Info Area

17 Tempat Camping di Jogja dengan Suasana Alam yang Indah

Camping merupakan salah satu aktivitas mengasyikan untuk mengisi waktu liburan. Ada banyak tempat camping di Jogja yang menarik untuk didatangi. Tempat camping ini tersebar di beberapa kawasan. Ada yang di dekat gunung, hutan pinus, hingga pantai.

Kalau kamu berniat mengisi waktu liburan dengan berkemah, coba kunjungi 17 tempat camping di Jogja berikut. Untuk menambah keceriaan jangan lupa ajak teman, kerabat, ataupun keluarga.

1. Bukit Klangon

tempat camping di jogja
(Kompas)

Bukit Klangon berada di kawasan Cangkringan, Sleman. Kawasan ini berada di ketinggian 1000 mdpl dan dekat dengan Gunung Merapi. Hal tersebut membuat udara di tempat ini sejuk dan pemandangannya pun indah.

Kalau pengin camping di sini kamu cukup membayar sekitar Rp 15.000 per orang. Fasilitas yang disediakan di tempat ini cukup lengkap. Ada gazebo, musala, warung makan, hingga porter sepeda.

2. Bumi Perkemahan Ambarbinangun

tempat camping di jogja
(Pixabay/ Foto hanya ilustrasi)

Tempat kemah di Jogja ini jaraknya hanya sekitar lima kilometer dari pusat kota. Cocok untukmu yang pengin berlibur bersama keluarga, termasuk anak-anak. Tempatnya yang luas serta suasana yang asri akan membuat anak-anak suka bermain di sini.

Kelebihan lainnya, di sini kamu tak perlu repot membawa banyak peralatan karena mereka pun menyewakannya. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Ada kamar mandi, area parkir, pendopo aula, serta area outbound.

3. Ledok Sambi

tempat camping di jogja
(Kompas)

Ledok Sambi populer di kalangan wisatawan lokal. Tempat ini memiliki area perkemahan yang luas dengan nuansa khas pedesaan. Di sekitarnya terdapat hamparan sungai, sawah, hingga Gunung Merapi. Kalau pengin camping di sini Pins cukup membayar sewa tempat Rp 35.000 per orang per malam. Untuk alat, ada beberapa yang bisa disewa di Ledok Sambi.

4. Bumi Perkemahan Pramuka Jogja

tempat camping di jogja
(Pixabay/ Foto hanya ilustrasi)

Kalau mau berkemah bersama anak-anak, coba datang ke Bumi Perkemahan Pramuka. Lokasinya berada di sekitar lereng Gunung Merapi. Apabila berkemah di sini kamu akan disuguhkan pemandangan indah yang ada di sekitarnya. Jika ingin jalan-jalan, bumi perkembahan ini juga dengan area wisata, seperti Tlogo Puteri dan Museum Ulen Sentalu.

5. Lembah Bendo

tempat camping di jogja
(Whats New Indonesia)

Ada banyak tempat camping di Jogja yang bisa digunakan beramai-ramai. Salah satunya Lembah Bendo Camping Ground. Selain berkemah di sini kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik, seperi jalan-jalan di sekitar pemukiman warga, outbound, hingga mencoba paintball. Pada malam hari kamu pun dapat menyalakan api ungun untuk menggelar barbeku bersama keluarga.

6. Sinolewah Camping Ground

(Piqsels/ Foto hanya ilustrasi)

Sinolewah Camping Ground punya ruang terbuka yang cukup luas sehingga bisa digunakan untuk mendirikan banyak tenda. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan persawahan dan keindahan Gunung Merapi dari kejauhan. Pada malam hari kamu bisa menyalakan api unggun di tempat ini. Tak lupa, bawa pula camilan dan buat minuman hangat karena udara di sini cukup dingin.

7. Bumi Perkemahan Lembah Merapi

tempat camping di jogja
(Wikimapia)

Bumi perkemahan ini biasa digunakan oleh rombongan, termasuk pula pramuka dari sekolah. Walau tampak biasa tapi bumi perkemahan ini cukup nyaman untuk bermalam. Udaranya yang sejuk dan segar akan membuatmu menyukainya.

8. Desa Wisata Tinalah

tempat camping di jogja
(Kompas)

Desa Wisata Tinalah berlokasi di sekitar Pegunungan Menoreh. Di sini kamu bisa mengadakan camping bersama teman, keluarga, sekolah, hingga perusahaan. Tak perlu khawatir harga sewa tempatnya terjangkau, mulai Rp 50.000 per orang untuk tiga hari dua malam.

9. Puncak Kosakora

tempat camping di jogja
(iNews)

Kalau lebih suka berkemah di pantai, datang saja ke Puncak Kosakora. Tempat ini berada di ketinggian 50 mdpl, tepatnya di area Pantai Ngrumput Gunung Kidul. Dari tempat ini Pins bisa melihat pemandangan laut yang menenangkan serta tebing-tebing di sekitarnya.

Untuk berkemah di tempat ini kamu juga membayar Rp 5.000 saja. Kalau pengin sewa peralatan cukup bayar Rp 60.000 sampai Rp 100.000.

10. Puncak Gunung Api Purba

tempat camping di jogja
(Kompas)

Puncak gunung yang kini sudah tak aktif ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk membangun area perkemahan. Dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan eksotis tebung dan bebatuan besar yang ada di sekitarnya. Lalu, ada pula pemandangan Embung Nglanggeran yang merupakan area sawah dan kebun milik warga sekitar.

11. Embung Nglanggeran

tempat camping di jogja
(Detik)

Masih berada di kawasan Puncak Gunung Api Purba, ada satu tempat yang bisa digunakan untuk camping. Nama tempatnya Embung Nglanngeran. Fasilitas camping di tempat ini cukup lengkap, tersedia toilet, musala, penerangan, serta warung makan. Oleh karenanya, tempat ini bisa jadi alternatif bagi orang tua yang ingin mengajak anaknya liburan.

12. Hutan Wanagama

tempat camping di jogja
(Merdeka)

Hutan Wanagama memiliki luas sekitar 600 hektar sehingga bisa dipakai untuk menggelar banyak tenda. Konon, hutan ini pernah dikunjungi oleh Pangeran Charles lo! Kala itu beliau menanamkan bibit jati untuk di lokasi ini.

13. Pantai Sanglen

tempat camping di jogja
(Eksotis Jogja)

Kalau pengin camping di pantai yang sepi kamu bisa datang ke Pantai Sanglen. Pantai ini belum banyak diketahui wisatawan lo! Kadang-kadang bahkan kamu bisa bermain air sendiri di sini. Selain tempatnya yang masih sepi, di sini juga tersedia area yang bisa dipakai untuk camping. Namun sebaiknya bawa bekal cukup karena di sini tak ada warung.

14. Wadok Sermo

tempat camping di jogja
(Piknik Dong)

Waduk Sermo bisa dibilang sebagai salah satu tempat camping hits di Jogja. Setiap akhir pekan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan baik dari Jogja atau luas kota. Dari tempat ini Pins bisa melihat waduk yang tenang serta langit malam yang dipenuhi bintang. Sayangnya jarak tempat ini dari pusat ko cukup jauh, sekitar 35 kilometer.

15. Pantai Wohkudu

tempat camping di jogja
(Libur Mulu)

Ada banyak pantai di Gunung Kidul Jogja yang bisa dipakai untuk kemah, seperti halnya Pantai Wohkudu ini. Pantai ini dijuluki sebagai hidden paradise karena pantainya diapit oleh tebing-tebing tinggi. Jika dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya, pantai ini masih sepi pengunjung. Bahkan bisa jadi hanya kamu yang datang ke pantai ini.

16. Pantai Sedahan

tempat camping di jogja
(Wisata Baru)

Pantai Sedahan bisa jadi salah satu tujuan camping di Jogja. Pasir putihnya yang halus akan membuatmu nyaman berada di sana. Terlebih pemandangan sekitar pantainya juga indah. Saat malam hari kamu bisa melihat bintang-bintang dari pantai ini.

17. Pantai Pok Tunggal

tempat camping di jogja
(Wisata Bagus)

Walau terdapat banyak penginapan di sekitarnya tak ada salahnya jika kamu mencoba berkemah di Pantai Pok Tunggal. Suasana pantainya yang tenang pas untukmu yang pengin bersantai. Berbeda dengan pantai sebelumnya, di sini kamu tak perlu risau memikirkan makanan. Pasalnya ada beberapa warung makan di sekitarnya.

Itu tadi tempat camping di Jogja yang bisa jadi pilihan jika kamu ingin berkemah. Semoga bermanfaat!

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan