Sedang ingin Liburan? Barangkali 7 Wisata Purwakarta Berikut Bisa Jadi Pilihan

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 29 April 2022 ∙ 4 menit membaca

Mengunjungi Jawa Barat untuk berpelesir tidak akan lengkap rasanya apabila tidak menginjakkan kaki di Purwakarta. Pasalnya, ada sejumlah wisata Purwakarta yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya menyoal keindahannya yang tidak tergantikan, namun juga terkait budget yang ramah untuk pelancongan. Penasaran dengannya? Berikut informasi lengkapnya:

1. Waduk Jati Luhur

Mengawali wisata Purwakarta maka akan tidak akan lepas dari pesona keindahan waduk Jatiluhur yang terkenal sejak dulu kala. Dulunya lokasi ini, sejatinya adalah waduk buatan yang kali pertama ada di Indonesia. Namun kini telah disulap menjadi lokasi dengan berbagai macam keperluan seperti irigasi sampai dengan area wisata keluarga yang aman dan menyenangkan.

Apalagi soal lokasi, Waduk Jati Luhur lumayan strategis. Yakni hanya berjarak sekitar 9 km saja dari pusat kota Purwakarta yang membuat pengunjung mudah mengaksesnya. Daya tarik tersebut ditunjang dengan pembangunan fasilitas yang dilakukan seperti rumah pohon, balkon kapal, dan sebagainya. Ditambah dengan biaya masuk murah hanya sekitar 20 ribuan saja per orangnya.

2. Taman Sri Baduga

Banyak yang menyebut bahwa destinasi ini merupakan Singapuranya Purwakarta. Pasalnya, di sini terdapat air mancur yang indah dengan atraksinya yang luar biasa megah. Atraksi tersebut akan otomatis ditampilkan setiap Sabtu malam, sehingga menyedot ramainya kunjungan wisatawan.

Hal yang lebih istimewa lagi, untuk dapat menikmati keindahannya pengunjung tidak dikenai biaya masuk sepeser pun. Sehingga bisa jadi alternatif wisata Purwakarta tanpa biaya yang mengesankan. Postingan Instagram dapat, dan hemat pun dapat. Bila tertarik, datang saja ke kawasan Situ Buleud di waktu yang tepat.

3. Kuburan Kereta Api

Mendengar kata kuburan, pasti yang kali pertama terbayang adalah sesuatu yang menyeramkan dan horor. Namun hal tersebut tidak berlaku pada kawasan yang berlokasi di Nagri Tengah ini. Lantaran yang dimakamkan di sini bukanlah orang, melainkan kereta api yang telah tidak dioperasikan lagi yang tertata dengan epic dan berwarna-warni.

Tentunya pemandangan tersebut sangat unik, dan menjadi spot mengambil foto yang keren untuk dipajang di sosial media seperti halnya Instagram. Apalagi mengambil gambar, juga bisa sekalian memetik nilai sejarah dari daftar kereta yang disimpan di sana. Terakhir yang lebih menariknya, jika ingin mengunjunginya tidak perlu mengeluarkan biaya apapun alias cuma-cuma.

4. The Colorville

Lokasi wisata Purwakarta ini sangat direkomendasikan bagi yang menyukai jiwa petualangan. Pasalnya, di wisata alam ini selain menyediakan keindahan alam yang masih asri, juga sedia fasilitas outbond yang ramah keluarga. Seperti persewaan ATV yang pastinya sangat seru dan menantang.

Selain itu, juga masih terdapat aneka wahana lain yang tidak kalah seru untuk dicoba. Seperti spot foto rumah terbalik, ayunan dengan view alam menakjubkan di ketinggian, sampai tulisan romantis “I Love U” yang bisa diabadikan. Kerennya, untuk masuk ke kawasan pengunjung hanya dibebani biaya senilai 20 ribuan saja, dengan akses yang sangat mudah dijangkau karena bertempat di Jn. Raya Darangdan KM 21, Purwakarta.

5. Spot Gunung Lembu

Bisa dikatakan, tempat ini merupakan salah satu area yang paling disukai laki-laki lantaran menguji adrenalin. Bagaimana tidak? Untuk menjangkaunya saja seseorang harus berjuang melewati medan pendakian yang cukup menantang. Namun tenang, kesulitan tersebut akan terbayar tuntas apabila telah berhasil mencapai puncaknya. Pemandangan indah tata kota Purwakarta dengan Waduk Jati Luhurnya akan tergambar jelas di depan mata.

Istimewanya, untuk masuk ke dalam kawasan wisata alam ini, biaya yang dibebankan pun terbilang aman untuk pengeluaran. Yakni sekitar 10.000an per orang untuk kunjungan biasa, dan sekira 15.000an untuk yang ingin sekalian menginap. Jadi bagaimana? Tidakkah tergiur dengan pesonanya?

6. Urban Farming Purwakarta

Bosan dengan wisata dalam negeri? Barangkali sensasi Eropa yang ada dalam Urban Farming Purwakarta bisa jadi solusi. Pada tempat ini, pengunjung akan disuguhkan dengan deretan perumahan dengan fisik khas Eropa. Sehingga cocok dijadikan tempat berburu feed sosial media untuk kaula muda.

Lokasinya sendiri cukup mudah untuk diakses pengunjung wisata yakni di Kecamatan Cempaka. Lalu terkait biaya masuk yang dibebankan cukup ringan yakni 15.000an per orang. Menariknya itu sudah termasuk bonus benih yang bisa dipilih sesukanya.

7. Kampung Wisata Tajur

Terakhir, Purwakarta juga punya wisata tradisional yang menunjukan kehidupan asri warganya di Kampung Wisata Tajur yang berada di kecamatan Bojong. Di tempat ini pelancong dapat mengenal Purwakarta dari sisi lain yang lebih intens. Mulai dari keindahan dan kesejukan pedesaan sampai dengan kehidupan budayanya yang menentramkan.

Istimewanya di sini telah terdapat fasilitas homestay yang dapat disewa dengan kisaran biaya antara 200 hingga 300 ribuan saja. Itu sudah termasuk fasilitas makan dengan sensasi rasa yang patut dikenang. Lebih lanjut jika ingin turut terlibat langsung dengan aktivitas warga mulai dari berternak sampai berkebun, maka cukup membayar wisata edukasi tersebut senilai 50 ribuan. Cukup sepadan dengan pengalaman yang didapatkan!

Nah, demikian tadi 7 rekomendasi wisata Purwakarta yang barangkali bisa jadi tujuan ketika berpelesir ke tanah Pasundan. Sangat menarik dan murah meriah bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Sekaranglah saat yang tepat untuk menyusun perjalanan ke Purwakarta bersama orang-orang terdekat yang dicintai. Dijamin, pikiran tersegarkan dan kantong tetap terasa aman!

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia