Ruang Edukasi Agen

Marketing

Tingkatan Influencer dan Cara Mengetahui Engagement Rate-nya

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 16 May 2022 ∙ 6 menit membaca

Anda mungkin sudah familier dengan istilah influencer marketing beberapa waktu belakangan ini. Istilah ini memang semakin berkembang dan bertambah populer serta merambah ranah kerja lain, seperti Public Relations, tidak hanya marketing saja. Saat ini ada banyak tingkatan influencer dan masing-masing memiliki peran yang berbeda.

Pinhome – Perkembangan media sosial yang sangat pesat dan semakin canggih, kemunculan influencer marketing menjadi sangat penting dalam perkembangan bisnis. Influencer marketing ini merupakan sebuah strategi marketing yang mengkolaborasikan antara brand dengan influencer dalam usaha peningkatan brand awareness atau dalam membantu pemasaran produk pada layanan tertentu di dalam brand tersebut. Umumnya, influencer ini berasal dari bermacam-macam platform, seperti YouTube atau Instagram. Influencer ini juga memiliki tingkatan sendiri. Tingkatan influencer biasanya tergantung dari profesionalitas dan jumlah pengikut di media sosial dengan nilai engagement rate yang tinggi.

Influencer Marketing dan Penjelasannya

(Integrity Indonesia)

Anda yang berkecimpung di dunia marketing, tentu sudah sering mendengar influencer. Namun, apakah Anda sudah paham secara mendetail? Bila dijelaskan secara singkat, influencer marketing sendiri merupakan seseorang yang memiliki kuasa dalam memberikan pengaruh ke khalayak atau audiens dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Hal ini karena pengetahuan, posisi, otoritas, hingga hubungan mereka dengan khalayak yang sangat kuat.

Menurut bigcommerce.com, influencer marketing ini merupakan cara dari sebuah brand dalam melakukan promosi produk lewat aktivitas endorsements atau rekomendasi lewat seorang influencer atau content creators. Lewat media sosial, influencer akan membangun reputasi dari sebuah topik spesifik sesuai dengan minat dan keahlian mereka. Nantinya, para influencer ini akan membuat konten secara berkala di media sosialnya semenarik mungkin untuk mengundang banyak pengikut yang antusias. Semakin banyak pengikutnya, maka akan semakin berpengaruh ajakan dan rekomendasi dari seorang influencer. Dari ini, banyak brand kemudian yang sering melakukan kerjasama dengan influencer karena kemampuan mereka dalam membuat tren baru dan memengaruhi pengikutnya untuk membeli atau memakai produk yang dipromosikan.

Fungsi dari Strategi Influencer Marketing

(Jurnal)

Strategi menggunakan influencer marketing ini memiliki beberapa fungsi dan manfaat, seperti :

Menjadikan Produk Pusat Perhatian

Agar produk lebih cepat dikenal khalayak, Anda bisa menjadikannya sebagai pusat perhatian dengan lebih cepat tanpa perlu usaha yang berlebih. Caranya tentu dengan mengajak kerjasama influencer yang tengah viral untuk mengenalkan produk Anda.

Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Bila masih menggunakan cara konvensional dalam mempromosikan produk Anda, tentu akan membutuhkan waktu yang lama dalam meyakinkan calon konsumen terhadap produk Anda. Namun, pada saat Anda menggunakan seorang public figure atau influencer dalam mempromosikan produk, pastinya kepercayaan konsumen akan meningkat.

Meningkatkan Penjualan

Pastinya, ketika semakin banyak orang yang mengetahui produk yang Anda jual, maka akan semakin besar kemungkinan penjualan yang dihasilkan. 

Menggaet Lebih Banyak Konsumen

Mengajak influencer yang dapat membuat konten yang menarik, pastinya akan dapat memberikan informasi tentang produk Anda dengan tepat sasaran. Hal ini karena materi promosi yang dilakukan akan sayang dilewatkan, tidak seperti iklan konvensional pada umumnya yang sangat mudah dilewatkan orang. Ini menandakan bila peluang untuk menggaet lebih banyak konsumen bisa tercapai dengan mudah.

Lebih Dekat dengan Konsumen

Lewat penggunaan strategi influencer marketing, brand Anda dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen. Dalam melakukan hal ini, tentunya Anda wajib cermat menunjuk orang yang tepat sebagai influencer dari produk yang Anda pasarkan. Salah satu caranya bisa dengan menggandeng influencer yang benar-benar telah mengenal dan menyukai produk Anda.

Mudah Untung Banyak

Penggunaan influencer marketing dalam hal mempromosikan sebuah produk merupakan salah satu investasi bisnis. Kemungkinan mendapatkan return of investment juga akan sangat besar. Artinya, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan kembali modal yang telah dikeluarkan.

Tingkatan Influencer

(Marketing Interactive)

Ada beberapa tingkatan influencer yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan jasa mereka untuk membantu promosi. Tingkatan ini ditentukan dari jumlah pengikutnya. Pembagiannya seperti berikut ini :

Mega Influencer 

Influencer tingkat teratas yang memiliki pengikut dengan jumlah besar. Kurang lebih, seorang mega influencer bisa memiliki pengikut di media sosial hingga lebih dari 1 juta orang. Biasanya, influencer jenis ini berasal dari kalangan selebriti yang sudah dikenal oleh khalayak. 

Macro Influencer 

Macro influencer berada satu tingkat di bawah mega influencer. Jumlah pengikut mereka di media sosial antara 40 ribu hingga 1 juta. Mereka ini biasanya berasal dari selebriti baru yang masih meniti karir untuk terkenal dan pakar online yang sudah sukses menggaet banyak pengikut secara signifikan.

Micro Influencer 

Selanjutnya ada micro influencer yang berasal dari kalangan biasa, tetapi sudah dikenal karena pengetahuan mereka di dalam niche tertentu. Pengikutnya berasal dari audiens di niche tersebut. Rata-rata jumlah pengikutnya ada di angka 1.000 sampai 40 ribu orang. Mereka biasanya belum merasa berpengaruh hingga ada brand yang mengajak untuk bekerjasama.

Nano Influencer 

Merupakan tingkatan influencer terbaru dengan rata-rata pengikut kurang dari 1.000 orang. Meskipun memiliki sedikit pengikut, tetapi mereka sudah ahli di dalam bidang tertentu yang sangat spesifik dan terspesialisasi. Kebanyakan pengikutnya juga merupakan orang yang tertarik dengan influencer nano dan sangat mendengarkan pendapatnya.

Cara Mengetahui Engagement Rate Influencer

(Phlanx)

Saat ini, bukan jumlah pengikut saja yang dipertimbangkan dalam memilih seorang influencer marketing. Penting juga untuk melihat engagement ratenya agar produk yang akan mereka promosikan kepada khalayak bisa tersampaikan dengan tepat dan memberikan pengaruh yang besar.

(Grin)

Untuk menghitung engagement rate dari para influencer ini sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan situs web phlanx.com dan grin.co. Caranya, Anda cukup masukkan saja nama akun media sosial dari influencer dan tunggu beberapa saat hingga hasil perhitungan ER masing-masing influencer keluar. Dari sini, Anda bisa mempertimbangkannya untuk mengajak bekerja sama.

Kapan Bisnis Perlu Influencer Marketing?

(Mokapos)

Nah, kini Anda tentu sudah paham dan memiliki sedikit gambaran tentang influencer marketing dan manfaatnya. Influencer ini, jika kita bisa sebutkan lagi, merupakan seseorang yang mempunyai media sosial dengan jumlah pengikut yang banyak. Dalam hal ini, mereka memiliki posisi tawar yang kuat untuk diajak berkolaborasi dalam mempromosikan sebuah produk.

Untuk para pemilik bisnis, penggunaan jasa seorang influencer akan memberikan keuntungan yang bisa membantu bisnis semakin berkembang. Influencer marketing ini adalah salah satu strategi digital marketing yang bisa dicoba dengan mudah. Sebuah bisnis perlu menggunakan influence marketing pada saat mereka sudah siap untuk dikenal oleh khalayak.

Jika produk sudah semakin dikenal, maka tidak ada salahnya mulai berpromosi lewat penggunaan jasa influencer marketing. Produk yang ditawarkan tentu akan semakin dikenal dan menjadi pusat perhatian banyak khalayak.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik melibatkan influencer marketing ke dalam bisnis Anda?

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel