Ruang Edukasi Agen

Produktivitas

Pentingnya Saling Memberi Masukan dan Saran dengan Cara yang Sopan

Ditulis oleh Bryan Dharmanta ∙ 9 September 2022 ∙ 4 menit membaca

Saran sebenarnya sangat dibutuhkan agar setiap pihak yang menerimanya dapat berkembang menjadi lebih baik. Melalui saran, seseorang dapat lebih memahami sebuah persoalan dari perspektif yang berbeda atau bahkan mendapatkan inspirasi baru sehingga mereka dapat mencari metode-metode penyelesaian masalah yang baru dan lebih kreatif.

Namun, seringkali memberi saran disamakan dengan memberi kritik sehingga terkadang dapat memicu miskomunikasi yang tidak mengenakan. Untuk itu, diperlukan sikap yang benar ketika Anda ingin memberi saran sehingga tidak terkesan merendahkan orang lain.

Simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika akan memberikan masukan kepada pihak lain di ulasan berikut ini!

Baca juga: Tingkatkan Efektivitas Kinerja Dengan Membangun Tim Yang Solid

Lihat Situasi dan Kondisi

(Depositphotos)

Ketika Anda ingin memberikan saran, analisa terlebih dahulu kondisi yang sedang terjadi dan situasi yang sedang dialami oleh penerima saran. Berusaha untuk simpatik dan memvalidasi perasaan orang tersebut sehingga Anda akan lebih paham terkait apa yang sedang terjadi. Hal ini akan membuat Anda lebih berhati-hati ketika akan memberikan saran.

Situasi yang tidak kondusif justru akan membuat reaksi penerima saran menjadi kurang baik karena masih terbawa emosi dan lain sebagainya.

Pahami Niat dan Maksud

(Adobe Stock)

Sebelum memberikan saran, ada baiknya Anda memikirkan beberapa hal ini: “Apakah saya harus memberi saran?”, “Apa tujuan saya memberi saran?”, “Apa niat saya untuk memberi saran?”. Jika Anda merasa memiliki maksud dan tujuan yang baik karena ingin membantu pihak tersebut, silakan berikan saran dengan nada dan intonasi yang baik.

Seringkali intonasi menjadi pemicu perselisihan karena Anda dapat dianggap sebagai individu yang sombong atau terkesan merendahkan pihak tersebut.

Berikan Solusi

Ketika Anda ingin memberikan saran, sertakan juga solusi-solusi yang menurut Anda dapat mereka terapkan. Hal ini akan membuat Anda tampak lebih empatik dan benar-benar peduli terhadap pihak tersebut.

Penerima saran juga akan sangat menghargai Anda. Mungkin secara tidak sadar, Anda telah membantu mereka untuk menyelesaikan  persoalan yang sedang terjadi.

Baca juga: Ikuti 5 Tips Ini Agar Dapat Promosi Di Tempat Kerja Bagi Agen Properti!

Beri Saran Secara Privat

(iStock)

Jika Anda sedang berhadapan dengan individu yang memiliki karakter emosional dan sensitif, ada baiknya jika memberikan saran secara privat. Hal ini bertujuan agar pihak tersebut tidak tersinggung, marah, atau merasa dipermalukan.

Anda dapat mengajak pihak tersebut untuk bertemu berdua, berbincang santai, dan ketika situasi sudah dirasa tepat, baru Anda dapat memberikan saran. Dengan berbicara secara privat, Anda juga akan menghargai perasaan pihak tersebut dan saran akan lebih mudah diterima.

Hargai Pihak Tersebut

(Unsplash)

Cara lainnya untuk memberikan saran adalah dengan menghargai apa yang sudah mereka kerjakan terlebih dahulu. Misalnya dalam dunia kerja, selalu saja ada yang bisa dikembangkan agar menjadi lebih baik. Jika salah satu kolega Anda melakukan kesalahan dalam pekerjaannya, hargai terlebih dahulu kerja keras dan kinerja mereka. 

Setelah menganalisa kesalahan apa saja yang ada, barulah Anda dapat memberi saran berupa catatan-catatan kecil. Hal ini akan membuat saran lebih mudah diterima dan Anda pun akan dihormati.

Ucapkan Kata Maaf

(Unsplash)

Salah satu cara yang dapat Anda terapkan juga adalah dengan mengucapkan kata “Maaf” ketika akan memberikan saran. Dengan begitu, penerima saran akan mengerti bahwa Anda sama sekali tidak ada niatan untuk menyinggung atau menjelek-jelekkan pihak tersebut.

Coba Beri Saran untuk Diri Sendiri

(Lattice)

Sebelum memberikan saran kepada orang lain, hendaknya Anda coba untuk memberikan saran untuk diri sendiri. Hal ini juga berguna untuk evaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya serta belajar untuk mengerti dan memahami orang lain.

Kami Butuh Saran Anda!

Rekan Agen juga dapat membantu aplikasi Pinhome agar menjadi lebih baik lagi dengan cara memberikan saran dan masukan di sini. Masukan dan saran Anda akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas aplikasi Rekan Agen Pinhome kedepannya.

Cara memberikan rating:

  • Buka aplikasi Rekan Agen dan buka bagian Profile. Klik bagian “Review Aplikasi Kami”
  • Akan muncul bagian berisikan bintang. Anda bebas untuk memberikan rating sesuai dengan pengalaman Anda memakai aplikasi Rekan Agen!

Itulah dia beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memberi saran kepada orang lain dengan sopan dan tidak menyinggung. Cara-cara ini juga dapat Anda terapkan ketika sedang berhadapan dengan klien. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga: Bagaimana Mencegah Creative Block Agar Tidak Mengganggu Aktivitas Bisnis?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel