Ruang Edukasi Agen

Trivia

Mengenal Arti Podcast, Media Informasi Audio yang Semakin Menjamur

Ditulis oleh Safina Rahma ∙ 18 January 2022 ∙ 5 menit membaca

Perkembangan internet membuat berbagai media baru muncul, salah satunya yaitu podcast. Media berbasis audio ini kini semakin populer dan disukai banyak orang. Podcast tidak hanya diproduksi oleh perusahaan media mainstream namun juga perorangan seperti content creator dan influencer. Lalu, apa sebenarnya arti dari podcast? Mengapa media ini penting?

Pinhome – Podcast menjadi populer karena kemudahan akses yang ada saat ini. Media ini juga berbasis audio sehingga bisa didengarkan ketika melakukan kegiatan lainnya. Yuk, simak penjelasan tentang podcast di bawah ini!

Apa Arti dari Podcast?

Podcast merupakan singkatan dari Playable On Demand Broadcast. Artinya, podcast adalah media audio yang bisa diputar sesuai keinginan dan dapat didengarkan oleh banyak orang. Podcast biasanya diunggah ke suatu platform yang bisa diakses menggunakan internet seperti Spotify. Pendengar kemudian bisa memilih podcast yang ingin didengarkan.

Meskipun memiliki basis audio, podcast cukup berbeda dengan radio. Podcast bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat oleh frekuensi dan kualitas jaringan. Selain itu, pendengar podcast juga bisa memilih konten yang ingin didengarkan tanpa terganggu oleh hal lain seperti iklan dna pemutaran musik.

Fungsi Podcast dalam Dunia Marketing

arti podcast
(PinterInternet)

Podcast merupakan media audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang. Luasnya cakupan yang dimiliki podcast tentunya dapat digunakan dalam melakukan pemasaran serta promosi suatu bisnis. Beberapa fungsi yang bisa didapat dari podcast yaitu sebagai berikut.

Bisa meningkatkan brand awareness

Sebagai media yang bisa diakses banyak orang, podcast juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan brand awareness. Kesadaran merek atau brand awareness ini penting karena bisa berpengaruh langsung terhadap keuntungan suatu bisnis. Sebagai agen misalnya, melalui podcast, Anda bisa lebih dikenal sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

Menjalin hubungan dengan audiens

Podcast memiliki arti sebuah media audio. Media jenis ini memiliki rasa personal bagi para pendengarnya. Rasa kedekatan ini bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen. Hal ini tentunya penting karena rasa personal dan kedekatan akan meningkatkan kualitas hubungan bahkan kepercayaan terhadap bisnis.

Lebih unggul dibanding kompetitor

Podcast bisa menjadi salah satu media penting dalam content marketing. Melalui media ini, bisnis bisa membuat konten sekaligus memasarkan produknya. Apabila dikemas dengan baik, brand akan lebih menonjol dari kompetitor dan tentunya lebih dikenal oleh konsumen.

Kesempatan belajar dari narasumber

Ada banyak jenis podcast yang bisa dibuat, salah satunya yaitu konten wawancara atau talk show dengan lebih dari satu host. Melalui konten ini, pembuat podcast akan mendapat kesempatan belajar secara langsung dari narasumber yang diundang dalam acara.

Bisa menjadi sumber pendapatan tambahan

Tidak bisa dipungkiri, salah satu alasan yang membuat banyak orang terjun ke dunia podcast yaitu kemungkinan mendapat penghasilan tambahan. Pembuat podcast bisa mendapatkan penghasilan tambahan seperti dari konten sponsor, monetization, dan kerja sama dengan brand lain.

Baca juga: Word of Mouth Adalah Strategi Marketing Ampuh Tingkatkan Penjualan.

Cara Memulai dan Membuat Podcast

Arti dari podcast yaitu media audio yang bisa dibuat oleh siapa saja. Anda tidak membutuhkan peralatan rumit seperti menyiarkan radio. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ingin membuat podcast.

Memilih tema

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu memilih tema. Di dalam podcast, ada banyak tema yang bisa dipilih seperti bisnis, film, komedi, dan lain sebagainya. Anda perlu memilih tema ini supaya bisa mudah menentukan bahasan yang tepat.

Membuat materi podcast

Setelah mendapatkan tema, Anda bisa melanjutkan pembuatan podcast ke langkah berikutnya yaitu membuat materi. Anda bisa mencari materi mengikuti tema atau trend yang ada. Materi ini akan membantu Anda ketika melakukan rekaman.

Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan

Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat podcast tidaklah rumit. Anda cukup menyiapkan alat untuk merekam dan juga mengedit. Jika ingin mendapatkan hasil rekaman yang berkualitas, Anda bisa menyiapkan alat pendukung seperti mikrofon dan peredam suara.

Melakukan rekaman

Jika tema dan peralatan untuk rekaman telah siap, langkah berikutnya yaitu melakukan rekaman. Anda bisa menggunakan materi yang sebelumnya telah disiapkan. Materi ini akan menjadi guide Anda selama melakukan rekaman sehingga tidak keluar dari tema yang telah dipilih.

Mengedit konten

Setelah rekaman selesai, Anda perlu mengedit konten yang telah dibuat. Anda bisa menambahkan opening, efek suara, dan konten lainnya yang dibutuhkan. Editing ini dilakukan supaya podcast yang dibuat memiliki kualitas yang baik.

Mengunggah konten ke media podcast

Langkah yang terakhir yaitu mengunggah konten ke media podcast. Saat ini, terdapat banyak media yang bisa Anda pilih untuk mengunggah podcast seperti Spotify, Anchor, Podbean, atau bahkan YouTube.

Itulah penjelasan tentang arti podcast, manfaat, dan cara membuatnya. Media audio ini tidak hanya dapat digunakan untuk mencari informasi namun juga berguna sebagai media pemasaran. Tertarik untuk membuat podcast, Pins?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel