BlogLifestyleGadget6 Cara Melacak HP OPPO Yang Hilang Dengan Mudah
0
0

6 Cara Melacak HP OPPO Yang Hilang Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Apr 11, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Kehilangan ponsel memang sangat mengerikan. Apalagi, ponsel tersebut menyimpan banyak sekali data-data penting dan kenangan-kenangan yang kamu simpan di dalamnya. Selain kerugian material, kita juga akan mengalami kerugian yang bersifat sentimental. Nah, artikel kali ini akan membahas cara melacak HP OPPO yang hilang. 

Ponsel merupakan bagian dari kehidupan yang sulit untuk kita pisahkan dari aktivitas sehari-hari. Sebagian aktivitas dalam keseharian kita membutuhkan ponsel, seperti berkomunikasi dengan sanak saudara, mengerjakan tugas, mengadakan online meeting, atau bahkan sekadar sebagai sarana hiburan. Hal tersebut membuat ponsel menjadi benda esensial dalam kehidupan kita.

Namun, Pins jangan panik ketika ponsel OPPO kamu hilang, entah itu dicuri, jatuh, atau terselip. Cara-cara berikut akan membantu Pins untuk menemukan ponsel OPPO yang hilang. Gimana sih caranya? Yuk, simak artikel berikut!

Baca juga: 3 Cara Cek Garansi OPPO Beserta Manfaat dan Syarat klaimnya

Cara Melacak HP OPPO Yang Hilang

Tentu begitu menyebalkan apabila kehilangan smartphone OPPO kita saat sedang dalam genting. Maka dari itu, Pins tidak perlu risau karena dibawah ini akan membahas cara melacak HP OPPO yang hilang tanpa kesulitan. Yuk kita cek bersama-sama. 

Tes dengan Misscall

Source : harapanrakyat.com

Cara menemukan HP OPPO yang hilang yang pertama ialah tes dengan misscall. Jika ponsel Pins hanya terselip atau jatuh di sekitaran rumah, ada baiknya Pins melakukan panggilan ke nomor yang ada di ponsel tersebut. Dengan begitu, ponsel akan membunyikan nada dering dan kamu bisa menemukannya melalui sumber suara yang dipancarkan. Namun, jika Pins merasa bahwa ponsel jatuh pada tempat yang jauh, tertinggal di suatu tempat, atau dicuri oleh orang, ada baiknya simak cara selanjutnya, ya, Pins!

Baca juga: 6 Cara Membuka Pola HP Oppo yang Lupa 100% Berhasil!

Syarat untuk Melacak Ponsel OPPO yang Hilang

Source : nakita.id

Cara menemukan HP OPPO yang hilang selanjutnya adalah Pins harus memenuhi syarat untuk melacak ponsel OPPO. Sebelum kamu melacak ponsel kamu yang hilang, ada baiknya kamu mengingat-ingat bahwa ponsel kamu dalam keadaan hidup karena cara ini hanya mampu dilakukan jika ponsel dalam keadaan hidup. Selain itu, ponsel kamu harus dalam keadaan terhubung dengan jaringan dan GPS-nya menyala. Yang paling penting, pastikan bahwa ponsel kamu sudah terhubung dengan akun Google, ya Pins!

Langkah-langkah Melacak Ponsel OPPO yang Hilang

Source : bukandroid.com

Cara menemukan HP OPPO yang hilang selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah berikut. Syarat-syarat di atas merupakan hal yang perlu kamu penuhi untuk memanfaatkan fitur Find My Device OPPO. Find My Device merupakan sebuah fitur untuk menemukan ponsel Pins yang hilang. Find My Device memanfaatkan koneksi internet dan GPS dari ponsel kita yang hilang. Ponsel kita akan di-pin point melalui GPS, kemudian akan ditampilkan pada maps.

Setelah syarat tadi terpenuhi, Pins harus mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi situs https://www.android.com/find melalui perangkat lain. Pins bisa menggunakan ponsel teman atau keluarga, laptop, atau bahkan komputer di warnet.
  • Ikuti petunjuk yang tertera untuk masuk ke akun Google yang terhubung dengan ponsel kamu yang hilang. Pastikan kamu mengingat seluruh informasi untuk masuk ke akun Google kamu ya, Pins!
  • Di bagian pojok kiri atas, kamu akan melihat ikon ponsel yang terhubung dengan akun Google kamu. Jika kamu klik ikon tersebut, secara otomatis lokasi terakhir dari ponsel kamu akan segera tampak di layar sebelah kiri pada maps yang ditampilkan.

Dengan langkah-langkah tersebut, kamu telah berhasil melacak ponsel kamu yang hilang, Pins! Gunakan informasi yang kamu peroleh untuk mengambil tindakan selanjutnya.

Baca juga: 15 Rekomendasi HP Oppo 2 Jutaan, Terbaik di Kelasnya!

Fitur Lain dalam Google Find My Device

Source : kumparan.com

Jika Pins menekan ikon ponsel yang hilang, maka akan muncul tiga menu lainnya, yaitu Play Sound, Secure Device, dan Erase Device. Ketiga fitur tersebut merupakan fitur yang sama penting ketika ponsel Pins hilang. Berikut keterangan fitur-fitur yang terdapat pada Google Find My Device.

  • Play sound bisa Pins gunakan apabila metode misscall tidak berhasil karena ponsel dalam keadaan senyap. Play Sound akan membunyikan ponsel sekalipun dalam keadaan senyap. Dengan demikian, kamu dapat menemukan ponsel yang terselip atau terjatuh di sekitar kamu, Pins!
  • Secure Device bisa Pins gunakan untuk mengunci perangkat agar tidak disalahgunakan orang lain yang menemukan atau mencuri ponsel kamu. Kamu bisa meninggalkan pesan yang akan ditampilkan di layar ponsel kamu, seperti nomor telepon yang bisa dihubungi. Ketika menggunakan fitur ini, Pins harus bersabar untuk menunggu seseorang menelepon nomor yang kamu berikan.
  • Erase Device merupakan cara terakhir apabila ponsel Pins benar-benar raib karena tangan yang tidak bertanggung jawab. Ini adalah pilihan yang bijak untuk menyelamatkan data-data penting seperti mobile banking dan sarana cashless lainnya.

Melacak Ponsel OPPO yang Hilang saat Offline

Source : bukandroid.com

Cara ngelacak HP OPPO yang hilang terakhir adalah melacak ketika ponsel sedang offline. Jika Pins yakin bahwa syarat-syarat di atas telah terpenuhi, tetapi Pins tidak dapat menghubungi nomor yang ada di ponsel Pins, cara ini bisa Pins gunakan, loh! Cara ini merupakan alternatif yang bisa Pins tempuh, yaitu melacak ponsel yang hilang dengan fitur linimasa/timeline pada aplikasi Google Maps.

Berikut langkah-langkah yang harus Pins lakukan untuk melacak ponsel Pins yang hilang melalui Google Maps.

Masuk ke akun Google yang terhubung dengan ponsel kamu dan buka Google Maps

  • Ketuk pada menu tiga garis yang ada di pojok kiri atas, kemudian pilih “Your Timeline/Linimasa Anda”
  • Setelah itu, jendela baru akan terbuka. Masukan tanggal ketika ponsel kamu hilang untuk mengecek riwayat lokasi ponsel kamu ketika masih terhubung pada jaringan.
  • Kamu akan melihat linimasa ponselmu pada layar yang ditunjukkan di maps. Dengan demikian, kamu telah berhasil melacak lokasi terakhir ponsel kamu dan mengambil tindakan atas informasi tersebut.

Baca juga: 5 Cara Reset HP Oppo Dengan Mudah dan Aman

Hal-hal yang Perlu Dilakukan untuk Mengurangi Risiko karena Kehilangan Ponsel

Source : imaji.com

Kehilangan ponsel dapat menimbulkan kerugian yang tidak terduga. Selain kerugian fisik, kamu juga bisa mengalami kerugian sentimental, seperti kehilangan momen-momen yang kamu abadikan melalui kamera ponsel kamu. Hal tersebut tentu saja menyakitkan hati ya, Pins. Oleh karena itu, berikut tips-tips untuk mengurangi risiko karena kehilangan ponsel yang dapat kamu lakukan sebagai langkah utama dalam pencegahan kehilangan data penting.

  • Gunakan fitur sync pada Google Photos. Kamu bisa menyimpan foto-foto kamu yang bernilai sentimental pada penyimpanan awan Google Photos. Dengan demikian, foto-foto tersebut akan tetap utuh sekalipun ponsel Pins hilang. Pins juga bisa memanfaatkan fitur ini ketika akan mengganti ponsel.
  • Unggah berkas-berkas penting pada Google Drive. Kamu bisa mengunggah berkas-berkas penting seperti surat-surat digital, laporan penelitian, dan sebagainya pada penyimpanan awan Google Drive. Dengan begitu, Pins tidak perlu khawatir kehilangan data penting apabila ponsel Pins hilang.

Itulah cara melacak HP OPPO yang hilang. Jangan panik, tarik nafas dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan. Semoga dengan artikel ini, Pins dapat terbantu dalam melacak ponsel yang hilang. Semoga bermanfaat, ya, Pins!

Featured image: oppo.com

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Graha Nirmana Tlogoadi dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download