Info Area

Kota Samarinda

Kota Samarinda

Kota Samarinda merupakan Ibukota Kalimantan Timur, jika Balikpapan adalah pintu gerbang akses menuju Kalimantan Timur, maka Samarinda adalah pintu gerbang akses menuju pedalaman Kalimantan Timur. Kota Samarinda memiliki sebuah sungai yang membelah kota, namanya adalah Sungai Mahakam. Di bagian seberang sungai dinamakan daerah “Samarinda Seberang”. Kota Samarinda memiliki kemiripan dengan beberapa kota di Kalimantan Timur, Kota Samarinda kaya akan hasil bumi seperti minyak, tambang batu bara, pasir kuarsa, selain itu pertanian juga tumbuh dengan pesat di kota ini, tidak ketinggalan pariwisata juga mulai digalakkan sebagai salah satu devisa daerah Samarinda.

Samarinda zaman dahulu adalah salah satu wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Di wilayah tersebut belum ada desa maupun kota hingga pertengahan abad ke-17, dahulu wilayah Samarinda merupakan lahan persawahan bagi beberapa penduduk. Lahan persawahan dan perladangan hanya berpusat di sepanjang tepi Sungai Karang Mumus dan sungai Karang Asam. Kedatangan orang-orang Bugis Wajo dari Kerajaan Gowa itu diterima dengan baik oleh Sultan Kutai. Atas kesepakatan dan perjanjian, oleh Raja Kutai rombongan tersebut diberikan lokasi sekitar kampung melantai, karena daerah ini dianggap cukup baik untuk usaha pertanian, perikanan dan perdagangan, dengan perjanjian bahwa orang-orang Bugis Wajo harus membantu segala kepentingan Raja Kutai, terutama di dalam menghadapi musuh.

Wilayah Kalimantan Timur masih sangat berpotensi dalam pengembangan properti. Apalagi, ke depannya akan didirikan IKN atau Ibu Kota Negara di provinsi ini. Ini membuat harga jual dan beli properti di Samarinda dan sekitarnya semakin tinggi. Cocok untuk dijadikan investasi ke depannya atau untuk tempat tinggal. Hal ini tentunya tidak akan merugikan, justru sebaliknya akan menguntungkan. Tertarik membeli rumah di Samarinda?

Populasi825.494 jiwa
Luas Wilayah718,00 km2
Plat kendaraanKT

Seputar Kota Samarinda

Daftar Kecamatan

Fasilitas Umum di Kota Samarinda

  • Bandara Internasional APT Pranoto (NSA/Bandara Samarinda Baru)

    Lihat di Peta