu, ketik \\\”Add Password\\\” di dalam kolom pencarian. Jika benar, Windows 7 akan menampilkan hasil yang cocok. Kemudian, Pins bisa klik \\\”Create or remove your account password\\\”

Baca juga: 10 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Sebelum Dibeli

Pilih Control Panel

Setelah itu, laptop akan menampilkan menu Control Panel dengan layar \\\”Make changes to your user account\\\” yang otomatis terpilih. Pins bisa memilih tautan pertama di bawah tulisan berlabel \\\”Create a password for your account\\\”. Pilihan ini hanya akan muncul jika Pins saat ini tidak punya kata sandi.

Buat Kata Sandi yang Sulit Ditebak

Jika sudah, Windows 7 akan mengarahkan Pins ke layar lain yang berisi tiga kolom kosong. Di sini, kamu bisa membuat kata sandi sebagai pelindung laptop pada profil tersebut. Untuk menghindari kesalahan ketik, masukkan kata sandi yang sama pada kolom Confirm new password.

Isi Kolom \\\’Petunjuk Sandi\\\’

Kolom cara membuat password di laptop selanjutnya memang bersifat opsional, alias tidak wajib. Namun, ada baiknya Pins menambahkan \\\”Password hint\\\” atau petunjuk kata sandi. Petunjuk ini bertujuan membantu kamu mengingat ketika lupa kata sandi.

Masukkan satu kata atau lebih di dalam kolom teks \\\”\\\”Type a password hint\\\” dan pastikan hanya Pins yang mengerti apa maksud dari petunjuk kata sandi ini, ya!

Baca juga: Cara Reset Password Administrator Windows 10

Konfirmasi Password

cara membuat password di laptop

Setelah Pins memasukkan kata sandi baru dua kali dan menambahkan petunjuk password untuk perlindungan tambahan, konfirmasi apakah password sudah benar. Bila sudah yakin, klik tombol \\\”Create a password\\\” pada bagian bawah.

Nah, Windows kamu kini sudah dilindungi dengan password. Untuk mengecek keberhasilan, Pins bisa menekan tombol kombinasi Windows+: secara. Jika ingin masuk kembali, kamu harus mengisi password terlebih dulu deh sekarang.

Cara Membuat Sandi di Laptop Windows 8, 10, dan 11

Pada dasarnya cara membuat sandi di laptop versi Windows 8, 10, dan 11 tidak jauh berbeda dengan versi terdahulu. Namun, ada beberapa langkah yang mungkin berbeda karena tampilan dari sistem operasi ini tidak sama. Penasaran? Ini cara membuat password di laptop Windows 8.

Buka Menu Settings

Pertama-tama, Pins bisa membuka menu Settings terlebih dulu pada laptop. Hal ini bisa dilakukan dengan mengklik tombol Windows dan pilih PC Settings. Bila kesulitan, kamu bisa menuliskan kata tersebut pada kolom pencarian.

Pilih Menu Account

Setelah membuka PC Settings, Pins akan melihat beberapa pilihan pengaturan lainnya. Kamu hanya perlu memilih menu Accounts untuk membuat password. Jika sudah, pilih Sign-in options untuk melanjutkan proses.

Baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows 10 dan Versi Lain

Klik Add Password

cara melihat spesifikasi laptop

Selanjutnya, Pins akan dialihkan ke pengaturan Sign-in options. Di sini, kamu bisa memilih mau memakai tipe lockscreen yang mana. Sebagai contoh, Pins bisa klik tombol Add untuk membuat password.

Jika memilih PIN, kamu hanya perlu membuka laptop hanya dengan kata sandi angka. Sementara itu, Picture Password akan mengunci laptop dengan memilih foto favorit yang sudah diatur.

Membuat Password Lockscreen

Bila sudah memilih add password, Pins dapat memasukkan kata sandi sesuai keinginan. Kata sandi ini bisa terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan karakter. Umumnya, ada tiga kolom dalam jendela pebuatan password, antara lain:

New PasswordPengisian password baru yang ingin kamu buat. Buatlah password yang unik, agar orang lain tidak mengetahui.
Reenter PasswordMenulis ulang kembali password yang telah kamu buat agar sesuai dan untuk konfirmasi.
Password HintMembuat password hint. Jadi kalau kamu lupa kata sandi, kamu bisa memasukkan password sesuai petunjuk.

Setelah mengisi semua password, sekarang silahkan klik tombol Next untuk ke proses selanjutnya.

Konfirmasi Password

Terakhir, Pins bisa pilih tombol Finish untuk konfirmasi passowrd. Jika sudah membuat kata sandi, Pins bisa mengecek fungsinya sudah berjalan atau belum kok.

Pertama, kamu bisa memilih fitur sleep laptop hingga layarnya mati. Setelah menunggu beberapa menit, hidupkan kembali laptop dan tunggu hingga muncul lockscreen. Jika sudah, masukkan kata sandi sesuai yang sudah Pins buat tadi.

Nah, itu tadi cara membuat password di laptop yang bisa Pins terapkan pada versi Windows 8, 10, dan 11. Ketiganya mungkin memiliki sedikit perbedaan dari segi tampilan, tetapi cara membuat kata sandinya tidak jauh berbeda. Selain itu, kamu bisa menerapkan cara ini pada merk dan tipe laptop Asus, Acer, Dell, dan laptop dengan sistem operasi Windows lainnya, ya!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download