Ruang Edukasi Agen

Marketing

Rumus-rumus untuk Menghitung Engagement Rate pada Instagram

Ditulis oleh Komarudin Subekti ∙ 9 May 2022 ∙ 6 menit membaca

Engagement rate adalah salah satu hal penting bagi para content creator, termasuk Anda yang ingin menjadi Rekan Agen Pinhome. Pasalnya, Anda mungkin ingin membuat konten di Instagram untuk menarik perhatian calon pembeli. Jadi, tidak heran bila Anda harus menghitung engagement rate di Instagram agar pemasaran listing lewat media sosial tersampaikan dengan tepat.

Begini, banyak pengikuti di media sosial seperti Instagram ternyata tidak berbading lurus dengan engagement rate (ER). ER yang rendah dapat berarti postingan pada akun media sosial tidak terlalu berkesan untuk audiens. Perumpamaannya, seperti Anda sedang berorasi atau berpidato, tetapi tidak diperhatikan oleh para pengunjung atau khalayak.

Hasilnya, banyak info atau campaign penting yang sudah dibagikan akan sia-sia. Maka dari itu, sangat penting mengetahui ER dan cara menghitung engagement rate Instagram supaya postingan Anda dapat diperhatikan oleh khalayak.

Apa itu Engagement Rate?

(Allstars)

Engagement rate adalah sebuah metrik yang berfungsi sebagai alat untuk mengukur interaksi audiens terhadap konten yang Anda buat. Ada berbagai macam indikator perhitungannya, mulai dari berapa lama audiens membaca konten, berkomentar, menyukai, membagikan, sampai melakukan CTA yang ada dalam konten. Di dalam media sosial, khususnya Instagram, ada patokan atau standar perhitungan ER-nya sendiri. ER setiap jenis bisnis memang berbeda-beda, Anda tidak boleh menyamaratakan dan asal membandingkannya begitu saja dengan bisnis lain.

Menurut riset terbaru, rerata ER dari akun pada Facebook adalah 0,09%, sementara pada Instagram ada di angka 1,6%. Maka dari itu, sebaiknya bandingkan dan ukur ER akun bisnis Anda dengan kompetitor sejenis di media sosial yang sama. Setiap perhitungan ER ada rumusnya tersendiri yang juga akan di bahas di bawah ini.

Apa itu Rumus Engagement Rate?

(Corporate Finance Institute)

Dalam Instagram, cara menghitung engagement rate Instagram memiliki rumusnya tersendiri. Perhitungannya juga akan lebih mudah terlihat karena setiap interaksi yang dilakukan oleh para pengikut dinyatakan sebagai indikator perhitungan ER, seperti misalnya komentar, like, dan share.

Rumus menghitung ER pada Instagram yang paling umum adalah :

ER(%) = (Jumlah like, comment, dan share / Jumlah Pengikut) x 100.

Rumus di atas digunakan dalam mengukur ER pada Instagram secara menyeluruh. Anda juga dapat mengukur masing-masing postingan untuk mengetahui seberapa jauh efektivitasnya. 

Rumus untuk menghitung ER setiap postingan adalah :

ER(%) = (Jumlah like + comment / impression) x 100.

Impression sendiri merupakan jumlah views di dalam setiap postingan. Jumlah impression pada postingan bisa dilihat pada fitur View Insight pada masing-masing postingan dalam akun bisnis Instagram Anda.

Keuntungan Mengetahui Cara Hitung Engagement Rate

(Meson Digital)

Sebenarnya, apa keuntungan mengetahui tingkat ER audiens pada Instagram bisnis Anda? Nah, berikut sedikit penjelasannya.

Menilai User Experience

Pada website, ER yang tinggi bisa menjadi pertanda audiens bisa berinteraksi dengan baik di konten atau produk milik Anda. Jika nilai ER rendah, berarti ada hal yang perlu ditingkatkan pada website. Hal ini juga mirip dalam penggunaan Instagram bisnis. Jika nilai ER turun, cek apakah CTA sudah tersampaikan dengan baik atau tampilan konten sudah menarik atau belum 

Memantau Efektivitas Program

Engagement rate dari sebuah konten Instagram dapat menjadi salah satu indikator dalam kesuksesan campaign atau program marketing. Hal ini karena Anda bisa mengetahui berapa banyak audiens yang tersampaikan program tersebut sehingga melakukan CTA. Bila nilai ER masih rendah, bisa jadi program atau campaign kurang diminati. Ini bisa dilihat dari segi kontennya, media yang digunakan, atau faktor lainnya. 

Mengecek Kerja Kompetitor

Selain mengecek kinerja akun Instagram bisnis milik Anda sendiri, ER juga bisa digunakan sebagai perbandingan dengan kompetitor. Dengan cara yang sama seperti di atas, Anda dapat menghitung ER dari kompetitor dan mengetahui efektivitas konten yang mereka buat. Dari sini, Anda bisa membuat perbandingannya sendiri.

Mengapa Harus Menghitung Engagement Rate?

(Majoo)

Dari pembahasan di atas, perhitungan engagement rate sangat perlu dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Engagement rate adalah indikator yang memang membutuhkan banyak waktu untuk menghitungnya, tetapi cukup efektif. Nah, lebih lanjut mengapa Anda harus menghitung ER karena dapat memberikan berbagai macam manfaat, seperti :

Pemaparan Lebih Jelas

Jika kompetitor fokus pada jumlah likes di postingan Instagram, maka ini adalah kesempatan bagi Anda untuk fokus pada angka keterlibatan audiens. Rata-rata orang menyukai postingan di Instagram karena melihat teman-temannya yang lain menyukainya juga. Namun, jumlah likes yang banyak bukan berarti postingan tersebut bermakna di mata audiens. Ada juga konten dengan jumlah likes sedikit, tetapi tetap dicari banyak orang. Engagement rate adalah salah satu indikator yang bisa menyaring aktivitas pengikut tersebut dan menjelaskan kebutuhan mereka dan hal-hal lainnya yang sedang booming.

Melihat Bagaimana Kompetitor Bekerja

Engagement rate adalah salah satu sarana terbaik dalam mengukur kerja kompetitor. Bila kompetitor sedang sibuk berpromosi atau melakukan campaign marketing, pastinya angka keterlibatan audiens-nya tinggi. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu pelajaran dengan mengamati cara bagaimana kompetitor menyampaikan pesan dan menggunakan strategi milik mereka yang digunakan setiap hari. Sama juga ketika kompetitor sedang mengalami penurunan, Anda bisa mengecek faktor penyebab pengurangan tersebut dengan menghitung ER dari kompetitor.

Cara Menghitung Engagement Rate pada Instagram

(Mash Moshem Indonesia)

Menghitung ER Instagram bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti :

Menggunakan Ms. Excel

Cara menghitung engagement rate Instagram yang pertama adalah dengan menggunakan Ms. Excel. Jumlahkan total likes dari 10 postingan di Instagram bisnis Anda dengan catatan bukan dari konten promosi atau yang diiklankan. Hitung jumlah komentarkan dan jumlahkan keduanya dengan ditambahkan jumlah pengikut. Sederhananya bisa dihitung dengan rumus dasar :

Jumlah Likes : Jumlah Postingan : Jumlah Pengikut.

Bagi jumlah total pengikut dan jumlah likes, maka akan didapatkan berapa besar angka ER pada akun Instagram bisnis Anda.

Lewat Situs Cek ER Instagram Gratis

Selain menggunakan Ms. Excel, Anda juga bisa menggunakan situs penghitungan ER secara gratis yang ada di internet. Cara menggunakannya juga cukup mudah, sehingga Anda yang baru pertama kali menggunakannya tidak akan kesulitan. Beberapa situs penyedia alat penghitung ER secara gratis, seperti Phlanks dan Socialbuzz. Anda cukup membuka salah satu situs dan masukkan nama akun Instagram yang akan dicek ER-nya. Tunggu beberapa saat dan hasilnya akan secara otomatis keluar.

Menghitung Secara Manual

Anda juga bisa menghitung ER secara manual, meskipun akan cukup memakan waktu. Rumus perhitungan ER secara manual adalah :

Engagement Rate = (Jumlah Like + Jumlah Komen) : Jumlah Keseluruhan Pengikut.

Gunakan rumus di atas dalam perhitungan manual. Hasilnya kemudian Anda ubah menjadi persen agar bisa tahu berapa persen ER yang dimiliki oleh akun Instagram bisnis Anda.

Ternyata, tidak terlalu sulit bukan cara menghitung engagement rate Instagram? Silakan Anda sendiri pelajari dan coba.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel